Adu Pendidikan Bonnie Triyana dan Tia Rahmania: Sejarawan vs Dosen Psikologi
Kolase Tia Rahmania dan Bonnie Triyana. [Instagram]
18:06
26 September 2024

Adu Pendidikan Bonnie Triyana dan Tia Rahmania: Sejarawan vs Dosen Psikologi

Tia Rahmania, anggota DPR terpilih dari Dapil 1 Banten harus merelakan kursinya diserahkan ke sosok Bonnie Triyana. Adapun Tia Rahmania baru saja dipecat dari PDI Perjuangan (PDIP) sehingga tak bisa dilantik sebagai anggota dewan.

"Bonnie Triyana. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Menggantikan calon terpilih atas nama Tia Rahmania (peringkat suara sah ke I, nomor urut 2). Tia Rahmania tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR," bunyi surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), dikutip Kamis (26/9/2024).

Keputusan ini sontak membuat publik kaget, terlebih diumumkan menjelang pelantikannya pada 1 Oktober 2024. Padahal sebelumnya Tia Rahmania sukses mendulang 37.359 suara dan berada di peringkat teratas untuk perolehan suara terbanyak bagi PDIP.

Tapi, posisi Tia Rahmania kini digantikan oleh Bonnie Triyana yang memperoleh suara sebanyak 36.516. Karena kabar ini, pendidikan Tia Rahmania dan Bonnie Triyana pun ikut disorot.

Baca Juga: Bukan Karena Kritik KPK! PDIP Ungkap Alasan Sebenarnya Pecat Tia Rahmania

Dengan latar pendidikan mereka, kira-kira siapa yang lebih layak untuk duduk di Senayan? Bonnie dengan pendidikannya di bidang sejarah, atau Tia Rahmania yang punya kompetensi di bidang psikologi?

Pendidikan Tia Rahmania: Dosen psikologi jadi politisi

Tia Rahmania Dipecat PDIP Karena Apa (Instagram)Tia Rahmania Dipecat PDIP Karena Apa (Instagram)

Kendati dipecat oleh partai, Tia Rahmania punya pendidikan yang tak kaleng-kaleng. Politisi asal Palangkaraya ini mendalami ilmu kejiwaan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2001.

Tak cukup dengan gelar S1 Psikologi, Tia Rahmania kembali melanjutkan studinya untuk jenjang S2 di kampus yang sama. Selepas lulus S2, Tia mengabdi sebagai dosen psikologi di Universitas Paramadina.

Kala berkarier di Universitas Paramadina, Tia Rahmania beberapa kali menjabat posisi mentereng seperti  Sekretaris Prodi Psikologi Universitas Paramadina dan Kepala Prodi Psikologi Universitas Paramadina.

Baru pada penghujung kariernya sebagai akademisi, Tia memutuskan banting setir ke dunia politik dan bergabung dengan PDI Perjuangan.

Baca Juga: Tia Rahmania Dipecat PDIP Karena Apa? Posisinya Digantikan Bonnie Triyana

Tia terbilang 'hoki' di partai karena sempat menjabat posisi mentereng sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Bidang Ekonomi Kreatif.

Pendidikan Bonnie Triyana: Sejarawan masuk partai banteng

Sejarawan Bonnie Triyana. (X/@bonnietriyana)Sejarawan Bonnie Triyana. (X/@bonnietriyana)

Senasib dengan Tia Rahmania, Bonnie Triyana juga bukan berasal dari latar belakang politik. Bonnie merupakan tamatan Jurusan Sejarah Universitas Diponegoro, Semarang dan Pascasarjana Sejarah di Universitas Indonesia.

Sejarawan asal Rangkasbitung, Banten ini akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan PDIP setelah menjajal karier sebagai seorang peneliti sejarah.

Sebelum terjun ke politik, Bonnie Triyana terlibat dalam berbagai proyek sejarah, seperti meringkas kompilasi pidato Soekarno bersama Budi Setiyono dan terlibat dalam restorasi gedung Sarekat Islam di Semarang.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #pendidikan #bonnie #triyana #rahmania #sejarawan #dosen #psikologi

KOMENTAR