Tegang! Kapal Penjaga Pantai China dan Filipina Bertabrakan di Perairan yang Disengketakan
Potret kerusakan pada Kapal Filipina usai bertabrakan dengan kapal China. (Suara.com/ via X/ OSINTdefender)
16:32
19 Agustus 2024

Tegang! Kapal Penjaga Pantai China dan Filipina Bertabrakan di Perairan yang Disengketakan

Pada Senin pagi, kapal penjaga pantai China dan Filipina terlibat tabrakan di Laut China Selatan, menyebabkan kerusakan pada setidaknya dua kapal. Insiden ini terjadi di dekat Sabina Shoal, sebuah atol yang diperebutkan di Kepulauan Spratly, yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan. Tidak ada laporan tentang korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kedua belah pihak saling menyalahkan atas tabrakan tersebut. Penjaga pantai China menuduh Filipina dengan sengaja menabrakkan salah satu kapalnya ke kapal China. Menurut pernyataan dari juru bicara penjaga pantai China, kapal-kapal Filipina memasuki perairan dekat Sabina Shoal dan mengabaikan peringatan dari kapal penjaga pantai China sebelum sengaja menabrak salah satu kapal China pada pukul 3:24 pagi.

"Filipina sepenuhnya bertanggung jawab atas tabrakan ini," kata juru bicara Gan Yu.

"Kami memperingatkan pihak Filipina untuk segera menghentikan pelanggaran dan provokasi ini, jika tidak, mereka akan menanggung semua konsekuensi yang timbul."

Baca Juga: Sinopsis The Blossoming Love, Drachin Historical Romance Terbaru Vin Zhang

Di sisi lain, Jonathan Malaya, asisten direktur jenderal Dewan Keamanan Nasional Filipina, menuduh penjaga pantai China menyebarluaskan disinformasi terkait tabrakan tersebut. Menurut Malaya, rekaman video dan foto yang diambil oleh wartawan TV AS menunjukkan bahwa kapal-kapal China yang menyebabkan tabrakan terbaru tersebut.

Menurut Pernyataan dari Gugus Tugas Nasional Filipina untuk Laut Filipina Barat, dua kapal penjaga pantai Filipina, BRP Bagacay dan BRP Cape Engaño, mengalami "maneuver yang melanggar hukum dan agresif" dari kapal-kapal penjaga pantai China saat menuju Pulau Patag dan Lawak, yang dikuasai oleh pasukan Filipina di wilayah yang diperebutkan.

"Maneuver berbahaya ini mengakibatkan tabrakan yang menyebabkan kerusakan struktural pada kedua kapal penjaga pantai Filipina," bunyi pernyataan tersebut.

BRP Cape Engaño mengalami lubang berdiameter sekitar 12,7 cm pada dek kapal, sementara BRP Bagacay ditabrak dua kali pada sisi kiri dan kanan kapal oleh kapal China yang berbeda, menyebabkan kerusakan struktural yang signifikan.

Komodor Jay Tarriela dari penjaga pantai Filipina menyebutkan bahwa kerusakan struktural ini adalah yang terbesar yang pernah mereka alami akibat tindakan berbahaya dari penjaga pantai China. "Kami tetap teguh dalam tanggung jawab kami untuk memastikan keselamatan dan keamanan domain maritim kami," tegasnya.

Baca Juga: Ada The Lady Commander, Ini 3 Drama China Zhao Jia Min yang Tayang 2024 di WeTV

Sabina Shoal, yang terletak sekitar 140 kilometer barat Pulau Palawan di Filipina, telah menjadi titik api baru dalam sengketa teritorial antara China dan Filipina. Filipina telah mengerahkan kapal patroli utama, BRP Teresa Magbanua, ke Sabina setelah ilmuwan Filipina menemukan timbunan karang yang hancur, menimbulkan kecurigaan bahwa China mungkin bersiap membangun struktur di atol tersebut.

Insiden terbaru ini terjadi setelah Filipina dan China mencapai kesepakatan bulan lalu untuk mencegah konfrontasi lebih lanjut saat Filipina mengangkut pasukan pengawas baru serta makanan dan pasokan ke pos teritorial mereka di Second Thomas Shoal, yang telah diawasi ketat oleh kapal penjaga pantai, angkatan laut, dan kapal diduga milisi China. Meskipun kesepakatan ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan, insiden terbaru kembali mengguncang hubungan antara kedua negara.

Sementara itu, China terus berselisih dengan banyak negara di Asia-Pasifik mengenai klaim maritimnya, termasuk hampir seluruh Laut China Selatan, sebuah jalur air strategis yang kaya sumber daya. Beijing menolak putusan arbitrase PBB tahun 2016 yang membatalkan klaimnya di Laut China Selatan dan tetap bersikeras pada klaim teritorialnya.

Editor: Bella

Tag:  #tegang #kapal #penjaga #pantai #china #filipina #bertabrakan #perairan #yang #disengketakan

KOMENTAR