Serba-serbi Perayaan Imlek di Berbagai Negara, Ada Pertunjukkan 600 Ribu Kembang Api hingga Patung Naga Setinggi 53 Meter
Ilustrasi perayaan Imlek /sumber: freepik
14:30
31 Januari 2024

Serba-serbi Perayaan Imlek di Berbagai Negara, Ada Pertunjukkan 600 Ribu Kembang Api hingga Patung Naga Setinggi 53 Meter

– Menyambut tahun baru Imlek 2024, sudah menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa di seluruh di dunia.

Meskipun inti dari perayaan Imlek di semua negara sama, yaitu bernuansa merah dengan dihiasi lampion. Ternyata, ada ciri khas dan beberapa perbedaan tradisi Imlek di berbagai negara.

Berikut adalah serba-serbi perayaan Imlek di berbagai penjuru dunia yang dilansir dari laman Time Out.

1. Singapura

Setiap perayaan Imlek, Singapura selalu mengadakan parade yang disebut dengan ‘Chingay’. Jika diterjemahkan, parade Chingay memiliki arti ‘Seni Kostum dan Topeng’.

Selain pertunjukkan seni kostum dan topeng, parade Chingay juga dilengkapi dengan kendaraan hias, pertunjukkan dengan alat peraga, hingga kembang api.

2. Shanghai, Tiongkok

Salah satu pertunjukkan lentera berkelas dunia saat perayaan Imlek, dapat ditemukan di Shanghai.

Festival lentera Yuyuan telah menarik jutaan pengunjung ke Taman Yuyuan, untuk menikmati kreasi bercahaya dari berbagai bentuk, ukuran, dan warna dari banyaknya lentera.

Di antaranya, ada yang berbentuk ikan (melambangkan kekayaan dan kemakmuran), naga (melambangkan keberuntungan), hingga serangkaian lentera yang dipenuhi dengan teka-teki permainan kata.

3. New York

Pernahkah Anda menyaksikan 600 ribu kembang api bertebaran di langit malam saat perayaan Imlek?

New York memiliki tradisi saat Imlek yang telah mereka lakukan dari tahun ke tahun, yaitu melepaskan sekitar 600 ribu kembang api di Taman Sara D. Roosevelt.

Mereka mempercayai, bahwa festival kembang api tersebut dapat menangkal pertanda buruk yang terjadi di tahun baru. Terkadang, festival ini disertai dengan atraksi barongsai dan parade.

4. Hongkong

Dalam memperingati tahun baru Imlek, pusat perbelanjaan di Hongkong akan merombak seluruh bagian mall, dan menghiasinya dengan pernak-pernik Imlek. Bahkan, di pusat perbelanjaan besar yang dipenuhi oleh nuansa Imlek, sering dijadikan pengunjung sebagai tempat instagramable untuk berfoto ria.

5. Seoul, Korea Selatan

Selama tahun baru Imlek atau Seollal (sebutan tahun baru Imlek dalam budaya Korea Selatan), kota Seoul mengadakan pesta keberuntungan di Korean Folk Village. Dimana pengunjung dapat memainkan permainan rakyat, sambil menikmati musik dan seni tradisional Korea selatan.

Adapun tradisi pembakaran untuk mendapatkan hasil panen baik dan kedamaian, yang disebut daljiptaeugi. Disertai dengan seni bela diri menunggang kuda, dan berbagi sup kue beras tradisional (tteokguk).

6. LA, California

Perayaan Imlek di Los Angeles yang dilakukan lebih dari seratus tahun ini, umumnya menghadirkan parade naga emas, disertai kendaraan hias, dan marching band berjalan ke North Broadway.

7. Hanoi, Vietnam

Hanoi menyambut Tet (istilah tahun baru Imlek dalam bahasa Vietnam), dengan sebuah pertunjukkan kembang api di seluruh penjuru Hanoi. Mulai dari Taman Bunga Lac Long Quan hingga Danau Van Quan, dan pertunjukkan kembang api terbesar berada di Danau Hoan Kiem.

Sebelum pertunjukkan kembang api ini dimulai pada tengah malam, ada pertunjukan cahaya yang diiringi dengan musik dan seni selama 15 menit.

8. Manchester, Inggris

Manchester adalah rumah bagi salah satu komunitas Tionghoa terbesar dan tertua di Inggris. Pada tahun 2023, lapangan St Ann di pusat kota, telah menjadi rumah bagi patung naga emas setinggi 15,3 meter.

Sementara, patung naga setinggi 53 meter diarak pada saat parade menuju Chinatown. Selain itu, pada tahun-tahun tertentu tarian singa, opera Tiongkok, hingga patung Buddha raksasa ada saat perayaan tahun baru Imlek.

9. Vancouver, Kanada

Parade festival musim semi telah menjadi pertanda tahun baru Imlek dengan perayaan multikulturalisme di Vancouver. Perayaan ini dihadiri oleh tiga ribu orang, termasuk perwakilan dari berbagai komunitas di Kanada.

Tak hanya itu, parade festival musim semi telah menarik banyak orang untuk berjalan dari Millennium Gate menuju Chinatown, yang diiringi dengan barongsai, tarian budaya, dan pertunjukkan seni bela diri.

10. Kuala Lumpur, Malaysia

Kuil Thean Hou di Kuala Lumpur, adalah salah satu kuil terbesar dan tertua di Malaysia. Dihiasi dengan ratusan lentera merah yang bersinar, kuil enam tingkat nan megah ini telah menjadi daya tarik ribuan pengunjung saat tahun baru Imlek.

Di samping itu, pertunjukkan bertema harapan akan kekayaan, makanan, dan martabat yang berlimpah, turut hadir memeriahkan tahun baru Imlek di Malaysia.

Meskipun perayaan Imlek di setiap negara berbeda, namun keberagaman inilah yang menjadi kekayaan budaya, dan toleransi antarbangsa dalam merayakan momen yang sama.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #serba #serbi #perayaan #imlek #berbagai #negara #pertunjukkan #ribu #kembang #hingga #patung #naga #setinggi #meter

KOMENTAR