Doa Meluluhkan Hati Dosen Sebelum dan Saat Sidang Skripsi Agar Lancar
Ilustrasi berdoa (Freepik) - doa meluluhkan hati dosen agar skripsi lancar
06:44
23 Januari 2024

Doa Meluluhkan Hati Dosen Sebelum dan Saat Sidang Skripsi Agar Lancar

Meluluhkan hati dosen memang merupakan salah satu tantangan bagi setiap mahasiswa. Mendapatkan nilai bagus dan berperilaku terpuji tentu menjadi beberapa caranya. Namun selain itu, jangan lupa membaca doa meluluhkan hati dosen.

Memiliki hubungan yang baik dengan dosen bisa mempermudah urusan Anda dalam berbagai hal. Mulai dari bergabung di kelasnya hingga kemudahan sidang skripsi. Selain itu, apakah kalian sudah tahu bacaan doa meluluhkan hati dosen?

Doa Meluluhkan Hati Dosen

Jika bertemu dosen killer atau kiranya kurang bersahabat, mulailah membaca berbagai doa berikut.

1. Doa meluluhkan hati dosen sebelum sidang

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja'altahu sahlan wa anta taj;alul huzna idzaa syita sahlan.

Artinya: Ya Allah, tiada sesuatu yang mudah kecuali memang Engkau yang mudahkannya dan engkaulah yang menjadikan segala sesuatu yang slit menjadi mudah jika Engkau kehendaki (HR. Ibnu Hibba dan Ibnu Sunni).

2. Doa supaya mudah berbicara di depan dosen


رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul‘uqdatam mil lisaani yafqohuu qoulii.

Artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, serta lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

3. Doa meluluhkan dosen memberikan persetujuan sidang

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waja’alna lil muttaqina imama."

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah pada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

Doa ini bisa diucapkan untuk mendapatkan restu dan persetujuan dari dosen penguji.

4. Doa meluluhkan hati dosen di sidang skripsi

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa ana abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahu kama layyantal hadiida lidawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhu fi yadikka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rokhimin.

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia tidak akan bicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang

Semoga dengan merutinkan doa-doa ini, peneliti dapat menghadapi sidang skripsi dengan penuh keyakinan dan mendapatkan keberkahan serta keridhaan dari dosen penguji.

Selalu ingatlah bahwa doa adalah senjata utama bagi setiap individu yang berjuang mencapai kesuksesan dalam segala hal. Seperti itulah 

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #meluluhkan #hati #dosen #sebelum #saat #sidang #skripsi #agar #lancar

KOMENTAR