Menguak 8 Kelebihan Seorang Melankolis, Sosok Penurut yang Menjunjung Tinggi Tradisi
Kelebihan sosok melankolis. (pexels)
09:56
1 Februari 2024

Menguak 8 Kelebihan Seorang Melankolis, Sosok Penurut yang Menjunjung Tinggi Tradisi

Kepribadian melankolis adalah salah satu tipe dari empat temperamen lainnya. Unsur utama yang menggambarkan seorang melankolis adalah tanah.   Mereka cenderung setia kepada keluarga dan orang terdekatnya. Selain itu, mereka juga bersikap sangat hati-hati dalam melakukan segala hal.    Dan yang paling penting dari seorang melankolis adalah, ciri mereka yang sangat mengedepankan masalah kehormatan dan moral. Hal itu membuat mereka cenderung mengikuti “norma” masyarakat dan tradisi keluarga.  

  Mereka sangat menghormati otoritas, mengikuti aturan, dan merasa nyaman dalam hierarki di mana struktur, peraturan, dan ketertiban diterapkan.   Selain itu, seorang melankolis juga memiliki kelebihan yang membuatnya berbeda dari temperamen lainnya. Dilansir dari sanjeevdatta.com, kelebihan tersebut diantaranya:    1. Kreatif   Orang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung berfikir kreatif di segala bidang. Kreatifitas ini tak jarang membuat mereka mampu menemukan solusi inovatif dari setiap permasalahan yang mereka dan orang disekitar mereka hadapi. Hal itulah yang membuat mereka dianggap juga sebagai orang dengan kepedulian yang tinggi.   

  2. Penyabar   Setiap melankolis adalah mereka yang pandai bersabar.  Hal itu membuat mereka mampu menjadi sosok pendengar yang baik. Mereka juga tipe orang yang tidak pernah keberatan saat harus megantre atau menunggu.    3. Analitis    Tipe ini juga memiliki jiwa intelektual yang tinggi. Hal itu membuat mereka mampu merencanakan, mengorganisasi dan memecahkan setiap permasalahan yang ada dengan pemikiran analitisnya. Mereka juga mampu memandang masalah dari berbagai sudut.   4. Perfeksionis   Hasil dan tindakan yang sempurna merupakan idealisme orang-orang melankolis. Tak jarang mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap diri mereka sendiri maupun orang lain.  

  5. Setia   Orang-orang dengan kepribadian melankolis sangat penurut dan sangat menghargai orang-orang yang mereka anggap penting. Mereka biasanya terobsesi untuk dapat memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang disayanginya itu.    6. Berorientasi pada tujuan   Detail, memeriksa hal - hal kecil dan menarik kesimpulan dari sesuatu yang terjadi pada mereka, membuat tipe melankolis ini mampu merencanakan tujuan jangka panjang dan karier mereka.    7. Pandai memotivasi   Dengan standar tinggi yang mereka miliki, tipe melankolis seringkali termotivasi untuk mengejar sesuatu yang mereka inginkan meski seberapa pun besarnya tantangan yang ada didepan.   

  8. Pendukung hebat   Kepeduliannya terhadap orang lain seringkali membuat pribadi melankolis memiliki empati yang tinggi untuk dapat membantu orang lain. Mereka juga dapat dipercaya dan bertindak sebagai seorang konselor yang baik. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #menguak #kelebihan #seorang #melankolis #sosok #penurut #yang #menjunjung #tinggi #tradisi

KOMENTAR