Berapa Harta Kekayaan Raffi Ahmad? Kini Ramai Dituduh Pencucian Uang dan Kelola Duit Koruptor
Raffi Ahmad ditemui di kantornya kawasan BSD, Tangerang Selatan pada Kamis (1/2/2024) [Suara.com/Rena Pangesti]
13:42
2 Februari 2024

Berapa Harta Kekayaan Raffi Ahmad? Kini Ramai Dituduh Pencucian Uang dan Kelola Duit Koruptor

Raffi Ahmad sampai dijuluki Sultan Andara karena harta kekayaannya yang luar biasa banyak. Hal ini pun sejalan dengan banyaknya bisnis yang dikelola Raffi bersama sang istri, Nagita Slavina, di luar sederet pekerjaan keartisannya.

Namun, kini Raffi tengah diguncang dengan isu pencucian uang. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum DPP Nasional Corruption Watch (NCW), Hanifa Sutrisna, di sebuah tayangan video.

“Kami sudah menerima beberapa dugaan tindakan pencucian uang, tindak pidana pencucian uang, ini dugaan, yang dilakukan oleh Saudara Raffi Ahmad, nilainya fantastis. Diduga ada ratusan rekening yang dimiliki oleh Saudara Raffi Ahmad merupakan kantong semar untuk mengelola uang-uang haram yang dimiliki oleh para terduga korupsi, bahkan sudah terdakwa korupsi, yang masuk ke rekening Raffi Ahmad,” ungkap Hanifa, dikutip dari akun TikTok @nasionalcorruptionwatch2, Jumat (2/2/2024).

Kabar Raffi terlibat dalam dugaan pencucian uang ini bermula dari viralnya agenda bagi-bagi saham gratis senilai Rp1 miliar kepada para pengikutnya di Instagram pada tahun 2021 silam.

Raffi sendiri sudah membantah tuduhan tersebut. Namun tetap saja isu ini ramai bergulir hingga memunculkan sejumlah pertanyaan, termasuk soal seberapa kaya Raffi sebenarnya hingga kini dituding menjadi penadah uang para koruptor?

Situs Net Worth Spot mencoba mengestimasikan harta kekayaan Raffi dan Nagita melalui pencapaian mereka di Instagram @raffinagita1717. Diketahui akun Instagram tersebut telah mempunyai 74,8 juta pengikut.

Oleh karena itulah, Raffi diperkirakan memiliki harta kekayaan bersih sampai sebesar USD187,9 juta, atau sekitar Rp2,9 triliun jika dikonversikan ke mata uang Indonesia.

Harta kekayaannya bisa menyentuh angka USD300,65 juta atau sekitar Rp4,6 triliun jika mempertimbangkan berbagai penghasilan Raffi dan Nagita di luar Instagram mereka.

Ditelusuri lebih jauh oleh Net Worth Spot, kisaran penghasilan Raffi mencapai USD75,16 juta atau setara Rp1,16 triliun dalam setahun. Namun ini belum mencakup pendapatan Raffi sebagai pebisnis maupun honor syuting dan MC.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #berapa #harta #kekayaan #raffi #ahmad #kini #ramai #dituduh #pencucian #uang #kelola #duit #koruptor

KOMENTAR