Intip Gaya Peampilan dan Makna Pakaian dari Masing-masing Capres pada Debat ke-3 Pilpres 2024 
Capres nomor urut satu Anies Baswedan, capres nomor urut dua Prabowo Subianto dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo beradu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
16:40
8 Januari 2024

Intip Gaya Peampilan dan Makna Pakaian dari Masing-masing Capres pada Debat ke-3 Pilpres 2024 

 

 

Gaya penampilan Calon Presiden (Capres) saat Debat ke-3 Pilpres 2024, Minggu (7/1), dinilai Pengamat Mode dan Perancang Busana Indonesian Fashion Chamber (IFC), Lisa Fitria sebagai cara berkomunikasi dengan masyarakat terkait langkah politiknya.

Paslon 3, Ganjar-Mahfud tampak eye catching dengan tampilan tematik ‘Top Gan’.

Tampilan ini amat terpengaruhi oleh gaya busana Tom Cruise di Film Top Gun yang berlatar para tentara yang bertugas di Stasiun Udara untuk Angkatan Laut AS.

Penampilan tersebut diperkuat dengan dipakainya bomber berwarna hijau tua dengan berbagai patch sebagai aksen.

Patch-patch tersebut bertuliskan berbagai slogan yang ditawarkan Ganjar – Mahfud, seperti ‘Sat – Set’, ‘Tas – Tes’, ‘Geopolitik Progresif, ‘Kuliah Gratis Anak Prajurit dan Bhayangkara’, dan ‘Modernisasi Pertahanan Sakti’.

"Gaya mereka itu memang konsisten tematik, karena tema debat ketiga ini lebih membahas pertahanan nasional, hubungan internasional dan geopolitik maka itu juga yang membuat mereka mengambil military look,” ucapnya dikutip dari Antara.

Gaya kekinian ini dinilai Lisa sebagai upaya memikat para pemilih muda di Pemilu 2024.

Sementara itu, Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, tampil konsisten dengan setelan jas hitam dan kemeja putih seperti biasanya.

Ia menilai gaya ini memberikan pandangan awam kesan pejabat publik secara global saat acara resmi.

"Ia artinya memang memposisikan diri dengan gaya formal untuk menunjukkan beliau adalah birokrat dan negarawan yang sejajar dengan pejabat dari negara-negara lainnya. Itu alasannya untuk konsisten menggunakan jas seperti dalam acara-acara resmi," katanya.

Namun, pada debat kali ini, Anies tak menggunakan peci hitam yang dinilainya sebagai pesan ingin menggaet massa yang lebih luas.

“Untuk menggaet suara dari pengikut non Islam karena kan rakyat Indonesia memang dari beragam agama juga," ucapnya.

Sedangkan, Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto juga memberikan kesan konsisten dengan tampil simpel mengenakan kemeja biru langit yang dipadu dengan celana hitam.

Lisa mengatakan tampilan ini dinilai untuk meningkatkan kesan merakyat dan sederhana serta menggaet suara pemilih muda. Pakaian kasual dan sederhana dianggap sebagai gaya andana anak muda saat ini.

"Nah karena wakil dari Prabowo juga generasi muda, maka gaya kasual dan simpel ini dipilih untuk bisa mencitrakan gue tuh tua umur tapi cara berpikirnya tetap muda. Maka dari itu dia tampil dengan gaya seperti itu yang menjadi komunikasi penting dalam politik beliau," katanya.

Gaya penampilan tersebut juga dipandang melekat dengan Presiden RI, Joko Widodo yang sering tampil dengan kemeja putih dan bercelana hitam.

Dengan begitu ia menilai ingin menunjukkan jika Prabowo akan melanjutkan program berkelanjutan Jokowi.

Sementara, warna biru langit dipilih Prabowo-Gibran juga bermakna kesetiaan, keterbukaan, dan kebebasan sesuai dengan pesan politik yang diusungnya.

Saat debat Pilpres 2024 ronde ke-3 yang dilaksanakan di Istora Senayan, Minggu (7/1) Komisi Pemilihan Umum (KPU) memposisikan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo di podium tengah.

Posisi kiri Ganjar ialah podium Capres nomor urut 1, Anies Baswedan sementara di kanan ialah Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Posisi ini berbeda dengan debat perdana yang diurutkan sesuai nomor urut.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengatakan penataan tersebut dilakukan agar semua peserta Pilpres mendapatkan giliran posisi podium.

"Ketika tadi kesempatan bicara kan, ya begitu. Jadi menatanya posisi karena sesuai dengan giliran atau urutan bicara pertama," ucapnya.

Ia pun menuturkan jika hal tersebut telah disepakati oleh semua tim pasangan calon (Paslon).

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #intip #gaya #peampilan #makna #pakaian #dari #masing #masing #capres #padadebat #pilpres #2024

KOMENTAR