8 Vitamin dan Suplemen Untuk Mengatasi Kulit Kering
Ilustrasi Kulit Kering / Sumber : Freepik
18:22
2 Februari 2024

8 Vitamin dan Suplemen Untuk Mengatasi Kulit Kering

 

 

 Kulit kering menjadi masalah nyata bagi banyak orang di Indonesia. 

Biasanya, kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti dehidrasi, penuaan, perubahan musim, alergi, dan defisiensi mikronutrien.

Oleh karena itu, pelembab menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kulit kering dari luar. Namun, jika hal tersebut belum optimal, Anda bisa menggunakan vitamin dan juga suplemen.

Dilansir dari healthline.com, Jumat (2/2), berikut adalah delapan vitamin dan suplemen yang dapat membantu melembabkan kulit kering.

Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang mudah larut dalam lemak dan penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Vitamin D berperan penting dalam fungsi pelindung kulit dan pertumbuhan sel kulit, serta menjaga sistem kekebalan kulit, yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen berbahaya

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa rendahnya kadar vitamin D dapat meningkatkan kemungkinan kemungkinan kulit kering. Oleh karena itu, melengkapi nutrisi ini dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit.

Selain dari suplemen manfaat Vitamin D bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi beberapa jenis makanan laut, jamur maitake, kuning telur, susu kedelai, dan juga oatmeal.

Kolagen

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen berbahan kolagen mungkin memiliki berbagai manfaat untuk kulit Anda, termasuk mengurangi kedalaman kerutan dan meningkatkan hidrasi kulit.

Selain dari suplemen, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kolagen dari mengkonsumsi daging ayam, putih telur, tomat, brokoli dan ikan.

Vitamin C

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dan penting untuk produksi kolagen, menjadikannya nutrisi penting untuk kesehatan kulit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa meningkatkan asupan vitamin C dapat meningkatkan banyak faktor kesehatan kulit, termasuk hidrasi kulit.

Selain dari suplemen, Anda bisa mendapatkan manfaat Vitamin C dari mengkonsumsi stroberi, pepaya, jambu biji, kiwi, melon, nanas, dan mangga.

Minyak Ikan

Minyak ikan terkenal karena khasiatnya yang meningkatkan kesehatan kulit. Mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA), dua asam lemak penting yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang kuat.

Suplemen dan makanan yang mengandung minyak ikan dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan penghalang asam lemak pada kulit, yang membantu menjaga hidrasi.

Probiotik

Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian suplemen bakteri Lactobacillus plantarum pada tikus dan manusia meningkatkan fungsi pelindung kulit dan hidrasi kulit setelah 8 minggu. 

Hyaluronic acid

Selain bisa digunakan secara topikal untuk meningkatkan hidrasi kulit, Hyaluronic acid juga bisa dikonsumsi dalam kombinasi dengan nutrisi lain yang bermanfaat meningkatkan hidrasi kulit secara signifikan.

Tanaman Lidah Buaya

Sebuah penelitian telah dilakukan pada 64 wanita berhasil mengungkapkan bahwa pemberian suplemen asam lemak yang berasal dari lidah buaya selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan kelembaban kulit dan elastisitas kulit.

Ceramide

Ceramide adalah molekul lemak yang merupakan komponen penting dari kesehatan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung ceramide dapat meningkatkan hidrasi kulit, yang dapat membantu mengatasi kulit kering.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #vitamin #suplemen #untuk #mengatasi #kulit #kering

KOMENTAR