Bahaya Keseringan Jogging Pakai Earphone
Ilustrasi jogging. (pixabay)
14:31
17 September 2024

Bahaya Keseringan Jogging Pakai Earphone

Jogging merupakan aktivitas berlari dengan kecepatan yang lebih lambat dan lebih santai dibandingkan dengan berlari biasa.

Tujuan utama dari jogging untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan tekanan yang lebih rendah pada tubuh dibandingkan dengan berlari cepat, tetapi lebih dari berjalan kaki.

Jogging juga dapat digunakan sebagai pemanasan sebelum berlari atau sebagai pendinginan setelah berlari, serta sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan jantung.

Banyak orang biasanya jogging sambil mendengarkan musik lewat earphone. Namun, keseringan jogging menggunakan earphone dapat membahayakan kesehatan telinga dan pendengaran. Berikut beberapa bahaya yang terkait:

1. Infeksi Telinga

Earphone dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, menyebabkan infeksi telinga karena kotoran telinga yang menumpuk dan bakteri yang menyebar.

2. Sakit Telinga

Penggunaan earphone yang terlalu lama dapat menyebabkan sakit telinga karena kebisingan berlebih yang ditransmisikan langsung ke telinga.

3. Gangguan Pendengaran

Penggunaan earphone dengan suara melebihi 85 desibel dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen. Selain itu, penggunaan di atas 15 menit juga berisiko memicu gangguan pendengaran.

4. Vertigo

Peningkatan tekanan di liang telinga karena suara keras dari earphone dapat menyebabkan vertigo, yaitu kondisi yang membuat penderitanya pusing dan merasa sekelilingnya seperti berputar.

5. Kehilangan Pendengaran

Penggunaan earphone yang terlalu sering dan dengan volume suara yang terlalu keras dapat merusak sel-sel saraf pendengaran, menyebabkan kehilangan pendengaran.

Untuk menjaga kesehatan telinga dan pendengaran, disarankan untuk tidak menggunakan earphone saat jogging dengan volume yang terlalu tinggi dan untuk membersihkan earphone secara rutin. Selain itu, pastikan untuk mendengarkan suara lingkungan sekitar untuk menghindari kecelakaan.

Editor: Suhardiman

Tag:  #bahaya #keseringan #jogging #pakai #earphone

KOMENTAR