Sambut Tahun Baru Imlek dengan Melakukan Enam Hal Ini agar Membawa Keberuntungan
Ilustrasi dekorasi untuk perayaan Tahun Baru Imlek (IKEA)
23:02
5 Februari 2024

Sambut Tahun Baru Imlek dengan Melakukan Enam Hal Ini agar Membawa Keberuntungan

 

Tahun Baru Imlek merupakan salah satu momen penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dilansir dari sg.style.yahoo.com, perayaan Imlek menandakan awal tahun baru pada kalender Lunisolar dalam tradisi Tiongkok.  Biasanya akan berlangsung selama 16 hari, yang dimulai dari malam tahun baru hingga hari ke-15 yang disebut sebagai Festival Lampion.  Dengan melakukan hal-hal tertentu menjelang Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa percaya, akan membawa keberuntungan.

Berikut, enam hal yang harus dilakukan menjelang Tahun Baru Imlek, yang diyakini dapat membantu membawa keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru. 

 

Berikut ini adalah enam hal yang harus dilakukan menyambut Tahun Baru Imlek

 

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah menjelang Tahun Baru Imlek dipercaya akan membantu mengusir energi negatif di sekitar, sehingga memungkinkan energi positif berkumpul untuk menyambut tahun baru. Terdapat tanggal-tanggal tertentu yang dikaitkan lebih baik untuk membersihkan dan merapikan rumah.

Upaya tersebut dipercaya agar dapat merapikan dan membersihkan nasib buruk di sekitar rumah yang telah terkumpul selama setahun terakhir. Tetapi, jangan pernah membersihkan rumah pada hari Tahun Baru Imlek, karena dipercaya dapat menyapu nasib baik. 

 

Mendekorasi Rumah

Setelah merapikan dan membersihkan rumah, selanjutnya dapat mendekorasi rumah, khususnya ruang tamu dengan dekorasi warna-warna cerah. Hal tersebut diyakini agar dapat membantu menjaga energi positif di ruangan agar tetap hidup.

Secara tradisional, dekorasi warna merah dan emas banyak disukai, selain itu, bait keberuntungan, simpul Tiongkok, dan beberapa tanaman juga dapat ditambahkan untuk dekorasi rumah.  

 

Belanja Tanaman yang Membawa Keberuntungan

Beberapa jenis tanaman dipercaya orang Tiongkok akan membantu mengantarkan keberuntungan dan kekayaan di dalam hidup. Tanaman-tanaman tersebut biasanya diletakkan di sekitar rumah dan kantor karena memiliki ukuran yang cukup kecil, misalnya diletakkan di atas meja.

Bambu Keberuntungan, yang biasanya tanaman ini tumbuh melalui media air, dipercaya dapat membawa keberuntungan di Tahun Baru Imlek. Tanaman tersebut sangat populer, karena sangat mudah perawatannya. Selain itu, ada tanaman Pohon Uang, yang diyakini membawa kesuksesan finansial.

 

Jika merawat tanaman-tanaman tersebut, pastikan merawatnya dengan baik, karena tanaman yang layu sepanjang tahun diyakini akan membawa sial

 

Membayar Utang

Membayar utang sebelum malam Tahun Baru Imlek, dipercaya akan membawa kebebasan dari utang dan meningkatnya keberuntungan bahkan kekayaan di tahun mendatang.  Tradisi ini melambangkan awal baru secara finansial, apalagi jika tahun sebelumnya menjadi masa yang sulit. 

 

Begadang pada Malam Tahun Baru

Anak-anak dan generasi muda disarankan untuk begadang pada malam Tahun Baru Imlek, karena hal tersebut dipercaya akan membawa keberuntungan dan umur panjang bagi orang tua mereka.

 

Memakai Baju Baru

Mengenakan baju baru pada Tahun Baru Imlek, khususnya hari pertama, adalah tanda dan lambang status kekayaan seseorang karena mampu memberi pakaian yang pantas dan baru. Hal tersebut dipandang menyegarkan citra dan diyakini dapat mengusir roh-roh jahat serta nasib buruk. (*)

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #sambut #tahun #baru #imlek #dengan #melakukan #enam #agar #membawa #keberuntungan

KOMENTAR