Fakta Menarik Elang Jawa: Inspirasi Burung Garuda yang Terancam Punah
Burung Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). (Dok. Istimewa/SEGS)
19:06
17 September 2024

Fakta Menarik Elang Jawa: Inspirasi Burung Garuda yang Terancam Punah

Elang Jawa adalah salah satu satwa endemik Indonesia yang terancam punah, dengan status endangered menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Keberadaan burung yang kerap dianggap sebagai lambang Garuda ini semakin terancam akibat hilangnya habitat alami serta perburuan liar.

Elang Jawa adalah simbol kekayaan alam Indonesia yang harus dijaga keberlangsungannya melalui upaya konservasi dan perlindungan habitat. Untuk itu, kita simak bersama fakta-fakta Elang Jawa yang disadur dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2024).

1. Spesies Endemik Indonesia

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah spesies burung pemangsa yang hanya ditemukan di pulau Jawa, Indonesia. Burung ini menjadi simbol penting keanekaragaman hayati Indonesia dan sering dianggap sebagai representasi dari lambang negara, Garuda.

Baca Juga: Serba-serbi Landak Jawa, Satwa Dilindungi Bikin Nyoman Sukena Terancam Penjara

Burung Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). (Dok. Istimewa/SEGS)Burung Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). (Dok. Istimewa/SEGS)

2. Status Terancam Punah

Elang Jawa terdaftar sebagai spesies "Terancam Punah" (Endangered) oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Populasinya menurun drastis akibat hilangnya habitat, deforestasi, dan perburuan liar.

3. Habitat Asli

Elang Jawa biasanya hidup di hutan pegunungan dengan ketinggian 300 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut. Mereka lebih sering terlihat di wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan beberapa taman nasional lainnya di Jawa.

4. Peran dalam Ekosistem

Baca Juga: Apa Itu Landak Jawa? Pria di Bali Terancam Dipenjara Gara-Gara Pelihara Satwa Dilindungi Ini

Sebagai predator puncak, Elang Jawa berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Mereka membantu mengontrol populasi hewan kecil seperti tikus dan burung, sehingga mengurangi risiko kerusakan pertanian.

5. Inspirasi Burung Garuda

Burung ini memiliki ukuran sedang dengan panjang tubuh mencapai 60-70 cm. Bulu di bagian kepala memiliki jambul yang menyerupai mahkota, mirip dengan burung elang lainnya, yang memberi mereka tampilan gagah dan mengesankan.

Bisa dikatakan, Elang Jawa merupakan salah satu inspirasi lambang Burung Garuda yang menjadi simbol negara Indonesia.

6. Pentingnya Pelepasliaran Elang Jawa

Untuk menjaga populasinya, berbagai program pelepasliaran dan konservasi terus dilakukan. Salah satu inisiatif penting baru-baru ini datang dari Star Energy Geothermal Salak, Ltd. (SEGS) yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (BTNGHS).

Pada Senin (16/9/2024), SEGS melepasliarkan seekor Elang Jawa betina bernama Sally di area operasional mereka. Pelepasliaran ini menjadi bagian dari komitmen SEGS dan BTNGHS dalam melestarikan keanekaragaman hayati, serta sekaligus menjadi agenda rangkaian The 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024, di mana SEGS bertindak sebagai tuan rumah.

Keberhasilan program pelepasliaran Elang Jawa sangat bergantung pada dukungan ekosistem yang memadai serta partisipasi aktif berbagai pihak. Menurut Kepala BTNGHS, Budhi Chandra, kolaborasi ini adalah langkah nyata dalam menjaga kelestarian alam dan keanekaragaman hayati. Keberhasilan jangka panjang konservasi Elang Jawa akan memastikan bahwa spesies ini tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang biak secara alami di habitatnya.

"Total selama kurun waktu 11 tahun, SEGS bersama Balai TNGHS telah melepasliarkan sebanyak sembilan ekor elang. Bahkan tahun lalu, kawasan SEGS juga telah dipilih menjadi pelepasliaran dua ekor Elang Brontok dan satu ekor Macan Tutul Jawa. Ini semua merupakan buah dari inisiatif pelestarian lingkungan yang telah kami lakukan secara konsisten selama ini,” jelas Irwan Januar, Kepala Teknik Panas Bumi SEGS, dalam keterangan yang diterima .

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #fakta #menarik #elang #jawa #inspirasi #burung #garuda #yang #terancam #punah

KOMENTAR