8 Cara untuk Mendapatkan Kedamaian Batin, Dimulai dengan Memberikan Afirmasi Positif Kepada Diri Sendiri
Ilustrasi menikmati pemandangan pantai. (Freepik)
19:32
2 Oktober 2024

8 Cara untuk Mendapatkan Kedamaian Batin, Dimulai dengan Memberikan Afirmasi Positif Kepada Diri Sendiri

Kedamaian batin adalah keadaan berupa ketenangan, penerimaan, dan kepuasan secara mendalam, yang berarti ketika Anda berada dalam kondisi ini, Anda akan merasa tidak mudah terganggu dan nyaman dengan segala hal, termasuk diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Memiliki kedamaian batin dapat mencegah perasaan hidup seperti bencana setiap kali mengalami masalah. Sebaliknya, ini akan membantu Anda agar tidak mudah terjatuh, memiliki pandangan jelas tentang masa depan, dan memungkinkan Anda untuk bergerak dengan percaya diri dan mempercayai bahwa segala sesuatu akan terjadi seperti yang seharusnya.

Kedamaian batin tidak datang begitu saja hanya dengan menginginkannya, ini adalah sesuatu yang harus diusahakan. Setiap manusia memiliki cerita hidup yang berbeda-beda, oleh karenanya jalan menuju kedalaman dari rasa ‘damai’ bisa saja tidak sama.

Meskipun demikian, upaya untuk bisa mencapai kedamaian adalah mungkin, terlepas dari bagaimana kisah hidup setiap orang, mencapai ketenangan dan penyembuhan sebenarnya bisa dipelajari. Dilansir dari Better Up, berikut adalah delapan cara untuk mendapatkan kedamaian batin:

1. Melakukan meditasi

Meditasi merupakan teknik menjernihkan pikiran untuk mempertajam fokus dan memusatkan perhatian mendalam, dengan cara memejamkan mata sambil mengatur pernapasan. Melakukan meditasi harian akan membantu seseorang untuk membangun pola pikir positif, serta mengatasi rasa takut dan kecemasan.

Anda bisa mulai dengan meditasi terpandu untuk mempelajari dasar-dasarnya, mereka akan membimbing Anda untuk fokus pada pernapasan yang penuh kesadaran. Seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa dan dapat melakukannya secara mandiri.

2. Kesadaran penuh dalam kehidupan sehari-hari

Mempraktikkan kesadaran penuh dapat mengubah pengalaman sehari-hari menjadi peluang untuk menemukan kedamaian batin. Sisihkan waktu selama 10 menit setiap hari untuk berlatih meditasi mindfulness, cari tempat yang tenang, istirahatkan pikiran Anda, hindari gangguan, dan jauhkan perangkat elektronik.

Latih diri Anda untuk hadir sepenuhnya dalam aktivitas sederhana seperti makan atau berjalan, sehingga Anda dapat menghargai setiap momen tersebut. Jika dibiasakan, sikap ini bukan hanya untuk menemukan kedamaian batin, tapi juga akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

3. Yoga dan tai chi

Melakukan aktivitas seperti yoga dan tai chi, dapat membantu Anda untuk menemukan kedamaian batin, gerakan ini memberikan beban minimal pada otot atau persendian tubuh, menggunakan gerakan lambat dan terarah yang membawa ketenangan dan kesadaran tubuh.

Banyak gerakan dari yoga dan tai chi yang melibatkan penyelarasan napas dan mempraktikkan kesadaran ruang, tindakan melepaskan emosi yang terpendam melalui penggabungan antara pikiran dan tubuh. Praktik ini tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga mendukung kesejahteraan emosional.

4. Mengutamakan tidur dan pola makan sehat

Pola tidur yang cukup dan berkualitas sangat berperan penting untuk stabilitas emosional. Ketika seseorang tidak mendapatkan cukup tidur, dia mungkin akan menjadi mudah marah dan lelah secara fisik, dan ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup, serta kombinasikan dengan diet yang seimbang. Makanan yang kita konsumsi memberi energi bagi pikiran dan memengaruhi kemampuan kognitif, untuk itu konsumsi makanan yang membantu Anda berkonsentrasi. Dengan tidur yang cukup dan pola makan sehat, Anda akan lebih terbantu untuk mendapatkan kesejahteraan dan kedamaian batin.

5. Olahraga

Aktif berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, serta memberikan nutrisi dan oksigen ke sel-sel otak, saat berolahraga tubuh kita juga akan melepaskan hormon endorfin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit dan memberikan energi positif pada tubuh.

Temukan rutinitas yang memungkinkan Anda bergerak dengan penuh kesadaran, baik itu jogging pagi ataupun yoga malam, karena aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda meningkatkan kedamaian batin.

6. Terhubung dengan alam

Aktivitas luar ruangan yang berbasis alam dapat memberikan dampak mendalam pada kesejahteraan mental. Ada sebuah praktik di Jepang yang dikenal sebagai "forest bathing" ini adalah proses relaksasi dengan cara bersikap tenang dan hening di antara pepohonan, serta mengamati alam di sekitar sambil menarik napas dalam-dalam.

Anda bisa mencoba pergi ke hutan atau ke pantai, gunakan panca indra Anda untuk merasakan alam, seperti menyentuh daun-daun, merendam kaki di sungai atau sekedar menikmati pemandangan matahari terbenam.

Terlibat dalam aktivitas tersebut dapat membantu orang dewasa maupun anak-anak menghilangkan stres serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan dengan cara yang alami, ini adalah sebuah metode penyembuhan.

7. Afirmasi dan rasa syukur

Afirmasi positif dapat memperkuat harga diri, serta menumbuhkan cinta terhadap diri sendiri, ini adalah cara lain untuk membawa lebih banyak kedamaian ke dalam hidup Anda. Bicaralah hal-hal baik kepada diri sendiri, terimalah pikiran-pikiran yang membangkitkan semangat, katakan bahwa Anda berharga, cerdas, dan layak dicintai.

Mengembangkan rasa syukur juga dapat membawa perubahan pada perspektif seseorang. Mulailah membiasakan diri untuk sering menunjukkan rasa syukur terhadap hal-hal baik dalam hidup Anda, seperti bersyukur dengan adanya kesehatan, keluarga, teman, atau sekedar adanya cuaca cerah di hari itu. Kebiasaan untuk menghargai setiap kebahagiaan kecil dalam hidup cenderung membuat orang lebih bahagia dan sehat.

8. Menghabiskan waktu dengan orang tercinta

Membangun dan mempertahankan hubungan dengan keluarga dan teman sangat penting untuk kesehatan mental. Ketika seseorang merasa kesepian dan menarik diri dari koneksi sosial, ini dapat meningkatkan kemungkinan merasa rendah diri dan isolasi lebih lanjut yang pada akhirnya akan menyebabkan stres atau depresi.

Luangkan waktu untuk interaksi bermakna dengan keluarga atau sahabat guna melawan perasaan kesepian dan menciptakan rasa komunitas, dengan adanya hubungan yang sehat, serta memiliki orang-orang terpercaya untuk berbagi pengalaman dapat memberikan kenyamanan dan pemahaman yang besar, pun dapat menciptakan rasa kedamaian batin.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #untuk #mendapatkan #kedamaian #batin #dimulai #dengan #memberikan #afirmasi #positif #kepada #diri #sendiri

KOMENTAR