6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok Untuk Diet
Ilustrasi Telur Rebus (Unsplash/Tamanna Rumee)
14:30
22 Januari 2024

6 Camilan Rendah Kalori yang Cocok Untuk Diet

 – Camilan atau makanan ringan memang enak dikonsumsi saat waktu luang. Tapi, camilan juga bisa menambah berat badan jika dimakan terus menerus dalam jumlah yang banyak.

Namun, untuk Anda yang sedang diet, ada lho camilan rendah kalori. Tak hanya enak, tapi juga aman dikonsumsi karena memiliki 100 kalori per sajian bahkan lebih rendah.

Beberapa jenis camilan rendah kalori uga kaya akan serat dan protein yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak tergiur untuk mencoba camilan lain yang kalorinya jauh lebih besar.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa jenis camilan rendah kalori yang enak dan cocok untuk dinikmati saat sedang diet.

  1. Telur rebus

Kandungan kalori dari satu telur rebus adalah sekitar 78 kalori dan selain itu, telur rebus juga berprotein tinggi, memiliki lemak sehat, vitamin A, vitamin B12, selenium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain mengkonsumsinya secara langsung, memadukan telur rebus dengan bahan makanan lain akan membuat rasanya makin nikmat, seperti dengan sayuran yang direbus, kacang-kacangan, atau keju rendah lemak.

Jika sedang ingin mengurangi kolesterol, maka lebih baik hanya mengkonsumsi bagian putih telurnya yang mengandung lebih banyak kolesterol.

  1. Apel

Apel adalah buah atau camilan yang identic dengan diet, dikarenakan apel yang berukuran sedang sekitar 100 gram mengandung kalori sekitar 52, yang membuatnya aman dikonsumsi jika ingin melakukan diet. Namun jika bosan memakan apel saja secara langsung, menambahkan sesuatu seperti selai kacang murni akan membuatnya lebih enak.

Pasalnya, karena selai kacang murni tinggi akan protein dan lemak sehat yang membuat seseorang menahan rasa lapar mereka. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan menambahkan selai kacangnya dan hanya dianjurkan sebanyak 1 sendok makan saja agar camilan yang dinikmati tetap rendah kalori.

  1. Kacang almond

Segenggam atau sekitar 14 biji kacang almond panggang mengandung kurang dari 100 kalori. Karena hal itu, kacang ini begitu populer dijadikan camilan rendah kalori dan disukai banyak pelaku diet. Selain itu, kacang almond juga tinggi akan serat dan protein sehingga bisa menunda rasa lapar.

  1. Edamame

Camilan ini banyak ditemukan di restoran Jepang dan merupakan sumber protein nabati. Selain tinggi akan protein, kalori yang dikandung di dalamnya cukup rendah, yaitu sekitar 75 kalori per 42 gram atau 1/3 gelas edamame, sehingga cocok untuk dijadikan camilan rendah kalori dan agar rasanya tidak membosankan, tambahkan garam sedikit agar lebih nikmat.

  1. Stroberi dan Greek yoghurt

Campuran buah stroberi dan Greek yoghurt rendah lemak juga bisa dijadikan sebagai camilan rendah kalori dan sering dikonsumsi oleh pelaku diet. Pasalnya, dalam 100 gram atau sekitar 5 buah stroberi ukuran sedang, kalori yang dikandung hanya sekitar 32 kalori. Sementara itu, ½ gelas atau 100 gram Greek yoghurt rendah lemak tanpa perasa hanya mengandung 73 kalori.

  1. Madu dan Greek yoghurt

Selain stroberi, Greek yoghurt juga bisa dipadukan dengan madu. Cukup campuran ½ gelas Greek yoghurt rendah lemak dengan 1 sendok teh madu, lalu bekukan sebentar di lemari es agar teksturnya menyerupai es krim. Kalori yang dikandung dari camilin ini hanya sekitar 84 kalori.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #camilan #rendah #kalori #yang #cocok #untuk #diet

KOMENTAR