8 Kesalahan dalam Hubungan yang Diam-diam Merusak Kesehatan Mental dan Harus segera Diperbaiki
Ilustrasi Pasangan yang Bertengkar (Timur Weber/pexels.com)
20:20
3 Oktober 2024

8 Kesalahan dalam Hubungan yang Diam-diam Merusak Kesehatan Mental dan Harus segera Diperbaiki

- Memperbaiki kesalahan dalam hubungan dapat membuat hidup lebih mudah dengan cepat, ini lebih dari sekadar merapikan hal-hal lain.

Kesalahan ini dapat terjadi dalam persahabatan, hubungan romantis, hubungan keluarga, dan interaksi dengan rekan kerja.

Tanpa disadari semua orang pernah melakukan kesalahan yang dapat merusak hubungan. Kita bahkan tidak menyadari seberapa besar dalam menyakiti satu sama lain.

Dengan menjadi lebih peka terhadap kesalahan sekecil apapun dapat mendekatkan kita dengan orang-orang terkasih.

Jangan menyalahkan diri sendiri jika melakukan kesalahan, tetapi sebaliknya berusaha memperbaikinya.

Bayangkan bagaimana rasanya apabila kita mampu memperbaiki satu atau dua kesalahan tersebut. Jika jawabannya lebih baik atau mungkin, maka hal ini layak untuk dipertimbangkan.

Dilansir dari bemorewithless.com, berikut beberapa kesalahan dalam hubungan yang diam-diam merusak kesehatan mental dan harus segera diperbaiki.

1. Tidak menjaga diri sendiri

Kesalahan ini menduduki peringkat tertinggi dalam daftar kesalahan hubungan karena merupakan hal yang paling penting. Kita sering mengabaikan kesejahteraan diri demi merawat orang lain yang akhirnya membuat kita lelah.

Saat hal ini terjadi, kita tidak dapat merawat orang lain dengan baik atau malah merasa benci kepada mereka yang sangat membutuhkan kita. Ketika merasa tidak mempunyai waktu yang cukup dalam merawat diri sendiri, itu justru saat yang paling tepat untuk melakukannya.

2. Menanggapi segala sesuatunya secara pribadi

Kita semua pernah melakukan kesalahan dalam hubungan ini. Sebelum mulai memusatkan perhatian pada diri sendiri dan menceritakan bagaimana situasi yang tengah dihadapi akan berdampak pada hidup, kamu bisa berhentilah sejenak.

Cobalah ceritakan kisah yang berbeda. Kamu bisa menerapkan pendekatan ini baik dengan orang yang dikenal maupun dengan orang yang baru ditemui. Misalnya, jika bertemu teman untuk makan siang dan mereka terlambat dua puluh menit, kamu mungkin berpikir bahwa mereka tidak menghargai waktumu.

Pemikiran ini akan membuatmu semakin frustasi setiap kali mereka terlambat. Akan tetapi, ganti narasinya. Misalnya, "Wow, ternyata meski banyak kesibukan yang mereka hadapi, mereka masih bisa meluangkan waktu untuk bertemu. Jika mereka terlambat, tentu saja mereka tidak nyaman denganku." Cara ini akan menumbuhkan rasa empati dalam diri sendiri.

3. Kurangnya komunikasi

Kurangnya komunikasi yang efektif bisa mengakibatkan kesalahpahaman, kebencian, dan keretakan dalam berbagai jenis hubungan. Tidak mengungkapkan kebutuhan, perasaan, atau kekhawatiran dapat menimbulkan ketegangan dan menghalangi penyelesaian konflik.

Kita sangat ingin dipahami, namun untuk menghindari pertikaian, seringkali muncul harapan bahwa orang lain dapat membaca pikiran kita daripada harus mengungkapkan apa yang dibutuhkan. Terkadang, hal-hal yang tidak diungkapkan justru menjadi kesalahan terbesar dalam hubungan.

4. Tidak meletakkan ponsel saat bersama

Ada pepatah yang mengatakan, "Cinta adalah 2% usaha dan 98% meletakkan ponselmu." Meskipun terdengar lucu, ini mencerminkan kesalahan serius yang sering kita buat.

