Apakah Boleh Potong Rambut Sebelum Imlek? Hati-hati, Bisa Sial Selama Setahun!
apa boleh potong rambut sebelum Imlek (freepik)
20:15
27 Januari 2024

Apakah Boleh Potong Rambut Sebelum Imlek? Hati-hati, Bisa Sial Selama Setahun!

Masyarakat Tionghoa sebentar lagi akan merayakan Imlek 2024. Saat Imlek, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, salah satunya potong rambut. Lantas, apan boleh potong rambut sebelum Imlek? Berikut ini ulasannya.

Diketahui, perayaan Imlek tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Masyarakat Tionghoa menganggap bahwa potong rambut saat Imlek merupakan hal yang tabu.  Pasalnya, hal tersebut dipercaya dapat menghilangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Jika tidak boleh potong rambut saat Imlek, lantas apan boleh potong rambut sebelum Imlek? Untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Masyarakat Tionghoa memiliki kepercayaan bahwa potong rambut sebelum perayaan Imlek adalah keharusan, kkarena potong rambut saat Imlek akan membawa sial. Biasanya orang-orang akan potong rambut selambatnya sehari sebelum perayaan Imlek. 

Selain tidak boleh potong rambut saat Imlek, masyarakat Tionghoa juga dilarang untuk melakukan hal-hal lainnya saat perayaan Imlek. Adapun beberapa hal lainya yang dilarang yakni sebagai berikut:

1.  Makan bubur dan daging sebagai sarapan

Selain potong rambut, rupanya masyarakt Tionghoa juga memiliki kepercayaan bahwa tidak boleh makan bubur dan daging sebagai sarapan saat Imlek. Hal ini dilakukan untuk menghormati kepercayaan masyarakat Tionghoa yang menganut Agama Buddha. 

2.  Mengatakan kata-kata negatif

Saat Imlek, masyarkat Tionghoa juga dilarang untuk mengatakan kata-kata negatif atau hal-hal negatif seperti mengucapkan kata hantu, miskin, dan mati. Pasalnya kata-kata tersebut dinilai dapat memberikan aura negatif saat perayaan.

3. Menyapu rumah dan cuci baju

Menyapu rumah juga menjadi itindakan dilarang dilakukan karena itu dipercaya dapat membersihkan kekayaan yang datang. Selain itu, cuci baju juga dilarang saat Imlek. Ini dilakukan karena untuk menghormati perayaan hari lahirnya dewa air. 

4. Menjahit

Saat Imlek juga dilarang untuk menjahir karena hal ini dipercaya dapat membuat kehidupan menjadi sulit selama setahun ini. Jadi, kalaupun ingin menjahit baju, pastikan melakukannya jauh-jauh hari sebelum perayaan Imlek.

5. Tidak boleh menggunakan benda tajam

Saat Imlek, masyarakat Tionghoa juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan benda-benda tajam seperti pisau, gunting, dan benda tajam lainnya. Hal ini dipercaya dapat memutus keberuntungan.

Demikian ulasan mengenai apa boleh potong rambut sebelum Imlek lengkap dengan hal-hal lainnya dilarang saat perayaan Imlek. Semoga informai ini bermanfaat

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #apakah #boleh #potong #rambut #sebelum #imlek #hati #hati #bisa #sial #selama #setahun

KOMENTAR