7 Tanda ini Ada pada Diri Seseorang dengan Crab Mentality, Kamu Punya Salah Satunya?
Ilustrasi orang dengan crab mentality. (Pexels)
22:02
6 Oktober 2024

7 Tanda ini Ada pada Diri Seseorang dengan Crab Mentality, Kamu Punya Salah Satunya?

 - Dalam hidup, kamu tentu ingin menjadi sosok terbaik dan lebih baik daripada orang lain. Baik itu dalam hal nilai pelajaran, pencapaian pekerjaan sampai keharmonisan keluarga.

Keinginan untuk jadi lebih baik itu merupakan hal yang bagus. Namun hal ini jadi tidak baik ketika kamu mencapai tujuan tersebut dengan menjatuhkan orang lain.

Ada sebuah istilah menarik mengenai perilaku seseorang yang menjatuhkan orang lain demi tujuan pribadinya. Istilah tersebut disebut dengan nama crab mentality atau mentalitas kepiting.

Sama seperti kepiting yang merangkak ke atas dengan memanjat dan menjatuhkan temannya yang lain, orang dengan crab mentality bisa melakukan segala cara bahkan menjatuhkan sesama demi mencapai tujuan.

Crab mentality ini banyak ada di segala tempat, mulai dari teman sekolah rekan kerja atau bahkan kamu sendiri. Dilansir dari Effectiviology dan FAQ PH, Minggu (6/10), ini 7 tanda bahwa kamu mungkin memiliki crab mentality.

1. Tidak Senang atas Pencapaian Orang

Tanda pertama bahwa kamu mungkin memiliki crab mentality adalah kamu merasa tidak senang atas pencapaian orang lain. Ketika seseorang memiliki sebuah pencapaian positif, kamu bisa secara otomatis merasa tidak suka baik sadar maupun tidak sadar.

Ketika ada orang yang memiliki pencapaian tertentu, kamu bisa kaget dan merasakan perasaan buruk. Perasaan insecure dan ketakutan tersebut tidak hanya kamu rasakan diam-diam, namun kamu utarakan dalam bentuk kalimat menyakitkan atau berbuat buruk demi menjatuhkan orang lain.

2. Menganggap Orang Lain Lebih Rendah

Tanda kedua dari crab mentality adalah kamu bisa saja menganggap orang lain lebih rendah daripada kamu. Sadar maupun tidak sadar, kamu mungkin merasakan kebangaan tertentu atas dirimu sendiri.

Kebanggaan atau kepercayaan diri tinggi memang bagus, namun hal ini bisa saja buruk jika diimbangi dengan menganggap rendah orang lain. Meski punya kulit, keturunan dan kemampuan yang sama, kamu mungkin merasa lebih baik dan orang lain berada di bawah kakimu.

3. Bicara Hal Buruk Tentang Orang Lain

Seseorang yang punya crab mentality biasanya suka bicara buruk tentang orang lain. Hal ini berasal dari mereka yang selalu berpikir negatif atas orang lain, berbeda dengan diri sendiri yang selalu dianggap positif.

Meskipun orang lain pasti memiliki keburukan dan kebaikan, kamu bisa saja hanya melihat hal yang buruk saja. Sementara berkaitan dengan dirimu sendiri, kamu selalu menganggap dirimu baik dan tanpa cela.

4. Menganggap Orang Lain Kompetitor

Tanda selanjutnya yang mungkin kamu miliki dalam kehidupan adalah kamu menganggap orang lain sebagai kompetitor. Baik itu teman sekolah, kuliah atau rekan kerja, kamu selalu merasa mereka ada dalam sebuah kompetisi denganmu.

Perilaku ini tentu tidak baik apabila terus ada dalam diri seseorang. Perasaan ini bisa memicu seseorang jadi tidak bisa bekerja sama dengan baik. Kamu akan merasa iri, cemburu dan tidak ingin orang lain sukses sebagai kompetitor.

5. Senang Ketika Ada Orang Lain Gagal

Tanda yang mungkin saja kamu miliki yang termasuk dalam crab mentality adalah kamu merasa senang ketika orang lain gagal. Kamu bisa saja merasa puas atau lega ketika orang lain gagal.

Dalam sebuah kompetisi yang sama, kamu bahkan merasa lebih baik semuanya gagal dan tidak ada yang menang jika bukan kamu orangnya. Mirip seperti kepiting, mereka bisa secara egois menjatuhkan kepiting lain demi bisa keluar ember atau lubang. 

6. Tidak Bisa Bekerja Sama dengan Baik

Tanda selanjutnya dari orang yang memiliki crab mentality adalah mereka tidak bisa bekerja sama dengan baik. Dengan selalu menganggap orang lain kompetitor, lebih rendah dan selalu penuh hal negatif, kamu tentu tidak bisa diajak kerja sama dengan baik.

Dalam sebuah kerja sama, kamu bisa sangat sulit diajak bekerja sama dengan normal. Kamu bisa saja melakukan berbagai cara untuk terlihat menang sadar maupun tidak sadar. 

7. Lebih Suka Bicara daripada Cari Solusi

Orang dengan crab mentality ini bisa diibaratkan dengan peribahasa tong kosong nyaring bunyinya. Kamu mungkin lebih suka berkelakar dibanding mencari solusi sebenarnya dalam sebuah permasalahan.

Dalam hal apapun, kamu mungkin cenderung mengkritik dan protes akan banyak hal. Padahal, waktu berharga tersebut bisa dialihkan untuk mencari solusi bersama. Hal ini bisa terjadi sekali lagi karena kau tidak menganggap orang lain setara, punya hal positif atau sebagai kompetitor.

Ketujuh poin di atas adalah beberapa tanda yang mungkin saja kamu punya sebagai seseorang yang punya crab mentality. Kamu mungkin saja sadar atau tidak sadar memiliki sikap buruk demi menggapai tujuanmu. Kamu bisa bertanya pada rekan kerja ataupun minta diingatkan seandainya ambisimu berubah jadi sikap buruk seperti crab mentality ini.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #tanda #pada #diri #seseorang #dengan #crab #mentality #kamu #punya #salah #satunya

KOMENTAR