Pakar Gizi Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Susu Ikan, Bisa Picu Alergi?
Dua siswa sekolah dasar menunjukkan produk susu ikan pada acara peluncuran produk di Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023). [Dok.Antara]
10:10
11 September 2024

Pakar Gizi Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Susu Ikan, Bisa Picu Alergi?

Dietisien atau ahli gizi dari RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta, Fitri Hudayani, menyampaikan bahwa susu ikan dapat menjadi pilihan sumber protein hewani yang sehat.

Menurutnya, keunggulan ikan sebagai sumber protein terletak pada kandungan lemak baik dan omega 3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

"Ikan memiliki jenis lemak baik dan merupakan sumber omega 3 yang mendukung pertumbuhan otak serta kesehatan secara keseluruhan," ungkap Fitri, Selasa (10/9/2024).

Meski begitu, produsen susu ikan masih terbatas, sehingga ketersediaannya perlu diperhatikan bagi mereka yang ingin mengonsumsinya secara rutin.

Fitri juga mengingatkan bahwa meski susu ikan mengandung nutrisi yang baik, konsumen harus berhati-hati terhadap potensi alergi. Sama halnya seperti susu sapi, susu ini juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang, terutama yang memiliki riwayat alergi terhadap protein ikan.

Selain itu, penerimaan masyarakat terhadap rasa dan aroma susu ikan juga perlu dipertimbangkan. Fitri menyatakan bahwa tidak semua orang mungkin menyukai rasa dari susu berbahan dasar ikan ini.
"Penerimaan terhadap rasa dan aromanya perlu dipertimbangkan, karena mungkin tidak semua orang menyukainya," ujarnya.

Fitri menjelaskan bahwa ada berbagai bentuk sediaan ekstrak ikan yang tersedia di pasaran, seperti kapsul atau tepung ikan, yang biasanya digunakan sebagai suplemen protein bagi mereka yang membutuhkan asupan lebih, seperti orang dengan status gizi kurang atau pasien penyakit infeksi.

Meskipun susu ikan bisa menjadi alternatif yang kaya nutrisi, Fitri menekankan pentingnya pola makan yang bervariasi. Menurutnya, susu ikan saja tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi tubuh.

"Yang penting adalah memastikan variasi makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan gizi seimbang, terutama bagi anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui," katanya. (antara)

Editor: Riki Chandra

Tag:  #pakar #gizi #ungkap #kelebihan #kekurangan #susu #ikan #bisa #picu #alergi

KOMENTAR