Kapan Hari Guru 2024? Diperingati Dua Kali Dalam Setahun
kapan Hari guru (Freepik)
20:57
5 Oktober 2024

Kapan Hari Guru 2024? Diperingati Dua Kali Dalam Setahun

Peringatan hari guru adalah salah satu cara untuk menghargai dan mengakui pentingnya peran seorang pendidik demi kecerdasan bangsa. Namun, tahukah Anda bahwa peringatan hari guru setiap tahunnya, termasuk tahun 2024 diadakan dua kali?

Setiap tanggal 5 Oktober adalah waktu untuk memperingati Hari Guru Sedunia atau World Teacher’s Day. Sementara itu, setiap 25 November adalah peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Indonesia.

Peringatan hari guru sedunia

Sesuai namanya, hari guru sedunia pada tanggal 5 Oktober tidak hanya diperingati di Indonesia, tetapi juga negara lain di seluruh dunia. Peringatan Hari Guru Sedunia akan diprakarsai oleh UNESCO bersama dengan Education International dan Organisasi Buruh Internasional (ILO).

Penetapan hari guru sedunia didasarkan pada diadopsinya Rekomendasi ILO/UNESCO tahun 1966 tentang Status Guru seperti merujuk pada UNESCO. Rekomendasi mengenai Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi kemudian diadopsi pada tahun 1997 untuk melengkapinya.

Baca Juga: KATANYA Spesial Hari Guru: Tes Pengetahuan Team Kreatif VS Team Editor, Siapa Menang?

Hari Guru Sedunia telah diperingati sejak tahun 1994 dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap peran guru di seluruh dunia dalam membangun kondisi ekonomi dan global.

Peringatan Hari Guru Dunia tahun 2024 akan mengusung tema “Valuing teacher voices: Towards a new social contract for education” yang berarti “Menghargai suara guru: Menuju kontrak sosial baru untuk pendidikan”.

Peringatan hari guru nasional

Sejarah Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November merujuk pada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 1945. Sebelumnya, PGRI bernama PGHB atau Persatuan Guru Hindia Belanda.

Usai proklamasi kemerdekaan, PGHB yang sempat berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) mengadakan kongres pertama di Surakarta, Jawa tengah pada 24-25 November. Pokok bahasan kala itu adalah menghapuskan perbedaan ras, suku, agama, politik, dan sebagainya. 

Peringatan Hari Guru nasional kemudian ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1994. Kini, setiap tahunnya Hari Guru Nasional lebih berfokus pada penghargaan dan refleksi atas perjuangan guru dalam memajukan pendidikan nasional.

Baca Juga: Balon Gas Meledak, Perayaan Hari Guru Nasional Berujung Memakan Korban di SDN Cimuning Bekasi

Meski berbeda, hari guru nasional dan sedunia sama-sama ditujukan untuk lebih menghargai jasa para pendidik

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #kapan #hari #guru #2024 #diperingati #kali #dalam #setahun

KOMENTAR