Ayyamul Bidh Rajab 2024 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Baca Niat Puasa Malam Ini!
Ayyamul Bidh Rajab 2024 Jatuh Pada Tanggal Berapa? (Pexels)
18:28
24 Januari 2024

Ayyamul Bidh Rajab 2024 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Baca Niat Puasa Malam Ini!

Memasuki bulan Rajab 1445 H, umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan sunnah seperti puasa Ayyamul Bidh. Pertanyaannya Ayyamul Bidh Rajab 2024 jatuh pada tanggal berapa

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, puasa ayyamul bidh sendiri hukumnya sunnah muakkad, atau amalan yang sangat dianjurkan. 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan). 

Puasa sunnah Ayyamul Bidh sendiri menjadi amalan yang rutin dikerjakan oleh Rasullah SAW semasa hidupnya. Adapun anjuran melakukan puasa ini juga telah disebutkan dalam salah satu hadits shahih. Disebutkan bahwa Abu Hurairah pernah berkata: 

"Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasihat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati, pertama berpuasa tiga hari setiap bulannya. Kedua mengerjakan sholat Dhuha. Ketiga mengerjakan sholat witir sebelum tidur" (HR. Bukhari). 

Puasa Ayyamul Bidh sendiri adalah puasa selama 3 hari berturut-turut yang dikerjakan setiap bulannya. Disebutkan bahwa Ayyamul Bidh terdiri dari tiga hari utama yang jatuh pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan dalam kalender Islam atau Hijriah. Seorang muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan ibadah ini agar mendapat pahala dari Allah SWT. 

Lalu puasa di waktu Ayyamul Bidh bulan Rajab 2024 jatuh tanggal berapa? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut. 

Ayyamul Bidh Rajab 2024 Jatuh Pada Tanggal 

Bagi seorang muslim yang hendak menjalankan puasa Ayyamul Bidh di bulan ini, hendaknya untuk mengetahui jadwal lengkapnya agar dapat mengerjakan ibadah tersebut sesuai dengan waktunya. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa puasa Ayyamul Bidh dapat dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya, tak terkecuali di bulan Rajab yang jatuh pada Januari ini. 

Agar memiliki panduan dalam melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, berikut jadwalnya yang akan berlangsung di bulan Januari 2024: 

• 13 Rajab 1445 H: Kamis, 25 Januari 2024 

• 14 Rajab 1445 H: Jumat, 26 Januari 2024 

• 15 Rajab 1445 H: Sabtu, 27 Januari 2024 

Niat Puasa Ayyamul Bidh 

Puasa Ayyamul Bidh dapat dikerjakan seperti puasa sunnah lainnya. Adapun niat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di bulan Rajab adalah sebagai berikut: 

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ. 

Artinya, “Saya niat puasa ayyamul bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.” 

Sebagai informasi, niat puasa Ayyamul Bidh disunnahkan untuk dilafalkan dengan lisan dan tak sekadar dibaca di dalam hati. Niat tersebut juga boleh dilaksanakan sejak malam hari hingga sebelum masuk waktu dzuhur, posisi matahari condong ke barat. Namun dengan catatan belum makan maupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilafalkan. 

Sebelum itu, umat muslin disunnahkan untuk sahur terlebih dulu di waktu menjelang Subuh atau sebelum imsak. Bila waktu Maghrib sudah tiba, disunnahkan bagi seseorang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh agar menyegerakan berbuka puasa. 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh 

Sama seperti puasa sunnah lainnya, puasa ini mempunyai keutamaan (fadhilah) salah satunya seperti puasa sepanjang tahun bagi yang bisa mengerjakan selama tiga hari. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar ra menyebutkan bahwa: 

Nabi Muhammad saw bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Lalu Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang membenarkan hal itu.

‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. "Satu hari sama dengan 10 hari.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (I’ânatut Thâlibîn Juz II). 

Itu tadi ulasan terkait Ayyamul Bidh Rajab 2024 jatuh pada tanggal berapa lengkap dengan niat dan keutamaannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan manambah pahala. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #ayyamul #bidh #rajab #2024 #jatuh #pada #tanggal #berapa #baca #niat #puasa #malam

KOMENTAR