Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya
Ilustrasi Al-Quran - Bacaan Ayat Kursi Lengkap (Pexels)
01:49
2 Februari 2024

Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya

Membaca Ayat Kursi adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari oleh umat Islam. Selain menambah pahala, terdapat sebuah keutamaan yang istimewa bagi orang yang mengamalkan Ayat Kursi. Berikut bacaan ayat kursi lengkap, tulisan Arab, latin hingga terjemahannya. 

Ayat kursi terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 255. Di dalam sebuah hadits sahih, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Ayat Kursi menjadi ayat paling utama di Al-Qur'an. 

Abu Hurairah pernah berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat-ayat Al-Qur'an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi." 

Sehingga Ayat Kursi bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dzikir yang bisa dibaca kapan pun. Namun akan lebih utama bila ayat ini dibaca setelah selesai sholat fardhu, saat hendak tidur dan saat ingin beraktivitas. Dengan membaca ayat kursi, kita memiliki harapan agar Allah SWT melancarkan segala urusan. 

Berikut adalah bacaan ayat kursi lengkap dengan tulisan Arab, latin dan terjemahannya:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ
أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ 

Allaahu laa ilaaha illaa huw, al-ḥayyul-qayyụm, laa ta`khudzuhụ sinatuw wa laa na`ụm, lahụ maa fis-samaawaati wa maa fil-arḍ, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi`idznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuḥiiṭụna bisyai`im min 'ilmihii illaa bimaa syaa`, wasi'a kursiyyuhus-samaawaati wal-arḍ, wa laa ya`ụduhụ ḥifzuhumaa, wa huwal-'aliyyul-'aziim. 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia Yang Hidup kekal lagi selalu mengatur (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Dia Maha Pemilik segala hal yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang bisa memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya? Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apapun dari ilmu Allah kecuali telah dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. al-Baqarah: 255) 

Keutamaan Ayat Kursi 

Keutamaan membaca Ayat Kursi berdasarkan hadits riwayat Imam Nasai dalam Sunan al-Kubra dari Abu Umamah al-Bahiliy, Nabi Muhammad SAW bersabda:  

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ 

Artinya: Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai salat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.
 
Sayyid Muhammad Alawi al-Makki al-Maliki mengungkapkan dalam Syawariq al-Anwar yang mengutip hadits Sahih Bukhari Muslim dari jalur Abu Hurairah: "Barang siapa yang membaca ayat kursi ketika akan tidur maka ia akan dijaga Allah dari gangguan Setan (seperti waswas dan gelisah, sulit tidur) sampai waktu subuh."

Mengingat keistimewaannya, umat Islam sangat dianjurkan untuk mengamalkan Ayat Kursi sebagai dzikir harian. Dengan harapan, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan menjaga dimanapun kita berada. 

Nah itulah bacaan ayat kursi lengkap, tulisan Arab, latin hingga terjemahannya. Jangan lupa diamalkan ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bacaan #ayat #kursi #lengkap #dengan #tulisan #arab #latin #terjemahannya

KOMENTAR