Lepaskan ponsel dan perangkat digital lainnya agar dapat terhubung dengan orang yang berada di depanmu. Jadwalkan waktu tanpa ponsel, seperti saat makan atau di saat lain yang cocok, untuk memperkuat hubungan dengan orang yang dicintai.

5. Tidak mendengarkan pasangan

Ada banyak faktor yang menyebabkan kesalahan dalam hubungan ini. Kita sering tidak mendengarkan karena lebih fokus pada apa yang ingin kita katakan selanjutnya, terganggu, atau karena belum terbiasa untuk mendengarkan.

Keinginan kita akan segala sesuatu yang instan dan kebiasaan mendapatkan informasi cepat dari media sosial membuat lupa dalam memberi ruang bagi kata-kata dan perasaan orang yang kita cintai. Mendengarkan secara aktif sangat penting untuk menjaga hubungan yang sehat.

Ketidakmampuan mendengarkan dengan perhatian, menyela, atau mengabaikan perasaan orang lain bisa membuat mereka merasa tidak dihargai dan mengikis kepercayaan serta keintiman.

Saat mendengarkan dengan baik, kamu tidak hanya mendengar kata-kata mereka, tetapi juga merasakan emosi yang mereka sampaikan. Mengakui dan menghargai perasaan mereka saat berkomunikasi menunjukkan kepedulianmu.

6. Memiliki terlalu banyak harapan kepada pasangan

Apabila kita mudah merasa kecewa dengan perlakuan orang lain terhadap kita atau cara mereka menjalani hidup, mungkin kesalahan hubungan terletak pada harapan dalam diri sendiri. Kita sering mengecewakan diri sendiri dengan menempatkan harapan yang tidak realistis pada orang lain.

Meskipun kita merasa melakukan ini dengan alasan cinta, harapan tidak selalu diterima dengan baik. Jika kamu terus melakukannya dan meyakinkan diri bahwa dirimu hanya mencoba membantu, ingatlah kata-kata Anne Lamott, "Bantuan adalah sisi cerah dari kontrol."

7. Melupakan hal-hal kecil

Hal-hal besar jarang bisa mempertahankan hubungan, sebaliknya hal-hal kecillah yang berperan penting. Melupakan atau meremehkan aspek-aspek kecil ini merupakan kesalahan yang semakin mudah terjadi seiring berjalannya waktu.

Bangunlah koneksi dengan orang-orang yang dicintai melalui tindakan-tindakan kecil. Jika kamu tidak bisa melakukan panggilan video selama satu jam, coba lakukan panggilan telepon singkat selama 10 menit atau kirim pesan yang hanya mengatakan, "Aku sedang memikirkanmu."

8. Tidak adanya batasan

Kita sering berpikir tentang menetapkan batasan dalam hubungan yang buruk, tetapi batasan sebenarnya sangat efektif dalam hubungan yang baik. Mengabaikan atau tidak menghormati batasan mampu memicu kebencian dan ketidakseimbangan hubungan.

Komunikasi yang jelas dan saling menghormati batasan pribadi sangatlah penting. Jika kamu merasa terancam atau terganggu oleh batasan tersebut, Elizabeth Earnshaw menyatakan, "Ketika seseorang menetapkan batasan denganmu, itu adalah usaha mereka dalam menjaga hubungan, bukan untuk menyakitimu”.

Dibanding menolak batasan, cobalah untuk memahami bagaimana hal itu dapat mendekatkanmu dengan orang yang menetapkannya. Dengan menyederhanakan hidup dapat membantumu membangun hubungan yang lebih erat, karena kamu memberikan lebih banyak ruang dan waktu bagi orang-orang yang dicintai.

Itulah beberapa kesalahan dalam hubungan yang diam-diam merusak kesehatan mental dan harus segera diperbaiki. Kamu dapat mempraktikkannya dalam hubunganmu sebelum menjadi rusak dan susah diperbaiki.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kesalahan #dalam #hubungan #yang #diam #diam #merusak #kesehatan #mental #harus #segera #diperbaiki

KOMENTAR