Jangan Panik, Ini Dia 5 Cara yang Ampuh Mengobati Mata Merah Secara Alami
5 Cara Alami untuk Mengobati Mata Merah. (Freepik)
18:50
3 Oktober 2024

Jangan Panik, Ini Dia 5 Cara yang Ampuh Mengobati Mata Merah Secara Alami

-- Sakit mata biasanya disebabkan oleh iritasi, alergi, atau infeksi. Tak hanya itu saja, sakit mata juga bisa disebabkan karena terkena paparan polusi udara, paparan sinar matahari yang berlebihan hingga terkena parasit.

Perlu diketahui bahwa sakit mata akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Namun, gejala sakit mata dapat mengganggu kenyamanan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untuk meredakannya ada beberapa cara alami dalam mengobati sakit mata yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Berikut ini merupakan lima cara yang ampuh untuk mengobati mata merah secara alami yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Kamis (3/10).

1. Kompres Hangat

Cara pertama untuk mengobati sakit mata, yaitu dengan menggunakan kompres air hangat. Dengan melakukan cara tersebut, maka dapat mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering.

Selain itu, kompres hangat juga bisa merelaksasi otot mata serta mengurangi nyeri pada mata. Untuk cara penggunaannya, kamu dapat merendam kain ke dalam air hangat dan kompres ke mata yang sedang sakit selama 15 – 30 menit.

Lakukan cara tersebut sebanyak 2 – 3 kali sehari hingga sakit pada mata membaik.

2. Kompres Dingin

Tak jauh berbeda dengan kompres hangat, melakukan kompres dingin juga bisa digunakan untuk meredakan keluhan sakit mata.

Dengan kompres air dingin dapat meredakan ketidaknyamanan yang terkait dengan penyakit mata tertentu.

Saat kamu melakukan kompres dingin di sekitar mata yang kemerahan, maka akan membantu mengatasi peradangan yang terjadi.

Untuk menggunakannya, kamu dapat memasukkan es batu ke dalam kain lembut atau merendam kain ke dalam air dingin. Setelah itu, tempelkan pada area mata yang kemerahan.

3. Kantung Teh

Cara selanjutnya, yaitu dengan menggunakan kantung teh untuk dapat mengobati mata merah secara alami.

Perlu diketahui bahwa teh, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh chamomile mengandung antioksidan yang dipercaya dapat meredakan sakit pada mata, seperti mata bengkak, mata kering, dan mata merah.

Selain itu, teh juga mengandung flavonoid dan tanin yang dapat meredakan mata merah.

Untuk caranya, kamu dapat memasukkan kantung teh ke dalam lemari pendingin. Lalu gunakan kantung teh itu sebagai masker selama 15 – 30 menit.

4. Mentimun

Mentimun mengandung antibakteri yang dapat membantu mengurangi sakit mata. Selain itu, mentimun juga dapat memberikan efek yang menenangkan pada mata yang bisa mengurangi kemerahan yang terjadi.

Untuk caranya, kamu dapat mengiris tipis mentimun yang sudah didinginkan. Lalu tempelkan pada area mata yang sakit. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Saline atau Air Garam

Cara lain untuk mengobati sakit mata, yaitu dengan menggunakan saline atau air garam. Hal tersebut karena air garam memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan kuman penyebab infeksi pada mata.

Air garam juga baik digunakan untuk membersihkan mata dan mengatasi mata kering. Untuk menggunakan larutan saline. Kamu bisa meneteskan beberapa tetes larutan saline pada mata yang sakit sebanyak 3-4 kali sehari. Lalu bersihkan mata dengan tisu.

Kamu juga dapat menggunakan air garam untuk mengobati mata merah dengan cara campurkan 1 sdt garam ke dalam 1/2 liter air matang dingin. Lalu celupkan kapas dan usap mata kamu dari ujung sudut ke arah hidung. Lakukan cara tersebut beberapa kali hingga iritasi mata mereda.

Nah itu dia informasi mengenai lima cara yang ampuh untuk mengobati mata merah secara alami.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jangan #panik #cara #yang #ampuh #mengobati #mata #merah #secara #alami

KOMENTAR