Skin Barrier Anda Rusak? Anda Butuh Ceramide untuk Perawatan Kulit, Intip Manfaatnya
Ilustrasi perempuan memakai skincare./Freepik
19:22
1 Februari 2024

Skin Barrier Anda Rusak? Anda Butuh Ceramide untuk Perawatan Kulit, Intip Manfaatnya

 

 

 Ceramide adalah jenis lemak atau lipid yang terdapat di dalam sel-sel kulit. Ceramide membentuk sekitar 30 hingga 40 persen dari lapisan kulit luar, atau epidermis. 

Mengutip dari healthline, Kamis (1/2), ceramide penting untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari kerusakan dan infeksi karena polusi lingkungan.

Namun, seiring bertambahnya usia, kadar ceramide di kulit menurun. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif, atau mengalami masalah lainnya. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan suplemen atau produk perawatan kulit yang mengandung ceramide.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ceramide dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit yang akan kami rangkum sebagai berikut.

1. Mempertahankan Fungsi Skin Barrier Kulit

Skin barrier atau lapisan terluar atau pelindung kulit dapat terkikis bahkan rusak karena proses penuaan alami dan penggunaan sabun atau eksfolian yang terlalu keras yang menyebabkan penurunan kadar ceramide di kulit. 

Ketika kadar ceramide menurun, lapisan kulit luar atau barier kulit menjadi rusak, dan celah-celah kecil dapat terbentuk. Hal ini dapat memudahkan infeksi dan peradangan kulit terjadi.

Menambahkan kandungan ceramide pada skin barrier yang rusak dapat menjaga kesehatan dan fungsi barier kulit. Hal ini karena skin barrier kulit berperan sebagai garis pertahanan tubuh terhadap polusi dan racun lingkungan.

2. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Ceramide dapat mengunci kelembapan dan meningkatkan hidrasi kulit. Ketika kulit dehidrasi, kulit dapat menjadi kasar, dan retakan dapat terjadi. Ketika barier kulit rusak, dapat terjadi kehilangan air transepidermal (TEWL). TEWL adalah jumlah air yang melewati epidermis, lapisan kulit, dan menguap di permukaan kulit.

Akibatnya, kulit dapat menjadi kering dan meradang dengan risiko meningkat mengalami kondisi peradangan seperti psoriasis, jerawat, dan eksim. Penelitian menunjukkan bahwa krim ceramide dapat mengurangi TEWL secara signifikan, yang pada gilirannya meningkatkan hidrasi kulit dan memperbaiki fungsi barrier.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan pelembap yang mengandung ceramide bersama dengan pengobatan jerawat dapat membantu mengatasi kulit kering dan iritasi yang disebabkan oleh pengobatan tersebut. 

Meningkatkan hidrasi juga membantu melembutkan dan menghaluskan kulit, yang meningkatkan penampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

3. Meregenerasi Kulit yang Menua

Ceramide juga dapat membantu meregenerasi kulit yang menua. Kulit yang menua cenderung kehilangan elastisitas, keremajaan, dan kekenyalan. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi kolagen, elastin, dan ceramide di kulit.

Ceramide dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, yang merupakan protein penting untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Ceramide juga dapat membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan noda penuaan dengan menjaga kelembapan dan kehalusan kulit.

4. Melindungi Kulit dari Kerusakan UV

Ceramide juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit, yang dapat menyebabkan penuaan dini, kanker kulit, dan hiperpigmentasi. 

Ceramide dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif dengan meningkatkan antioksidan alami kulit dan memperkuat barrier kulit.

Ceramide juga dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV dengan meningkatkan mekanisme perbaikan sel. 

Dengan demikian, ceramide dapat membantu mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh sinar UV, seperti kerutan, bintik-bintik hitam, dan kulit kendur.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Ceramide untuk Kesehatan Kulit?

Ceramide dapat diperoleh dari sumber alami maupun sintetis. Ceramide alami terdapat di lapisan luar kulit Anda, serta di hewan seperti sapi dan tanaman seperti kedelai. 

Ceramide sintetis (juga disebut pseudoceramide) adalah ceramide buatan manusia. Karena bebas dari kontaminan dan lebih stabil daripada ceramide alami, ceramide sintetis lebih umum digunakan dalam produk perawatan kulit seperti skincare dan makeup.

Anda dapat mendapatkan ceramide dengan mengonsumsi suplemen atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. 

Beberapa contoh produk perawatan kulit yang mengandung ceramide adalah pelembap ceramide, krim, serum, masker, dan toner. Produk-produk ini dapat membantu menjaga kadar ceramide kulit Anda dan meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Namun, sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide, pastikan Anda memeriksa kandungan, kualitas, dan keamanan produk tersebut. 

Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi kulit, seperti pewangi, pewarna, atau alkohol.

Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu, seperti eksim, psoriasis, atau jerawat, konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. Dokter kulit Anda dapat memberi Anda saran tentang produk yang paling cocok untuk Anda dan dosis yang tepat.

Itulah penjelasan mengapa Anda harus menggunakan kandungan ceramide di perawatan kecantikan kulit Anda. Semoga artikel ini memberikan informasi yang Anda inginkan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #skin #barrier #anda #rusak #anda #butuh #ceramide #untuk #perawatan #kulit #intip #manfaatnya

KOMENTAR