Kenali Apakah Balita Anda Seorang Introvert, Tanda-Tanda Ini Muncul Beberapa Bulan Setelah Si Kecil Lahir!
Ciri-ciri anak introvert salah satunya adalah asyik bermain sendiri (Pixabay)
16:44
5 Februari 2024

Kenali Apakah Balita Anda Seorang Introvert, Tanda-Tanda Ini Muncul Beberapa Bulan Setelah Si Kecil Lahir!

Tahukah bunda? Kalau si kecil ternyata sudah bisa mengungkapkan kepribadiannya sejak ia balita, bahkan saat berusia empat bulan.

Ya, di usia tersebut bunda akan mengerti apakah dia termasuk orang yang introvert atau ekstrovert.

Melansir dari laman Psychology Today, (5/2), Dr. Marti Olsen Laney dalam The Hidden Gift of the Introverted Child menyebutkan bahwa temperamen itu telah terprogram.

Ini berarti meskipun seorang anak bisa tumbuh dan berubah seiring berjalannya waktu, kita tetap bisa mengetahui apakah dia terlahir sebagai introvert atau ekstrovert.

Kepribadian introversi bersifat genetik, sehingga introvert akan tetap introvert seumur hidup. Bahkan pada kenyataannya orang akan cenderung menjadi lebih introvert seiring bertambahnya usia.

Dr. Martin juga menjelaskan beberapa tanda jika bayi atau balita kita termasuk dalam orang berkepribadian introvert, berikut tanda-tanda yang bisa kita ketahui.

  1. Peka Terhadap Lingkungan

Menurut penelitian Psikolog Harvard Jerome Kagan dan Nancy Snidman, bayi yang sangat reaktif terhadap rangsangan asing atau suasana yang bising cenderung tumbuh menjadi orang yang pemalu, penakut, atau tertutup.

Dibandingkan dengan ekstrovert, seorang introvert akan lebih mudah terkuras energinya terhadap rangsangan.

  1. Memiliki Berat Badan Lahir Rendah atau Lahir Prematur

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Disease in Childhood - Fetal & Neonatal Edition, disebutkan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau prematur lebih cenderung menjadi seorang yang introvert.

  1. Diam Ketika Bertemu Orang Baru tetapi Menjadi Riang Ketika di Rumah

Jika balita Anda menghindari kontak mata dan menjadi pendiam saat bertemu orang baru, maka Ia sudah memiliki ciri introvert.

Secara alami, introvert cenderung membutuhkan waktu untuk melakukan pemanasan dengan orang baru, tidak terkecuali anak Anda. Namun, jika sang anak berada di rumah maka Ia akan merasa nyaman dan biasa, Ia bahkan tidak ragu untuk bercerita kepada Anda atau bersikap konyol.

  1. Asyik Ketika Sendirian

Seorang introvert memiliki imajinasi yang kuat dan tinggi. Jika balita Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain dengan mainan tertentu sendirian, dia mungkin adalah seorang introvert.

Anak introvert akan menghabiskan waktu di kamar tidurnya dengan pintu tertutup, melakukan aktivitas menyendiri seperti membaca, menggambar, atau bermain game komputer.

  1. Merasa Lelah Setelah Sibuk Bersosialisasi

Introvert akan mudah lelah saat setelah bersosialisasi dan mereka biasanya membutuhkan waktu senggang untuk mengisi ulang energinya.

Coba perhatikan bagaimana reaksi mereka saat bermain dengan teman-temannya. Apakah mereka tampak lelah, rewel, atau kewalahan setelah bermain, meskipun mereka sedang bersenang-senang?

Jika benar seperti itu, maka bisa dipastikan mereka adalah seorang introvert. Mereka akan benar-benar gelisah dan membutuhkan waktu untuk menyendiri setelah lama berinteraksi dengan banyak orang tanpa ada istirahat.

  1. Ingin Tahu Tentang Dunia tetapi Berhati-Hati dalam Menjelajahinya

Seorang introvert cenderung menjadi pengamat, dan lebih memilih untuk menonton dan merenung daripada langsung melakukan sesuatu.

Jika anak anda sering bergaul di pinggir kelompok sebelum bermain, atau lebih memilih untuk menonton sebentar sebelum bergabung, maka kemungkinan anak Anda adalah seorang introvert.

Umumnya, anak introvert lebih suka bermain aman daripada mengambil risiko. Mereka melihat sebelum melompat dan berpikir sebelum berbicara.

  1. Memiliki Kecemasan Terhadap Perpisahan

Tidak semua anak introvert mengalami kecemasan akan perpisahan, namun cukup umum bagi mereka untuk mengalaminya. Sebab secara umum, Introvert lebih berisiko mengalami kecemasan dan depresi dibandingkan ekstrovert.

Coba perhatikan apa yang terjadi jika Anda mengantar balita Anda ke prasekolah? Apakah dia menangis, menempel di kaki Anda, dan memohon agar Anda tidak pergi walaupun anak-anak lain tampak baik-baik saja?

Jika benar seperti itu, maka anak Anda mungkin seorang introvert yang mengalami kecemasan akan perpisahan.

  1. Terlibat dalam Aspek Kehidupan yang Mendalam

Anak dengan kepribadian Introvert cenderung memiliki pemikiran yang luas dan dalam. Saat berbicara mereka tampak lebih tua dari usia sebenarnya, dan entah bagaimana memiliki wawasan yang mendalam melebihi usia mereka.

Yang mengherankan, bahkan di usia muda, banyak anak introvert yang bisa keluar dari dirinya dan merefleksikan perilakunya sendiri.

  1. Berjuang untuk Mengekspresikan Diri

Introvert kerap mengalami kesulitan dalam pengambilan kata. Menurut penelitian Laney, mereka mungkin lebih mengandalkan ingatan jangka panjang daripada ingatan jangka pendek.

Saat berbicara, anak Anda mungkin sering berhenti sejenak untuk mencari kata yang tepat. Mereka terkadang merasa frustasi karena tidak mampu mengungkapkan maksudnya.

Saat balita, mereka mungkin tertarik pada cerita, buku, dan seni karena cerita, buku, dan seni memberi mereka bahasa untuk memahami dan mengekspresikan apa yang mereka pikirkan dan rasakan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #apakah #balita #anda #seorang #introvert #tanda #tanda #muncul #beberapa #bulan #setelah #kecil #lahir

KOMENTAR