Putri DA Dapat Uang Panai Rp2 Miliar Usai Dinikahi Bos Tambang, Untuk Apa Sih?
Putri DA bersama calon mertua, Haji Alwi Ruslan. (Instagram/sucigolekk2)
09:23
21 Januari 2024

Putri DA Dapat Uang Panai Rp2 Miliar Usai Dinikahi Bos Tambang, Untuk Apa Sih?

Pernikahan pedangdut Putri Isnari alias Putri DA dengan bos tambang menyita perhatian publik. Apalagi perempuan berusia 20 tahun itu menerima uang panai total Rp 2 miliar. Uang apa itu dan apa syaratnya?

Fakta pemberian uang panai Rp 2 miliar itu, diungkap langsung calon mertua Putri DA, Haji Alwi Ruslan yang menyinggung uang panai saat lamaran pada Juli 2023 lalu.

"Putri menyampaikan, ini mohon maaf, hanya uang yang akan diberikan ke Putri sejumlah permintaan dua miliar," tutur Haji Alwi Ruslan dikutip dari TikTok yaadz34 pada Sabtu (20/1/2024).

Profil Putri DA (Instagram/@da4_putri03)Profil Putri DA (Instagram/@da4_putri03)

Disebutkan juga uang panai diberikan bukan dengan alasan gengsi, tapi berisi harapan agar anak dan menantunya bahagia saat membina rumah tangga.

"Saya akan wujudkan apa pun dan bagaimana pun supaya anak saya keduanya akan bahagia. Semoga harapan kita bersama anak-anak ini selalu bahagia," lanjutnya.

Pengertian uang panai

Melansir Jurnal Yaqzhan karya Mutakhiran dan Irma pada 2020, menjelaskan uang panai adalah salah satu tradisi asal suku Makassar, yang jadi bagian dari suku Bugis.

Tidak seperti saat ini yang diberikan hanya sebagai syarat atau tradisi, uang panai pada hakikatnya adalah sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada perempuan bangsawan dari seorang laki-laki yang akan meminang perempuan berdarah biru.

Sehingga singkatnya uang panai yaitu harga yang dikeluarkan untuk membeli darah perempuan bangsawan.

Syarat memberi uang panai

Lantaran uang panai hanya diberikan untuk menikahi perempuan berdarah bangsawan, maka perempuan yang bukan keturunan bangsawan tidak bisa mendapatkan uang panai dari lelaki yang hendak meminangnya.

Uang panai cenderung diperhatikan masyarakat bisa menentukan proses kelancaran pernikahan. Ini karena nominal uang panai harus lebih besar jumlahnya dari nominal mahar. Alhasil, banyak yang menilai uang panai lebih penting dibanding dengan mahar.

Menariknya, ternyata uang panai mempengaruhi diterima atau dibatalkannya lamaran pernikahan. Apabila uang panai yang diminta mampu dipenuhi, maka bisa jadi kehormatan keluarga perempuan. Kehormatan yang dimaksud yaitu penghargaan dari pengantin lelaki ke pengantin perempuan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #putri #dapat #uang #panai #miliar #usai #dinikahi #tambang #untuk

KOMENTAR