Bacaan Niat Puasa 10 Rajab 2024, Bacalah Malam Ini Sebelum Tidur
niat puasa 10 rajab 2024 (Freepik)
22:13
21 Januari 2024

Bacaan Niat Puasa 10 Rajab 2024, Bacalah Malam Ini Sebelum Tidur

Bulan Rajab sebentar lagi akan memasuki hari ke 10. Pada hari tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa Sunnah. Lantas, apa bacaan niat puasa 10 Rajab 2024? Simak ulasannya berikut ini.

Diketahui, bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Bulan Rajab ini termasuk bulan haram atau bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum) bersama dengan bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Itulah mengapa pada bada bulan Rajab dianjurkan agar umat Islam melaksanakan amalan-amalan baik, termasuk melaksanakan puasa sunnah 10 Rajab. Tahun ini, puasa 10 Rajab bertepatan dengan tanggal 22 Januari 2024.

Nah bagi yang akan melaksanakan puasa 10 Rajab, jangan lupa untuk membaca niatnya terlebih dulu. Adapun bacaan niat puasa 10 Rajab 2024 yakni sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى   

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillahi ta‘alaa.   

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah ta‘ala.”   

Membaca niat puasa Rajab bisa dilakukan pada malam hari sebelum berpuasa atau bisa juga saat sahur. Namun jika lupa untuk membaca niat pada malam hari atau pada saat sahur, maka bacaan niatnya bisa dibaca pada siang hari. Adapun bacaannya niatnya sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i syahri rajaba lillahi ta’ala.   

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah ta’ala.”   

Doa Buka Puasa Rajab

Saat berbuka puasa, disunnahkan juga untuk membaca doa buka puasa. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Keutamaan Bulan Rajab

Salah satu keutamaan bulan Rajab yaitu termasuk empat bulan yang dimuliakan (Asyhurul Hurum) bersama dengan bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.  Ini tertuang dalam surat QS. At Taubah ayat 36 yang bunyi ayatnya sebagai berikut:

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu." (QS At Taubah: 36)

Keutamaan bulan Rajab berikutnya yaitu bulan berlangsungnya Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada 27 Rajab. Adapun Isra Miraj ini merupakan peristiwa penting dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dalam semalam dari Makkah ke Yerusalem dan ke langit ketujuh.

Adapun keutamaan bulan Rajab berikutnya yaitu jika melaksanakan puasa pada bulan Rajab, maka akan dibukakan pintu surge untuknya sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim berikut ini

"Bahwasanya di surga ada sebuah sungai Rajab, airnya putih melebihi susu, manis melebihi madu, siapa yang puasa sehari di bulan Rajab, pasti Allah memberinya minum dari sungai (bengawan) tersebut."

Demikian ulasan mengenai niat puasa 10 Rajab 2024 lengkap dengan keistimewaan bulan Rajab. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #niat #puasa #rajab #2024 #bacalah #malam #sebelum #tidur

KOMENTAR