Rekam Jejak Dokter Terawan: Eks Menkes Muncul di Kubu Prabowo-Gibran saat Debat Capres Terakhir
Terawan Agus Putranto dan Andrea Rosiade dukung Prabowo Subianto. (Dok. Instagram)
14:18
5 Februari 2024

Rekam Jejak Dokter Terawan: Eks Menkes Muncul di Kubu Prabowo-Gibran saat Debat Capres Terakhir

Kehadiran mantan Menteri Kesehatan, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Terawan Agus Putranto di ronde kelima debat capres, Minggu (4/2/2024) meninggalkan pertanyaan besar.

Pasalnya, Terawan turut hadir di jajaran tim yang mendampingi pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Publik menduga bahwa Terawan hadir di ajang tersebut untuk mendampingi Prabowo sebagai dokter pribadinya selagi sang capres dinilai sedang tidak di masa primanya.

"Prabowo kelelahan saat debat. Kasihan iya, usia memang tidak bisa dibohongi. Untung dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K), ada disana," contoh cuitan warganet di media sosial X yang menyinggung kesehatan Prabowo.

Tak heran Prabowo 'menggandeng' Terawan. Sebab jejak Terawan terbilang mentereng lantaran dirinya sempat didapuk sebagai Menteri Kesehatan meski dirundung banyak kontroversi kala menjabat.

Terawan: Radiolog kontroversial didepak dari IDI

Sepanjang kariernya, Terawan kerap mendulang kontroversi atas cara dia menyembuhkan dan merawat pasien dengan cara yang tak konvensional.

Kendati demikian, Terawan mengantongi segudang jabatan bergengsi. Tamatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut mengambil spesialisasi radiologi.

Terawan juga masuk ke dalam tubuh militer sebagai dokter militer. Ia menyelesaikan pendidikan Sepamilwa ABRI pada tahun 1990.

Ia juga didapuk menjadi profesor kehormatan ilmu pertahanan bidang kedokteran militer dari Fakultas Kedokteran Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2022.

Usai bergabung di TNI, Terawan banyak mendampingi para prajurit Angkatan Darat di berbagai daerah seperti Lombok, dan Jakarta.

Berkat kiprahnya, Terawan dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto dan Ketua Tim Dokter Kepresidenan.

Terawan juga sempat masuk ke kabinet Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan namun hanya untuk waktu singkat.

Dicopotnya Terawan dari Menkes tak terlepas lantaran ia terseret segudang kontroversi, termasuk soal metode 'Cuci otak.'

Berkat metode tersebut, Terawan berakhir didepak dari keanggotaannya di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Pencopotan keanggotaan tersebut membuatnya tidak dapat lagi menjalankan praktik medis.

Kini mepet ke Prabowo

Kesamaan latar belakang di bidang militer disinyalir menjadi alasan Terawan kini 'mepet' ke kubu Prabowo.

Kehadiran Terawan di jajaran pendukung Prabowo-Gibran dibenarkan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid.

"Ya, Pak Terawan mendukung kami," ujar Nusron.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #rekam #jejak #dokter #terawan #menkes #muncul #kubu #prabowo #gibran #saat #debat #capres #terakhir

KOMENTAR