Adu Pendidikan Kiky Saputri vs Mamat Alkitiri, Komika Viral Debatkan Pilres Satu atau Dua Putaran
Kolase Kiky Saputri dan Mamat Alkatiri. (Dok. Kolase Instagram)
16:26
4 Februari 2024

Adu Pendidikan Kiky Saputri vs Mamat Alkitiri, Komika Viral Debatkan Pilres Satu atau Dua Putaran

Perdebatan mengenai pilpres satu atau dua putaran turut jadi pembahasan dua komedian Kiky Saputri dan Mamat Alkatiri. Kedua punya pandangan berbeda, dengan Kiky berharap pilpres cukup satu putaran agar anggaran negara hemat. Sedangkan menurut Mamat, wajar saja bila biaya pemilu, mengingat Indonesia termasuk negara demokrasi.

"Kalo pemilu yg 2 putaran, bukan cuma anggaran yg nambah, tapi juga perdebatan, dan permusuhan. Pengen tenang pas bulan puasa sama Lebaran Jadi siapapun yang menang yok bisa yok 1 putaran aja," balas Kiky.

Mamat pun menanggapi komentar Kiki dengan santai. Komedian lulusan Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu mengatakan, seharusnya wajar saja bagi negara demokratis seperti Indonesia juga menambah anggaran untuk pemilu.

Mamat Alkatiri (Instagram/@mamat_alkatiri)Mamat Alkatiri (Instagram/@mamat_alkatiri)

"Hahahahaha ki, pemilu itu titik tertinggi dari demokrasi anggarannya gede ya wajar, 2 putaran ya wajar kan itu udah dianggarkan. perdebatan dalam ruang ruang demokrasi hal yang wajar juga. Jadi kiki dapat pemimpin jelek gpp asal pemilu cepat2 selesai dan biar hemat ?" timpal Mamat.

Kedua komika itu memang cukup sering membahas isu politik dalam materi stand up comedy mereka. Kiky bahkan dikenal sebagai tukang roasting para politisi. Sementara, Mamat cukup vokal dalam melemparkan kritikan kepada pemerintahan.

Di sisi lain, keduanya sama-sama tidak memiliki latar belakang pendidikan ilmu politik. Berikut adu pendidikan Kiky Saputri dengan Mamat Alkatiri yang berbeda jauh dengan karir mereka saat ini.

Kiky Saputri Lulusan Kampus Negeri yang Pernah Jadi Guru

Kiky Saputri menempuh pendidikan je jang S1 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Lulus kuliah, Kiky pernah bekerja sebagai guru di sekolah swasta. Namun, setelah sukses menjadi stand up comedy, dia melepas profesi tersebut.

Potret Kiky Saputri (Instagram/@kikysaputrii)Potret Kiky Saputri (Instagram/@kikysaputrii)

Dikutip dari situs resmi UNJ, kampus tersebut dikatakan masuk dalam peringkat 413 sebagai universitas terbaik di dunia tahun 2022 versi Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, Scimago Institutions Rankings (SIR). Sementara untuk pemeringkatan berdasarkan subjek Pendidikan yang ada di Indonesia, UNJ menempati peringkat keenam.

Mamat Alkatiri Lulusan Kampus di Yogyakarta yang Hampir Jadi Dokter

Jurusan kuliah Mamat Alkatiri juga tidak ada kaitannya dengan profesinya saat ini. Pria asal Papua itu bahkan hampir menjadi dokter lantaran kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kuliah sambil bekerja dirasakan cukup berat bagi Mamat. Dia bahkan hampir drop out, meski kuliahnya telah sampai pada tahap akhir.

Mamat perlu waktu sampai 10 tahun untuk menyelesaikan masa kuliahnya yang masuk pada 2010 dan baru lulus 2020 lalu. Dikutip dari situs UMY, kampus itu menempati rangking 3 sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia, rangking 1 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) di Indonesia, dan peringkat 1 PTS DIY, menurut Webometrics.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #pendidikan #kiky #saputri #mamat #alkitiri #komika #viral #debatkan #pilres #satu #atau #putaran

KOMENTAR