Raja Charles Kena Kanker, Presiden AS Joe Biden Berikan Dukungan Moril
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato di Gedung Putih. [Dok.Antara]
12:59
6 Pebruari 2024

Raja Charles Kena Kanker, Presiden AS Joe Biden Berikan Dukungan Moril

Kabar Raja Charles III dari Inggris yang didiagnosis mengalami kanker sudah didengar oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Presiden AS Joe Biden oun prihatin dengan diagnosis kanker Raja Charles dan berharap segera berbicara dengannya.

"Saya prihatin dengan kondisinya. Dan saya akan berbicara dengannya," ujarnya dalam sebuah acara serikat pekerja, dilansir BBC.

Sebelumnya, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Raja Charles sedang menjalani perawatan untuk kanker. Jenis kanker belum diungkapkan, tetapi menurut pernyataan Kerajaan Inggris Raja Charles memulai perawatan rutin pada hari Senin (5/2/2024).

Raja Charles III (twitter/@RoyalFamily)Raja Charles III (twitter/@RoyalFamily)

"Beliau tetap optimis dengan pengobatannya dan menantikan untuk kembali ke tugas publik penuh sesegera mungkin," tambah pernyataan itu.

Melalui akun media sosialnya, Biden kemudian mengatakan diagnosis, pengobatan, dan proses pemulihan kanker membutuhkan keberanian yang luar biasa. Biden menyebut ia dan istrinya Jill bersama dengan masyarakat Inggris berdoa agar Raja Charles mengalami pemulihan yang cepat dan penuh.

Sebagai informasi, putra Joe Biden, Beau, meninggal karena kanker otak di usia 46 tahun, dan teman dekatnya, Senator Republik John McCain, juga meninggal karena kanker pada tahun 2018.

Raja Charles, 75 tahun, memulai perawatan sebagai pasien rawat jalan dan akan menghentikan sementara acara publiknya, tetapi akan tetap menjalankan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara, termasuk urusan dokumen dan pertemuan pribadi.

Cara Menghadapi Diagnosis Kanker

Mendapatkan diagnosis kanker bisa menjadi pengalaman yang sangat menegangkan dan penuh emosi. Pakar kesehatan jiwa menyarankan bagi pasien kanker untuk memerhatikan kondisi emosi demi pengobatan maksimal. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga kesehatan jiwa selama masa ini:

1. Menerima Dukungan

Berbagilah berita dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Jika perlu, bergabunglah dengan komunitas atau kelompok pendukung kanker untuk bertemu orang lain yang memahami situasi Anda.

2. Mencari Informasi

Pelajari tentang jenis kanker Anda, pilihan pengobatan, dan efek sampingnya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang pertanyaan dan kekhawatiran Anda. Cari informasi dari sumber terpercaya, seperti situs web organisasi kesehatan resmi.

3. Menjaga Kesehatan Fisik

Makan makanan bergizi dan seimbang. Lakukan olahraga secara teratur, sesuai dengan kemampuan Anda. Tidur yang cukup dan berkualitas. Kelola stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.

4. Menjaga Kepositifan

Tetapkan tujuan realistis untuk diri Anda sendiri. Fokuslah pada hal-hal positif dalam hidup Anda. Lakukan aktivitas yang Anda sukai. Berlatihlah rasa syukur atas hal-hal kecil dalam hidup.

5. Bersabarlah

Proses pemulihan membutuhkan waktu. Terima bahwa akan ada hari-hari baik dan buruk. Jangan ragu untuk meminta bantuan saat Anda membutuhkannya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #raja #charles #kena #kanker #presiden #biden #berikan #dukungan #moril

KOMENTAR