Hari Kelabu bagi Ukraina, Serangan Mematikan Rusia Eliminasi Peluncur Roket HIMARS dan Rudal Patriot
Peluncur roket HIMARS. Rusia mengatakan serangan mereka sepanjang Jumat kemarin berhasil eliminasi HIMARS dan batrei Rudal Patriot Ukraina dari medan perang. 
16:10
17 Agustus 2024

Hari Kelabu bagi Ukraina, Serangan Mematikan Rusia Eliminasi Peluncur Roket HIMARS dan Rudal Patriot

- Pertempuran Rusia dan Ukraina kian sengit. Rusia membalas kampanye militer Ukraina yang belakangan masif hingga masuk teritorial mereka.

Dalam serangan yang digelar sepanjang Jumat kemarin, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim, pihaknya berhasil menghancurkan batrei sistem pertahanan udara Patriot milik Ukraina.

Tak hanya Patriot, rudal Rusia juga disebut berhasil menghancurkan sebuah sistem Arhanud IRIS-T Jerman di dua wilayah Ukraina.

Pengumuman Kemhan Rusia ini disertai dua video yang memperlihatkan keberhasilan kampanye militer mereka.

Video pertama Kementerian Pertahanan (MOD) menunjukkan rekaman drone pengintaian dari dua peluncur Patriot dan stasiun radar AN/MPQ-65, di sebuah lapangan dekat Lyubimovka di Wilayah Dnepropetrovsk.

Lapangan itu kemudian dihantam oleh bom tandan dari rudal Iskander-M.

Stasiun radar tersebut terlihat meledak. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa kedua peluncur itu juga "hancur total".

Video kedua dilaporkan direkam di dekat Zhelobok, juga di Wilayah Dnepropetrovsk.

Posisi Ukraina terdiri dari tiga peluncur Patriot dan radar AN/MPQ-65 lainnya.

Salah satu peluncur terlihat melepaskan dua rudal sebelum serangan Iskander menghujani lapangan dengan bom cluster. Dua peluncur dan radar hancur total, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Video ketiga menunjukkan peluncur IRIS-T buatan Jerman dan kendaraan radar TRLM-4D, yang beroperasi di dekat kota Sennoe di Wilayah Sumy Ukraina sebelum rudal Iskander-M lainnya tiba di posisi mereka.

Ketiga serangan itu direkam oleh pesawat nirawak pengintai, yang beroperasi jauh di dalam Ukraina tanpa halangan yang jelas.

Dikembangkan oleh kontraktor militer AS Raytheon, sistem ‘Patriot’ telah diiklankan sebagai salah satu pertahanan udara paling efektif di Barat sejak Perang Teluk 1991, ketika dilaporkan berhasil menembak jatuh rudal balistik Irak.

Menurut spesifikasi yang dirilis ke publik, sistem ini dapat menyerang target pada jarak hingga 160 km dan ketinggian hingga 24 km.

Baterai Patriot biasanya terdiri dari beberapa peluncur, kendaraan radar, dan truk “pembangkit listrik”, dan dilayani oleh hingga 90 personel.

Seperti diketahui, AS dan sekutunya telah mengirim sejumlah sistem pertahanan udara yang tidak disebutkan jumlahnya ke Ukraina, menyusul permintaan Vladimir Zelensky untuk membantu Kiev menghadapi serangan udara Rusia.

Hancurkan HIMARS

Di waktu yang sama, Rusia juga menyebut pihaknya berhasil menghancurkan dua peluncur HIMARS di Kursk.

"Pasukan Rusia menembakkan dua rudal hipersonik secara berurutan dan menghancurkan dua peluncur roket HIMARS buatan AS yang digunakan Ukraina di wilayah Sumy," ujar kementerian pertahanan negara tersebut.

Rekaman udara menunjukkan gumpalan asap abu-abu tebal di langit setelah Rusia menembakkan dua rudal ke pasukan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan peluncur roket Ukraina menembakkan rentetan rudal ke pasukan Rusia sebelum mereka menembakkan rudal dan mengenai HIMARS M142.

Rusia juga mengklaim telah menyerang enam pod pengisian ulang roket dan dua kendaraan dinas.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah posting di Telegram: "Dua peluncur HIMARS MLRS buatan AS, yang digunakan untuk menembaki wilayah Kursk, dihancurkan di wilayah pemukiman Miropillia, wilayah Sumy.

"Rekaman tersebut menunjukkan ledakan, peledakan amunisi, kebakaran, dan lepasnya sebuah roket.

"Dua serangan rudal dilancarkan ke posisi terbuka HIMARS MLRS Amerika. Sebagai akibat dari serangan tersebut, dua peluncur HIMARS MLRS, sebuah kendaraan pengangkut, dan dua paket tambahan (12 roket) hancur."

HIMARS, yang secara resmi dikenal sebagai Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142, adalah peluncur bergerak ringan yang dipasang pada kendaraan militer dan telah terbukti menjadi senjata yang tangguh di Ukraina melawan pasukan Rusia.

Sejak tiba pada bulan Juni, pasukan Kyiv telah menggunakannya untuk menyerang depot amunisi, jembatan, dan target utama lainnya dalam upaya untuk menghalangi kemampuan Rusia untuk memasok kembali pasukan di negara tersebut.

HIMARS membawa satu pod dengan roket Sistem Roket Peluncur Ganda enam sisi atau satu rudal ATACMS.

Sebelumnya, Ukraina terus maju dan merebut ratusan mil persegi wilayah Rusia dalam serangan asing paling signifikan di tanah Rusia sejak Perang Dunia II.

Gelombang tentara Ukraina menerobos pertahanan Rusia untuk menyeberangi perbatasan dari Sumy ke Kursk pada 6 Agustus.

Kolonel Jenderal Ukraina Oleksandr Syrksyi mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah merebut hampir 445 mil persegi tanah di Kursk.

Hal itu terjadi setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukan Ukraina memiliki kendali penuh atas Sudzha, sebuah kota di Rusia.

Ini adalah kota terbesar yang direbut pasukan Kyiv sejauh ini dalam konflik tersebut, dengan populasi sekitar 5.000 jiwa.

Zelensky berkata: "Jenderal Syrskyi juga melaporkan penyelesaian pembebasan kota Sudzha dari militer Rusia."

Sementara itu, Ukraina mengumumkan akan membuka rute evakuasi dari Kursk dan ke Ukraina untuk membantu warga Rusia yang melarikan diri dari zona perang di wilayah perbatasan yang dilanda pertempuran.

Dalam sebuah unggahan Telegram pada Rabu malam, Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk berkata: "Karena kemungkinan memburuknya situasi kemanusiaan di wilayah yang berdekatan dengan wilayah Kursk di Federasi Rusia, Ukraina harus siap menerima pengungsi Rusia."

Tag:  #hari #kelabu #bagi #ukraina #serangan #mematikan #rusia #eliminasi #peluncur #roket #himars #rudal #patriot

KOMENTAR