Profil Najwa Shihab, Jadi Korban Guyonan Bernada Pelecehan Seksual di Desak Anies
Profil Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)
20:04
23 Januari 2024

Profil Najwa Shihab, Jadi Korban Guyonan Bernada Pelecehan Seksual di Desak Anies

Tersebar sebuah video di media sosial X yang menampilkan Najwa Shihab berada di kerumunan dalam acara Desak Anies yang digelar di Yogyakarta, Selasa, (23/1/2024). Namun acara itu ternodai kala Najwa Shihab menjadi korban guyonan bernada pelecehan seksual dari seorang komika.

Hal itu membuat nama Najwa Shihab dan panggilannya, Mbak Nana, menjadi trending topic di X (dulu Twitter). Adapun guyonan yang berupa pelecehan verbal itu dilontarkan oleh komika Felix Seda.

Detik-detik momen pelecehan verbal kepada Najwa Shihab itu diungkap oleh akun X @/ijbolismus. 

"Dia (Felix Seda) bikin joke (candaan), 'Mbak Nana pakai bajunya putih-putih kayak kasur saya dan jadi pengen saya tidurin'," bongkar akun itu menirukan lelucon seksis Felix Seda dalam acara Desak Anies.

Mengenai itu, berikut ini profil dan rekam jejak Najwa Shihab, jurnalis Narasi yang jadi korban pelecehan verbal di ruang publik.

Profil Najwa Shihab

Najwa Shihab. [Instagram/najwashihab]Najwa Shihab. [Instagram/najwashihab]

Najwa Shihab merupakan seorang jurnalis wanita yang dikenal sebagai wanita cerdas. Dia merupakan putri dari Quraish Shihab dan keponakan dari Alwi Shihab yang merupakan mantan Menteri Luar Negeri.

Wanita yang akrab disapa dengan mbak Nana ini lahir di Ujungpandang, Sulawesi Selatan pada 16 September 1977. 

Kemudian, dia menikah dengan seorang pria bernama Ibrahim S.Assegaf dan memiliki dua oranh anak. Sayangnya, anak keduanya harus meninggal setelah dilahirkan.

Najwa Shihab memulai karirnya pertama kali sebagai wartawan magang di RCTI. Kemudian, pada tahun 2000, ia bergabung dengan stasiun TV swasta lainnya, yakni MetroTV.

Awalnya, Najwa Shihab menjadi reporter di stasiun TV tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, ia diangkat menjadi pembawa berita dalam beberapa acara berita seperti Metro Hari Ini dan Suara Anda.

Akhirnya, pada tahun 2009, dia memiliki acara sendiri yang berjudul Mata Najwa. Berkat acara itulah, mbak Nana meraih kepopularitasannya sebagai jurnalis sekaligus pembawa acara yang handal.

Namun, di pertengahan tahun 2017, Najwa Shihab resmi mengundurkan diri dari MetroTV yang sekaligus mengakhiri acara yang sudah dibangun selama 8 tahun lamanya.

DIketahui, dia pindah ke stasiun TV Trans7 melanjutkan acara Mata Najwa disana. Pada tahun 2018, mbak Nana mendirikan sebuah perusahaan berita dan media yang diberi nama Narasi.

Biodata Najwa Shihab

  • Nama Lengkap: Najwa Shihab
  • Nama Panggilan: Mbak Nana
  • Agama: Islam
  • Tempat Tanggal Lahir: Ujungpandang, Sulawesi Selatan, 16 September 1977
  • Almamater: Universitas Indonesia (S1), Melbourne Law School (S2)
  • Pekerjaan: Reporter, Jurnalis, Pewara Televisi

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #najwa #shihab #jadi #korban #guyonan #bernada #pelecehan #seksual #desak #anies

KOMENTAR