Alternatif Susu Sapi untuk Program Makan Gratis, Susu Ikan Terbuat Dari Apa?
Ilustrasi susu ikan terbuat dari apa (Freepik)
15:46
11 September 2024

Alternatif Susu Sapi untuk Program Makan Gratis, Susu Ikan Terbuat Dari Apa?

Baru-baru ini susu ikan sedang ramai jadi perbincangan publik. Pasalnya, dikabarkan susu ikan akan jadi alternatif pengganti susu sapi dalam 'Program Makan Gratis'. Hal ini pun lantas menimbulkan tanya, susu ikan terbuat dari apa? Berikut ini penjelasannya.

Diketahui, Program ‘Makan Siang Gratis” ini program yang dicanangkan oleh Prabowo Subianto. Program ini bertujuan untuk menyediakan asupan gizi terhadap 82,9 juta orang, termasuk untuk ibu hamil dan anak sekolah.

Namun program tersebut sedikit terkendala karena ketersediaannya susu sapi karena jumlahnya yang terbatas dalam nergi. Atas alasan ini, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) atau ID Food saat ini sedang mengkaji penggunaan susu ikan sebagai alternatif susu sapi.

Seiring dengan pemberitaan susu ikan yang akan jadi alternatif sebagai pengganti susu api, tak sedikit publik yang bertanya-tanya, susu ikan terbuat dari apa? Nah untuk mengetahui kandungannya, berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Apa Itu Susu Ikan, Viral Gara-Gara Disebut Prabowo Subianto Bakal Jadi Alternatif Susu Sapi

Susu Ikan Terbuat dari Apa?

Sebelum mengetahui kandungan susu Ikan, mari simak terlebih dulu apa itu susu ikan. Jadi susu ikan ini merupakan produk diversifikasi pangan, terutama di bidang perikanan. Adapun proses pembuatannya yaitu ikan diperoses menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan HPI.

HPI (Hidrolisat Protein Ikan) inilah yang nantinya menjadi bahan baku untuk pembuatan susu ikan. Kemudian HPI diolah untuk menghasilkan produk minuman yang berprotein tinggi. Itu artinya, susu ikan ini bukan susu yang dihasilkan oleh ikan.

Sebenarnya, produk susu ikan ini lebih tepat disebut minuman berprotein yang berbahan dasar ikan. Adapun istilah ‘susu’ ini sengaja digunakan karena minuman ini mempunyai karakter yang mirip susu yang berasal  dari perahan hewan mamalia.

Susu ikan ini bisa dikonsumsi banyak kalangan, dari mulai anak-anak hingga dewasa. Selain itu, susu ikan  juga diklaim tidak mengeluarkan bau amis meskipun berasal dari olahan ikan. Untuk cita rasanya, susu ikan juga terbilang enak untuk dikonsumsi

Baca Juga: Apa Itu Susu Ikan?, Protein yang Dianggap Lebih Baik dibanding Susu Sapi untuk Program Makan Gratis

Sebagai informasi tambahan, ikan mengandung nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Adapun kandungan di dalamnya yaitu zat besi, protein, hingga Omega-3. Susu ikan juga diklaim bebas alergen yang membuatnya aman dikonsumsi.

Meskipun susu ikan ini jadi sumber protein alternatif, namun, masih butuh penelitian lebih lanjut guna memastikan keamanan, efektivitas, serta kesesuaiannya sebagai minuman pengganti susu sapi untuk program makan bergizi gratis.

Demikian ulasan mengenai susu ikan terbuat dari apa lengkap dengan kandungannya yang perlu diketahui.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #alternatif #susu #sapi #untuk #program #makan #gratis #susu #ikan #terbuat #dari

KOMENTAR