7 Ciri Orang Mudah Kehilangan Teman, Bagi yang Suka Pinjam tapi Tidak Dikembalikan Silakan Baca
Ilustrai seseorang yang ditinggalkan temannya. (Bing)
12:10
17 September 2024

7 Ciri Orang Mudah Kehilangan Teman, Bagi yang Suka Pinjam tapi Tidak Dikembalikan Silakan Baca

- Kehilangan teman mungkin menjadi salah satu masalah besar bagi seseorang karena bisa terus menghantui pikirannya. Akar dari permasalahan ini kerap berasal dari perilaku seseorang yang menjengkelkan, namun masalahnya hal tersebut ia ia tak sadar dan merasa hanya hal biasa.

Padahal perilakunya tanpa disengaja dapat menyakiti temannya, menyebabkannya menjaga jarak dan menjauh. Mengidentifikasi ciri-ciri ini bisa membantu kita menjaga hubungan lebih baik. Ini bukan tentang membuat orang lain menjauh, tapi aksi-aksi dari perilaku kecil yang terus-menerus dapat merusak persahabatan.

Dilansir dari Global English Editing, terdapat perilaku-perilaku yang tanpa disadari dapat membuat seseorang kehilangan teman. Mengetahuinya bisa membantu kita menjaga hubungan lebih baik.

1. Menganggap Remah Kepercayaan

Kepercayaan adalah pondasi dari segala hubungan, terutama persahabatan. Ketika sudah membuat janji, maka teman sudah percaya dengan kita.

Namun, sayangnya banyak orang yang meremehkan kepercayaan. Terlalu sering meminjam uang atau barang tanpa mengembalikannya tepat waktu dapat menciptakan trust issue.

Banyak yang tak menyadari, setiap kali janji dilanggar, semakin banyak kepercayaan yang hilang, yang melemahkan persahabatan tersebut.

2. Tak Punya Empati

Empati adalah kunci untuk membuat persahabatan yang awet. Namun, mereka yang terus kehilangan teman seringkali tak sadar kehilangan sifat ini.

Ketika teman menghadapi masalah berat, sementara kita acuh tak acuh sebab kurangnya empati dapat merusak hubungan pertemanan.

Kabar baiknya, empati adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan. Mengenal kurangnya empati dalam diri adalah langkah awal membangun pertemanan yang sehat.

3. Bersikap Terlalu Kritis

Kritis terhadap mungkin adalah tanda kita peduli dengan teman kita. Namun, jika terlalu berlebihan pertemanan jadi lebih terkesan saling menghakimi daripada mendukung satu sama lain.

Bersikap terlalu kritis tanpa disadari dapat membuat turunnya kepercayaan diri dan kebahagiaan temannya. Usahakan memberikan feedback yang membangun, selalu mengkritik yang apa yang salah dapat membuat teman Anda merasa tidak dihargai dan diremehkan.

4. Terlalu Self-Centered

Pertemanan adalah soal keseimbangan. Akan tetapi beberapa orang merasa dirinya adalah pusat dunia—semuanya tentang aku.

Mereka mendominasi percakapan, selalu membicarakan masalah, pengalaman, dan kesuksesannya. Tanpa disadari hal ini dapat membuat temannya lelah.

Dalam pertemanan yang solid, harus sama-sama merasa didengar dan dihargai. Perhatikan seberapa banyak porsi bicara dan tunjukkan ketertarikan yang sebenarnya pada cerita teman kita.

5. Perhitungan

Memang ambigu poin ini. Beberapa orang sering memakai alasan ini kepada temannya ketika ditagih uang atau barang yang ia pinjam. Tapi perhitungan lebih seperti sebuah transaksi. Setiap kebaikan harus selalu dibalas lunas.

Persahabatan sejati bukanlah tentang mencatat siapa yang berutang kepada siapa. Ini adalah tentang saling hadir untuk satu sama lain tanpa mengharapkan imbalan.

6. Mengabaikan Persahabatan

Persahabatan juga butuh waktu dan usaha untuk berkembang. Mereka kerap lupa event penting sahabatnya atau jarang bercengkrama. Sehingga membuat teman mereka merasa diabaikan dan tidak dihargai. Persahabatan adalah tentang komitmen bersama.

7. Tak Minta Maaf jika Salah

Mengetahui bagaimana cara meminta maaf ketika salah adalah bagian terbesar dalam persahabatan. Ketika permintaan maaf diabaikan, hal itu dapat teman merasa tak dihargai dan tak penting. Meminta maaf tak membuat kita lemah. Justru menunjukan kita peduli dan tak hanyut dalam ego. Mengakui kesalahan Anda akan memperkuat ikatan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ciri #orang #mudah #kehilangan #teman #bagi #yang #suka #pinjam #tapi #tidak #dikembalikan #silakan #baca

KOMENTAR