Empat Syarat yang Menyulitkan dari Benjamin Netanyahu Ini Mengancam Perundingan Qatar
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. 
15:40
16 Agustus 2024

Empat Syarat yang Menyulitkan dari Benjamin Netanyahu Ini Mengancam Perundingan Qatar

Negosiasi untuk mengamankan gencatan senjata di Jalur Gaza dan memfasilitasi pertukaran tahanan antara Israel dan Hamas dilanjutkan pada hari Kamis di Qatar.

Meskipun pembicaraan tersebut menghadapi tantangan signifikan, karena ada empat syarat utama dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Anadolu Agency melaporkan.

Syarat-syarat tersebut dapat menggagalkan perundingan, dipandang penting bagi Israel tetapi ditentang oleh Hamas dan faksi Palestina lainnya.

Pembicaraan yang dimediasi oleh Qatar, Mesir dan AS itu mempertemukan perwakilan tingkat tinggi, termasuk kepala intelijen AS dan Mesir, dan pejabat Israel yang dipimpin oleh Kepala Mossad, David Barnea.

Namun, Hamas mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya akan bergabung dalam perundingan gencatan senjata dan pertukaran sandera jika mendapat komitmen yang jelas dari Israel mengenai pelaksanaan proposal yang didukung Presiden AS Joe Biden.

Biden mengatakan, pada bulan Mei, bahwa Israel mengajukan kesepakatan tiga tahap yang akan mengakhiri permusuhan di Gaza dan mengamankan pembebasan sandera yang ditawan di daerah kantong pantai tersebut. Rencana tersebut mencakup gencatan senjata, pertukaran sandera-tahanan, dan pembangunan kembali Gaza.

Tidak ada batas waktu yang ditentukan

Para mediator belum menetapkan batas waktu untuk putaran baru negosiasi, meskipun para pemimpin negara perantara menekankan perlunya kesepakatan.

Masih belum jelas apakah kelompok Perlawanan Palestina akan berpartisipasi, karena kelompok ini telah mengindikasikan bahwa mereka lebih memilih untuk melaksanakan perjanjian sebelumnya daripada terlibat dalam perundingan tambahan yang mungkin memberikan kedok untuk “pembantaian Israel lebih lanjut”.

Partisipasi Direktur CIA, William Burns, Kepala Intelijen Mesir, Abbas Kamel dan Perdana Menteri Qatar, Mohammed Bin Abdulrahman Al Thani, menambah momentum pembicaraan di Doha.

Israel mengumumkan bahwa delegasinya akan dipimpin oleh Barnea, didampingi oleh Direktur Shin Bet, Ronen Bar, kepala urusan tahanan dan orang hilang IDF, Nitzan Alon dan penasihat Perdana Menteri, Ofer Belik.

Identitas perwakilan Hamas dan mekanisme negosiasi masih belum jelas, tetapi komunikasi kelompok tersebut biasanya terjadi melalui perantara Mesir dan Qatar.

 

Mencegah perang skala penuh

Saluran 12 Israel mengatakan pembicaraan tersebut diperkirakan berlangsung selama dua hari, dengan tim dibagi menjadi kelompok kerja yang bertujuan untuk menutup kesenjangan guna mencapai kesepakatan.

Dilaporkan bahwa beberapa diskusi hanya akan melibatkan kepala delegasi: kepala Mossad, Perdana Menteri Qatar, dan kepala intelijen Mesir dan AS.

Pertanyaan utamanya adalah sejauh mana kewenangan yang diberikan kepada tim negosiasi Israel oleh Netanyahu, dan apakah ia telah mengajukan tuntutan baru.

Para kritikus, termasuk tokoh oposisi, pejabat keamanan dan keluarga tawanan Israel, menuduh Netanyahu mengulur-ulur kesepakatan karena takut pemerintahannya runtuh, karena menteri-menteri sayap kanan mengancam akan menarik diri jika kesepakatan dicapai untuk mengakhiri serangan gencar tersebut.

Meskipun rinciannya masih minim, Channel 12 melaporkan bahwa “wewenang delegasi Israel telah diperluas tetapi tetap terbatas, dan kesepakatan apa pun tidak akan selalu bergantung pada resolusi di Gaza tetapi pada pencegahan perang skala penuh.”

Israel telah bersiap menghadapi potensi pembalasan dari Iran dan Hizbullah selama dua minggu terakhir menyusul pembunuhan pemimpin Biro Politik Hamas, Dr. Ismail Haniyeh, di Teheran pada akhir Juli, dan Komandan Hizbullah, Fuad Shukur di Beirut beberapa jam sebelumnya.

Meskipun Israel telah mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Shukur, negara itu tetap bungkam atas tuduhan Iran dan Hamas mengenai kematian Haniyeh dalam serangan udara selama kunjungannya ke Teheran, meskipun Netanyahu telah mengisyaratkan keterlibatan Israel.

Empat syarat utama

Hamas bersikeras mengakhiri perang di Gaza, penarikan pasukan Israel, dan memulangkan warga Palestina yang mengungsi ke rumah mereka sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan.

Namun, berdasarkan pernyataan terbaru dari kantor Netanyahu, empat masalah utama perlu diselesaikan untuk menyelesaikan kesepakatan.

  • Kantor Netanyahu menekankan perlunya, sebuah mekanisme untuk mencegah warga Palestina bersenjata menyeberangi Penyeberangan Netzarim dari Gaza tengah ke utara.

Para negosiator Israel telah mengatakan kepada media Israel dalam beberapa minggu terakhir bahwa syarat untuk membangun mekanisme pemeriksaan warga Palestina akan mempersulit tercapainya kesepakatan.

  • Syarat kedua dari Netanyahu adalah agar Israel mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphia (poros Salah Al-Din) dan perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir, yang telah berada di bawah kendali Israel sejak Mei.
  • Yang ketiga menyangkut mengetahui jumlah tahanan Israel yang masih hidup di Gaza, yang akan ditukar dengan tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel.

Israel menahan setidaknya 9.500 warga Palestina di tahanannya, sementara Hamas mengklaim ada sekitar 115 tahanan Israel di Gaza, dengan lebih dari 70 dilaporkan tewas dalam serangan udara Israel.

Kesepakatan yang diusulkan akan melibatkan pembebasan sejumlah kecil warga Israel “hidup atau mati”, tetapi Netanyahu bersikeras pada pembebasan sebagian besar tawanan yang masih hidup dan ingin Israel menerima daftar nama terlebih dahulu.

  • Syarat keempat adalah Israel tetap memiliki hak untuk menolak pembebasan tahanan Palestina tertentu yang diinginkan Hamas dan mendeportasi tahanan yang dibebaskan ke luar Palestina — sebuah syarat yang ditolak Hamas.

Israel Abaikan Resolusi Dewan Keamanan PBB

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutalnya yang berkelanjutan di Gaza sejak serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas.

Serangan Israel sejak itu telah menewaskan lebih dari 40.000 korban, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 92.400 orang, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari 10 bulan sejak serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza masih hancur di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang putusan terakhirnya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diinvasi pada 6 Mei.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Tag:  #empat #syarat #yang #menyulitkan #dari #benjamin #netanyahu #mengancam #perundingan #qatar

KOMENTAR