7 Tanda dan Ciri-ciri Pria Kurang Percaya Diri dalam Sebuah Hubungan, Apa Sajakah?
Ilustrasi pria yang kurang percaya diri dalam sebuah hubungan (Freepik/wayhomestudio)
14:38
16 September 2024

7 Tanda dan Ciri-ciri Pria Kurang Percaya Diri dalam Sebuah Hubungan, Apa Sajakah?

- Dalam sebuah hubungan, kepercayaan diri dapat menjadi faktor penentu yang memperkuat atau mempererat hubungan antara pasangan.

Namun, tidak semua pria memasuki hubungan dengan rasa percaya diri yang utuh. Beberapa pria bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang menunjukkan rasa tidak aman.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman Hack Spirit, Senin (16/9), tujuh tanda atau ciri-ciri perilaku tertentu yang mungkin menandakan kurangnya rasa percaya diri pada pria.

1. Dia terus-menerus mencari validasi

Jika seorang pria selalu mencari validasi dalam suatu hubungan, itu bisa menjadi tanda bahwa ia kurang percaya diri. Mengapa? Karena orang yang percaya diri tahu harga dirinya.

Mereka yang memiliki rasa percaya diri tidak membutuhkan orang lain untuk terus-menerus meyakinkan mereka tentang harga diri atau kemampuan mereka.

Jika dia selalu mencarinya dalam setiap percakapan, setiap pesan teks, setiap tatapan mata, ini merupakan indikasi bahwa dia tidak sepenuhnya percaya pada harga dirinya sendiri.

2. Dia menghindari konfrontasi

Menghindari konflik tampak seperti hal yang baik, tetapi hal ini juga dapat menunjukkan bahwa dia kurang percaya diri untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara terbuka.

3. Dia terlalu protektif atau suka mengontrol

Ketika dia mulai ingin tahu semua gerakanmu, dengan siapa kamu berbicara, apa yang sedang kamu lakukan, dan kapan kamu akan pulang. Ini bukan lagi tindakan peduli atau melindungi, ini masalah kendali.

Mengapa ia merasa perlu mengendalikan Anda? Hal ini biasanya berasal dari rasa takut, takut kehilangan, takut tidak mampu, takut digantikan. Semua ketakutan ini adalah gejala kurangnya rasa percaya diri.

4. Dia mudah cemburu

Ada perbedaan antara kecemburuan normal dengan kecemburuan yang nampaknya muncul dalam setiap interaksi. Pria yang sering kali terlalu pencemburu mungkin memperlihatkan kurangnya rasa percaya diri.

Rasa cemburu muncul karena takut dibandingkan, khawatir bahwa dirinya tidak memenuhi syarat atau mungkin akan digantikan. Ketakutan ini merupakan gejala klasik dari harga diri yang rendah.

5. Dia selalu mengutamakan kebutuhan Ada sebelum kebutuhannya sendiri

Sekilas, hal ini tampak seperti sifat yang positif, sebagai bentuk perhatian dari pasangan. Akan tetapi, selalu mendahulukan orang lain daripada diri sendiri dapat menandakan rendahnya rasa percaya diri.

Menemukan keseimbangan adalah kuncinya. Memenuhi kebutuhan satu sama lain merupakan bagian dari hubungan yang sehat, namun perawatan diri tidak boleh diabaikan.

6. Dia menghindari pembuatan keputusan

Ketidakmampuan dalam mengambil keputusan dapat menjadi tanda rendahnya rasa percaya diri, yang mencerminkan keengganan untuk bertanggung jawab karena takut gagal atau dihakimi.

Biasanya, ia selalu menghindari membuat pilihan, entah itu memilih tempat makan, memilih film untuk ditonton, atau bahkan mempertimbangkan rencana masa depan.

7. Dia kesulitan mengekspresikan emosinya

Mengekspresikan emosi dapat menjadi tantangan, terutama dalam masyarakat yang sering kali menghambat pria menunjukkan kerentanan.

Kesulitan mengekspresikan perasaan, entah itu kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, atau cinta, dapat menandakan rendahnya rasa percaya diri.

Kekhawatiran tentang bagaimana orang lain akan menilai dirinya atau ketakutan akan penolakan dan penghakiman mungkin menjadi penyebabnya.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tanda #ciri #ciri #pria #kurang #percaya #diri #dalam #sebuah #hubungan #sajakah

KOMENTAR