Kenapa Imlek Identik Dengan Warna Merah? Ternyata Begini Makna dan Kisah di Baliknya
Pengunjung mencari pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (30/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
11:45
2 Februari 2024

Kenapa Imlek Identik Dengan Warna Merah? Ternyata Begini Makna dan Kisah di Baliknya

Jika berbicara mengenai perayaan Imlek, pasti tidak terlepas dengan warna merah. Biasanya, masyarakat keturunan Tionghoa akan membeli berbagai pakaian yang identik dengan warna merah. Tidak hanya itu, dekorasi rumah juga dipenuhi dengan warna-warna merah.

Hal ini yang lantas menjadi keunikan sekaligus perhatian dari masyarakat. Beberapa masyarakat juga kerap bertanya mengapa perayaan Imlek identik dengan warna-warna merah. Namun, apa makna dan kisah di baliknya?

Melansir laman Prestige, Imlek yang identik dengan warna merah ini berasal dari adanya cerita kuno. Dari kepercayaan orang Tionghoa, diketahui ada sosok monster bernama Nian yang biasa keluar pada malam tahun baru alias malam Imlek.

Pengunjung mencari pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (30/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pengunjung mencari pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (30/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Monster satu ini, diketahui gemar memakai penduduk desa, tanaman, serta ternak. Namun, Nian sendiri memiliki kelemahan yang diketahui masyarakat. Dikatakan, Nian takut akan suara riuh seperti api, ledakan, hingga warna cerah seperti merah.

Sebab hal itu, pada saat perayaan Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa akan memakai hal-hal berwarna merah, bermain gendang serta menyalakan petasan. Hal ini dipercaya dapat menghindari agar Nian tidak hadir.

Namun, bukan hanya sekadar cerita mengenai Nian. Warna merah sendiri dipercaya sebagai lambang keberuntungan dan nasib baik bagi masyarakat di Tiongkok. Oleh sebab itu, meski tidak perayaan Imlek, beberapa masyarakat tetap menggunakan pakaian merah sebagai harapan keberuntungan.

Oleh sebab itu, segala hal yang berkaitan dengan Imlek identik dengan warna merah, mulai dari angpao, lampion, baju yang dikenakan, dan lain-lain. Semua hal ini dimaksudkan agar memberikan kebaikan dan keberuntungan bagi masyarakat.

Selain merah, pada Imlek juga sering identik dengan warna emas. Warna emas ini dipercaya sebagai lambang kebebasan, keberanian, dan keberhasilan. Biasanya warna emas akan mengikuti warna merah sebagai dasar. Hal ini menunjukkan emas dan merah yang memberikan keberuntungan bagi seseorang.

Terkait perayaan Imlek sendiri, pada tahun ini akan berlangsung pada 10 Februari mendatang. Biasanya, di beberapa kelenteng akan mengadakan berbagai perayaan serta memanjatkan doa bersama dalam menyambut tahun yang baru.

Bukan hanya itu, di beberapa tempat wisata biasanya juga akan ada berbagai pertunjukkan menarik seperti barongsai, musik tradisional, dan lain-lain yang berkaitan dengan kebudayaan khas Tionghoa.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #kenapa #imlek #identik #dengan #warna #merah #ternyata #begini #makna #kisah #baliknya

KOMENTAR