Ketahui Berat Badan Ideal Kucing Berdasarkan Usianya, Cek Apakah Anabulmu Sudah Sesuai?
Ilustrasi kucing (Freepik.com)
16:58
26 September 2024

Ketahui Berat Badan Ideal Kucing Berdasarkan Usianya, Cek Apakah Anabulmu Sudah Sesuai?

Berat badan seekor kucing tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur kesehatannya, berbadan kurus belum tentu mengidap penyakit, sebaliknya memiliki badan gempal juga tidak berarti mereka sehat.

Sama halnya seperti manusia, kucing yang memiliki badan terlalu kurus atau terlalu gemuk rentan mengalami masalah kesehatan.

Adanya perbedaan ras juga dapat mempengaruhi ukuran dan beban anabul, sehingga tidak ada berat ideal kucing secara umum.

Bulu tebal yang dimiliki tipe ras membuat kita kesulitan untuk mengetahui apakah tubuh mereka kurus atau gemuk, karena badannya tertutup bulu tebal. Untuk itu perlu dilakukan penimbangan menggunakan mesin timbang.

Meskipun penimbangan berat badan hewan peliharaan sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan, namun kita juga bisa melakukan pemeriksaan ciri fisik untuk mengetahui anabul memiliki tubuh kurus, ideal, ataupun berat berlebih (obesitas).

Berdasarkan infografis sistem kondisi tubuh yang dilansir dari laman goddardvetgroup.co.uk, berikut cara mengukur tubuh ideal kucing dari ciri fisiknya:

Terlalu kurus

Kucing berbulu pendek akan lebih mudah untuk diobservasi, karena bentuk tubuhnya bisa dilihat. Mereka yang masuk kategori terlalu kurus memiliki ciri:

Tulang rusuk, belakang, dan tulang panggul terlihat jelas

Lebar pinggang sangat kecil

Minimnya masa otot pada tubuh

Hampir tidak memiliki lemak dibagian tulang rusuk dan perut

Terlalu gemuk

Ciri hewan dengan berat badan berlebih biasanya mudah dilihat dengan kasat mata, karena mereka memiliki ciri fisik yang menonjol, seperti perut yang sangat besar (buncit).

Mereka cenderung lebih malas bergerak akibat beban badannya yang berat, jika hal ini terjadi tentu akan mengakibatkan obesitas. Karakteristik kucing kegemukan, yaitu:

Bagian tubuh seperti tulang rusuk sulit untuk disentuh karena tertutup lemak

Pinggang hampir tidak terlihat akibat perut yang membesar

Lemak menumpuk di bagian perut

Berat ideal

Semua cat owner pasti menghadapkan peliharaan mereka memiliki berat yang ideal, bahkan beberapa diantaranya memberikan suplemen khusus untuk hewan agar kucingnya dapat tumbuh dengan baik.

Anabul kategori ini biasanya memiliki fitur tulang rusuk yang tidak terlihat, namun bisa dipegang/rasakan.

Bentuk lekukan pinggangnya terlihat jelas, serta perutnya yang minim lemak. Jika kucingmu memiliki ciri tersebut artinya beratnya tergolong ideal.

Dilansir pada laman hellosehat.com, kucing domestik dan himalaya berat idealnya 3.6 hingga 4.5 kg, sedangkan persia 3.2 sampai 5.4 kilogram.

Berdasarkan usianya, anak kucing yang berusia 1 hingga 5 bulan memiliki berat rata-rata 150-350 gram, sedangkan kucing dewasa yaitu 3.6 sampai 4.5 kilogram.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ketahui #berat #badan #ideal #kucing #berdasarkan #usianya #apakah #anabulmu #sudah #sesuai

KOMENTAR