Alami Masalah Jerawat? Ini 9 Buah dan Sayur Bantu Kulit Redakan Jerawat dan Makanan Apa yang Harus Dihindari
Memilih makanan yang tepat bisa menghindari diri dari terkena jerawat. (Sasha Clinic)
14:34
26 September 2024

Alami Masalah Jerawat? Ini 9 Buah dan Sayur Bantu Kulit Redakan Jerawat dan Makanan Apa yang Harus Dihindari

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat.

Minyak, kotoran, dan sel kulit mati di permukaan kulit Anda menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat atau infeksi kecil yang terlokalisasi.

Jerawat biasanya datang ketika pola hidup sedang tidak sehat, misalnya ketika sedang stress, pola tidur tidak teratur, atau ketika pola makan yang kekurangan nutrisi.

Mengutip Exposed Skincare, dijelaskan bahwa pola makan yang baik sangat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit Anda.

Banyak orang yang berjuang melawan jerawat, sampai masalah kulit lain yang sulit dikendalikan.

Kulit bersih dan halus tanpa jerawat adalah dambaan setiap orang. Jika jerawat datang di kulit Anda, memang bisa diatasi dengan produk perawatan kulit.

Namun, perlu diketahui bahwa pemenuhan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda juga merupakan faktor yang sangat memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Beberapa makanan yang bisa memberikan nutrisi kepada kulit berasal dari sayuran maupun buah-buahan.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah-buahan di bawah ini juga juara dalam memerangi jerawat, karena kaya akan antioksidan, vitamin, dan senyawa bermanfaat lainnya.

Berikut 9 buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi untuk memperbaiki kulit berjerawat Anda, mengutip rekomendasi dari Healthline.

1. Buah-buahan beri

Buah-buahan seperti strawberry, raspberry, dan juga blueberry memiliki nutrisi yang sangat baik sekali untuk kulit.

Buah-buahan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang juga bisa ditemukan dalam paprika, kiwi, dan brokoli.

Mengkonsumsi buah beri dapat membantu mengurangi peradangan, faktor utama penyebab jerawat.

Selain itu, buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang penting untuk memproduksi kolagen, protein yang menjaga kulit Anda tetap kencang dan sehat.

Sementara antioksidan dapat melawan bintik-bintik hitam di kulit dan melindungi dari paparan matahari.

Tips mengonsumsi: Anda bisa menjadikan buah-buahan beri sebagai salad atau mencampurnya dengan oatmeal atau yogurt.

2. Jeruk atau Lemon

Buah-buahan sitrus, terutama jeruk dan lemon, sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah jerawat.

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membuat kulit menjadi bersih dengan membantu kulit Anda memproduksi kolagen.

Selain itu, sifat antioksidan dari buah jeruk dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu melawan radikal bebas.

Tips mengonsumsi: Peras jeruk atau lemon segar ke dalam segelas air hangat dan minum dengan perut kosong setiap pagi untuk mendapatkan kulit yang cerah.

3. Pepaya

Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain, yang memiliki banyak manfaat kuat untuk kulit, misalnya mengelupas sel-sel kulit mati, membersihkan bekas jerawat, dan menghidrasi kulit.

Selain itu, pepaya juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti: vitamin A, C, K, B, termasuk folat, kalium, magnesium, kalsium yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menghilangkan tampilan keriput. keriput.

Tips mengonsumsi: Pepaya bisa dimakan secara langsung dengan dipotong kecil-kecil atau dijadikan sebagai smoothies.

4. Kembang Kol

Sayuran yang sering ditemui di sup ini mengandung asam amino kuat yang disebut histidin.

Terlalu banyak sinar matahari dapat memperburuk flek hitam yang sudah ada, tetapi histidin mencegah sinar UV yang berbahaya itu merusak kulit Anda.

Selain itu, diperkirakan satu cangkir kembang kol juga mengandung: serat, vitamin B6, C dan K, folat, fosfor, magnesium.

Tips mengonsumsi: Anda dapat mengukus, menumis, merebus kembang kol dan menjadikannya sebagai lauk dalam menu makanan sehari-hari.

5. Kacang-kacangan

Apa kesamaan dari buncis, kacang merah, lentil, dan kacang tanah? Kacang-kacangan ini rendah glikemik, sehingga dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih konsisten dan lebih sedikit jerawat yang muncul.

Tips mengonsumsi: Di Indonesia cara paling umum untuk mengolah kacang-kacangan adalah dengan membuat sayuran berkuah atau semur.

6. Labu

Labu ternyata memiliki kandungan nutrisi zinc dan asam alfa hidroksi yang tinggi, Zinc membantu mengatur jumlah produksi minyak.

Labu kuning dapat melembutkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH. Itulah mengapa Anda juga dapat menemukannya di banyak masker dan produk exfoliasi.

Tips mengonsumsi: Anda dapat membuat adonan pancake dengan labu atau juga membuat sayur.

Makanan apa yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang berjerawat? Melansir Cutis Dermatology, beberapa makanan di bawah ini dapat menambah jerawat dan masalah kulit lainnya.

Pertama, makanan-makanan yang mengandung produk susu. Misalnya susu, permen, keju, dan yogurt, karena adanya hormon dan senyawa lain yang dapat meningkatkan produksi minyak dan mendorong pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Kemudian makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang tinggi dan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang dapat memperburuk jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Lalu makanan berbahan cokelat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan ini.

Terakhir, makanan olahan ultra proses. Makanan olahan ultra proses seringkali mengandung gula, garam tinggi, dan bahan-bahan buatan yang dapat memperparah jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #alami #masalah #jerawat #buah #sayur #bantu #kulit #redakan #jerawat #makanan #yang #harus #dihindari

KOMENTAR