2 Bacaan Sholawat Malam Jumat yang Dianjurkan, Penuh Keberkahan
sholawat malam jumat (freepik)
09:46
3 Oktober 2024

2 Bacaan Sholawat Malam Jumat yang Dianjurkan, Penuh Keberkahan

Malam Jumat memang punya keistimewaan tersendiri dalam Islam. Bagi banyak orang, malam ini menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan amalan. Salah satu amalan yang sering dianjurkan adalah membaca sholawat malam Jumat.

Membaca sholawat di malam Jumat bukan hanya menjadi bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, tapi juga sebagai bentuk cinta dan penghargaan kepada beliau. Malam Jumat menjadi momen spesial untuk melakukan amalan ini, karena pahalanya berlipat ganda dan membawa banyak manfaat baik di dunia maupun akhirat.

Bagi kamu yang mungkin jarang melafalkan sholawat, malam Jumat bisa jadi waktu yang pas untuk mulai membiasakan diri. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk meraih keberkahan di malam Jumat dengan memperbanyak sholawat.

Keutamaan Membaca Sholawat Malam Jumat

1. Dibalas 10 Kali Lipat

Salah satu keutamaan membaca sholawat di malam Jumat adalah Allah akan membalasnya dengan pahala yang dilipatgandakan sepuluh kali. Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan pahala besar hanya dengan melafalkan sholawat.

Baca Juga: 9 Amalan Malam Jumat Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

2. Dekat dengan Rasulullah SAW

Selain mendapatkan pahala berlipat ganda, orang yang memperbanyak membaca sholawat di malam Jumat akan mendapatkan kedudukan yang dekat dengan Rasulullah SAW di akhirat. Jadi, semakin sering kamu bersholawat, semakin besar pula peluangmu untuk mendekat kepada Rasulullah di akhirat kelak.

3. Memperoleh Syafaat di Hari Kiamat

Membaca sholawat di malam Jumat juga menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Ini adalah bentuk kasih sayang Rasulullah kepada umatnya, dan tentu menjadi amalan yang sangat berharga untuk dijalankan.

Kamu bisa mengamalkan sholawat nabi di bawah ini saat malam Jumat tiba.

Sholawat Ummi

اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، إنك حميد مجيد

Arab latin: Allahumma shalli 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aali Muhammad, kamaa shallaita 'alaa ibraahiima wa'alaa aali ibraahiim, wabaarik 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aali Muhammad, kamaa baarakta 'alaa ibraahiima wa'alaa aali ibraahiima, innaka hamidum majiid.

Baca Juga: Bolehkah Sholat Dhuha Jam 11? Ini Batasan Waktu Sesuai Syariat

Artinya: "Ya Allah, sampaikanlah shalawat pada Muhammad, Nabi yang ummi dan juga keluarga Muhammad, sebagaimana Kau sudah memberi rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Dan berilah keberkahan pada Muhammad, Nabi yang ummi dan juga keluarga Muhammad, sebagaimana Kau telah memberi keberkahan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Kau Maha Terpuji dan Mahamulia." (HR Ahmad, Ibnu Hibban, Daruquthni, dan Baihaqi)

Sholawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Bacaan latin:

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Itulah bacaan sholawat Malam Jumat beserta keutamaan membacanya secara rutin setiap malam Jumat.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #sholawat #malam #jumat #yang #dianjurkan #penuh #keberkahan

KOMENTAR