Peringatan Tsunami Sempat Berbunyi, Gempa 7.0 SR Guncang Lepas Pantai Rusia
Ilustrasi gempa bumi. (Shutterstock)
12:40
18 Agustus 2024

Peringatan Tsunami Sempat Berbunyi, Gempa 7.0 SR Guncang Lepas Pantai Rusia

Gempa bumi dengan kekuatan 7,0 skala richter terjadi di lepas pantai Semenanjung Kamchatka di timur Rusia pada Minggu pagi waktu setempat, menurut layanan pemantauan gempa regional.

Kementerian darurat setempat mengatakan gempa dirasakan di sepanjang pantai termasuk di ibu kota wilayah tersebut, Petropavlovsk-Kamchatsky.

“Tim operasional penyelamat dan pemadam kebakaran sedang memeriksa gedung-gedung,” kata Kementerian Darurat Rusia cabang regional di wilayah Kamchatka melalui Telegram.

Ilustrasi gempa bumi - Apakah gempa bumi bisa diprediksi? (Tumisu/Pixabay)Ilustrasi gempa bumi - Apakah gempa bumi bisa diprediksi? (Tumisu/Pixabay)

Gempa bumi terjadi pada kedalaman hampir 50 kilometer (30 mil) tepat setelah pukul 7:00 pagi waktu setempat, sekitar 90 kilometer sebelah timur Petropavlovsk-Kamchatsky, menurut laporan Survei Geologi Amerika Serikat.

Baca Juga: Ukraina Klaim Kuasai Kota Kunci Energi Rusia

Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS awalnya mengeluarkan ancaman tsunami, namun kemudian menyatakan ancaman tersebut telah berlalu. Pemerintah setempat tidak pernah mengeluarkan peringatan tsunami.

Beberapa gempa susulan tercatat setelah gempa awal, namun intensitasnya lebih rendah, lapor Layanan Geofisika Terpadu Rusia cabang Kamchatka di situs webnya.

Semenanjung ini terletak di sabuk seismik aktif yang mengelilingi sebagian besar Samudera Pasifik yang dikenal sebagai "Cincin Api", dan merupakan rumah bagi lebih dari dua lusin gunung berapi aktif.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #peringatan #tsunami #sempat #berbunyi #gempa #guncang #lepas #pantai #rusia

KOMENTAR