Datang ke KPK Tapi Ngaku Bukan Pejabat, Kaesang Bisa Bikin Rafael Alun Balas Dendam dari Penjara
Kolase Kaesang Pangarep dan Rafael Alun. [Kolase Instagram/Suara.com]
10:08
18 September 2024

Datang ke KPK Tapi Ngaku Bukan Pejabat, Kaesang Bisa Bikin Rafael Alun Balas Dendam dari Penjara

Kehadiran Kaesang Pangarep ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (12/9/2024) bermaksud untuk mengklarifikasi perihal penggunaan jet pribadi.

Dalam kedatangannya tersebut, Kaesang Pangarep mengaku hadir sebagai warga biasa.

"Kedatangan saya ke KPK sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," ujar putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia ini mengaku bahwa pesawat jet Gulfstream yang ia gunakan menuju Amerika adalah tumpangan dari teman.

Baca Juga: Tarif Jet Pribadi yang Ditebengi Kaesang Pangarep Lebih Murah dari Pesawat Komersil?

"Saya mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat yang numpang atau bahasa bekenya nebeng lah. Nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang.

Pengakuan Kaesang yang mengaku mengklarifikasi isu gratifikasi dan datang ke KPK bukan sebagai pejabat mengingatkan publik akan sosok Rafael Alun.

Diketahui, Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo berakhir kariernya karena ulah sang anak.

Akhir karir Rafael Alun bermula dari aksi sang anak, Mario Dandy terjerat kasus penganiayaan. Dari kasus viral tersebut, terungkap bahwa anak Rafael Alun kerap mengendarai mobil mewah dan flexing harta kekayaannya.

Kemewahan yang dipamerkan Mario Dandy membuat harta kekayaan Rafael Alun pun dikulik. Pasalnya, ia merupakan pejabat eseon III yang jumlah gajinya tak wajar untuk harta kekayaan yang ia miliki.

Baca Juga: Tiket Jet Pribadi Kaesang Pangarep Rp90 Juta, Warganet: Kok Lebih Mahal Harga Business Class Pesawat Komersil?

Berdasarkan kejanggalan ini, KPK mengusut harta kekayaan Rafael Alun. Hasilnya, Rafael Alun didakwa menerima gratifikasi dari wajib pajak senilai Rp16,6 miliar dan tindak pencucian uang senilai Rp100 miliar.

Bukan cuma Rafael Alun yang kena batunya, sang istri Ernie Meike Torendek juga sama-sama didakwa menerima gratifikasi.

Selain itu adik Rafael Alun, anak, dan ibunya juga terseret dalam dakwaan JPU.

Apa yang terjadi kepada Rafael Alun dan keluarganya ini lantas disangkutpautkan dengan pengakuan Kaesang. Netizen menganggap KPK tak adil jika mengamini ucapan Kaesang bahwa ia bukan penyelenggara negara sehingga ia bisa bebas dari tudingan gratifikasi.

"Rafael Alun apes doang tuh punya anak songong," sindir komika Sammy Notaslimboy.

"Rafael Alun bisa nggak ya menuntut ke pengadilan, atas perlakuan yang tidak adil hehe," tulis netizen.

"Ayo dukung Rafael Alun buat nuntut KPK yang tebang pilih," ujar netizen.

"Bahkan seorang ketum partai nggak ngerti definisi gratifikasi," imbuh netizen.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #datang #tapi #ngaku #bukan #pejabat #kaesang #bisa #bikin #rafael #alun #balas #dendam #dari #penjara

KOMENTAR