Tanggal 11 Oktober Diperingati Sebagai Hari Apa?
11 Oktober diperingati sebagai hari apa (Freepik)
21:12
28 September 2024

Tanggal 11 Oktober Diperingati Sebagai Hari Apa?

Bulan Oktober merupakan bulan ke-10 dalam kalender Masehi. Pada bulan ini, ada beberapa hari besar, salah satunya pada tanggal 11 Oktober. Lantas 11 Oktober diperingati sebagai hari apa? Berikut ini informasinya.

Diketahui, pada bulan Oktober ini tidak ditemukan hari peringatan nasional. Namun, ada beberapa hari besar atau perayaan yang biasa diperingati secara nasional maupun internasional seperti pada tanggal 11 Oktober.

Nah untuk mengetahui tanggal 11 Oktober diperingati sebagai hari apa, mari simak berikut ini informasinya yang dilansir dari berbagai sumber.

Tanggal 11 Oktober Hari Apa?

Pada tanggal diperingati Hari Anak Perempuan Internasional atau dikenal juga dengan International Day of The Girl. Peringatan ini bertujuan untuk mengatasi buruknya kesempatan belajar, serta menghilangkan kekerasan dan diskriminasi pada anak perempuan.

Baca Juga: 1 Oktober Hari Apa? Ketahui Sejarah di Balik Hari Kesaktian Pancasila

Adapun Hari Anak Perempuan Internasional ini berawal pada tahun 1995 dalam Konferensi Dunia tentang perempuan yang berlangsung di Beijing, Cina. Dalam konferensi ini hadir perwakilan dari berbagai Negara.

Meski dirancang sejak 1955, Namun Hari Anak Perempuan Internasional baru diresmi  pada tahun 2011 oleh PBB, tepatnya pada tanggal 19 Desember 2011. Setiap remaja perempuan pun memiliki hak untuk mendapatkan kehidupan yang aman, sehat, dan terdidik

Selain Hari Anak Perempuan Internasional, pada tanggal 11 Oktober juga diperingati sebagai Hari Menghentikan Bullying Nasional atau National Stop Bullying Day. Pada hari peringatan ini, siswa-siwa di sekolah mendapat sosialisasi tengan  bullying.

Seperti yang diketahui, bullying menjadi masalah serius di banyak Negara. Dengan adanya hari peringatan ini, semoa para orangtua, guru dan orang-orang di sekitar dapat membantu mengatasi masalah bullying.

Lalu ada juga Hari Perawat Darurat yang juga diperingati pada 11 Oktober. Pada hari peringatan ini berbagai acara pun digelar diberbagai belahan dunia. Ini sebagai wujud rasa terima kasih dan support bagi perawat darurat.

Baca Juga: 12 Drama Korea Tayang Oktober 2024, Hellbound Siap Kembali dengan Season 2!

Hari peringatan perawat Darurat ini pertama kali diperingati tahun 2001. Asosiasi Perawat Darurat merayakan peringatan ini satu minggu penuh. Adapun Asosiasi Perawat Darurat ini berdiri sejak 1970 dan sampai saat ini anggotanya sudah mecapai 44.000 di seluruh dunia.

Pada 11 Oktober juga diperingati sebagai Hari Libur Gadi Hitam atau Black Girl Day Off di Amerika Serikat. Hari peringatan ini bertujuan untuk mendorong  para perempuan kulit hitam agar memiliki hari libur agar bisa fokus kesehatan mental mereka.

Demikian ulasan mengenai 11 Oktober diperingati sebagai hari apa lengkap dengan penjelasan singkatnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #tanggal #oktober #diperingati #sebagai #hari

KOMENTAR