Intip 4 Bahan Skincare Terbaik untuk Atasi Flek Hitam Agar Kulit Cerah Merata dan Awet Muda
Bahan skincare untuk atasi flek hitam/Freepik
16:28
7 Oktober 2024

Intip 4 Bahan Skincare Terbaik untuk Atasi Flek Hitam Agar Kulit Cerah Merata dan Awet Muda

Banyak produk yang dijual bebas yang dapat membantu memudarkan flek hitam.

Produk ini biasanya mengandung bahan aktif seperti kojic acid, retinoid, vitamin C, atau azelaic acid.

Produk-produk ini memiliki petunjuk penggunaan pada label. Namun, lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mencobanya karena zat ini memiliki risiko.

Dilansir dari laman Medical News Today pada (7/10), berikut ini beberapa bahan dalam skincare yang bisa mengatasi flek hitam.

1. Hidroquinone

Hydroquinone adalah bahan yang populer untuk mengatasi hiperpigmentasi. Bahan ini bekerja dengan mengurangi produksi melanin.

Produk ini juga dapat mencerahkan kulit di sekitar flek hitam jika seseorang tidak menggunakannya dengan hati-hati.

Namun, beberapa negara telah melarang hidroquinon karena masalah keamanan.

Misalnya, penelitian pada hewan tahun 2020 menunjukkan bahwa aplikasi hidroquinon mengganggu lapisan atas kulit yang dapat meningkatkan risiko bahaya lingkungan dan paparan sinar UV.

Para peneliti mengungkap bahwa gangguan ini dapat mengekspos lapisan sel kulit yang lebih dalam ke paparan sinar UV yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, termasuk uji coba pada manusia.

Hidroquinon dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama ketika orang menggunakan konsentrasi yang lebih tinggi.

2. Kojic acid

Kojic acid adalah pengobatan populer lainnya untuk hiperpigmentasi.

Kojic acid menghambat aktivitas tirosinase yang merupakan enzim yang terlibat dalam produksi melanin.

Sebuah artikel tahun 2018 menunjukkan bahwa kojic acid dan turunannya mungkin memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan.

Namun, kojic acid dapat mengiritasi kulit sensitif dan dapat menyebabkan efek samping seperti dermatitis kontak, sehingga mungkin tidak cocok untuk semua orang.

3. Retinoid

Retinoid adalah turunan dari vitamin A. Retinoid meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru yang dapat memudarkan flek hitam dari waktu ke waktu.

Tenaga kesehatan profesional dapat meresepkan retinoid dengan kekuatan profesional, seperti tretinoin untuk hiperpigmentasi yang parah.

Produk ini membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk bekerja. Semakin kuat retinoid, semakin besar kemungkinannya menyebabkan iritasi.

Produk yang mengandung retinoid tidak cocok selama kehamilan, karena vitamin A terkadang dapat menyebabkan anomali kelahiran.

Retinoid juga meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, jadi penting untuk menggunakan SPF yang aman pada wajah setiap hari saat menggunakan retinoid.

4. Eksfoliator kimiawi

Eksfoliator kimiawi adalah asam yang melarutkan lapisan atas sel kulit. Bahan ini bisa berupa AHA seperti asam laktat, dan BHA seperti asam salisilat.

Eksfoliator kimiawi juga bekerja dengan meningkatkan pergantian sel kulit baru sehingga juga cocok untuk kulit kering atau sensitif.

Namun, seperti halnya retinoid, asam-asam ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Itulah beberapa bahan dalam skincare yang bisa digunakan untuk mengurangi tampilan flek hitam, atau bahkan menghilangkannya.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan-bahan tersebut dalam skincare harus sesuai petunjuk dan kondisi kulit masing-masing supaya tidak menimbulkan efek samping.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #intip #bahan #skincare #terbaik #untuk #atasi #flek #hitam #agar #kulit #cerah #merata #awet #muda

KOMENTAR