Dibalik Topeng Kemajuan Ternyata ada Krisis Pernikahan Anak di Negeri Paman Sam
Ilustrasi pernikahan (Pexels.com/Trung Nguyen)
19:12
15 Agustus 2024

Dibalik Topeng Kemajuan Ternyata ada Krisis Pernikahan Anak di Negeri Paman Sam

Amerika Serikat terkenal dengan kemajuan dari seluruh bidang, mulai dari teknologi hingga keilmuan, namun ternyata ada sisi krisis di negeri Paman Sam tersebut mengenai pernikahan anak.

Berdasarkan hasil dialog global mengenai pernikahan anak sering kali berfokus pada Asia Selatan, yang mencakup negara-negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, dan Nepal, serta beberapa negara Afrika.

Namun ternyata ada sisi kelam dibalik topeng kemajuan yang telah menutupi prevalensi praktik berbahaya di belahan dunia lain khususnya negara adidaya' atau Amerika Serikat.

Meskipun perkawinan anak diyakini secara luas hanya terjadi di wilayah-wilayah terbelakang di dunia, fakta bahwa perkawinan anak masih legal di sebagian besar Amerika Serikat menunjukkan bahwa reformasi sangat diperlukan di negara tersebut.

Baca Juga: Kondisi Terkini Setelah Satu Minggu Jepang Diguncang Gempa 7,1 Skala Richter

India telah membuat kemajuan signifikan dalam memerangi pernikahan anak melalui hukum dan penegakan hukum yang ketat.
Meskipun praktik ini sekarang merupakan pelanggaran yang dapat dihukum dengan hukuman berat, namun Amerika Serikat menunjukkan hal yang sangat kontras. Meskipun ilegal di sebagian besar negara, pernikahan anak masih menjadi isu yang tersebar luas di 37 negara bagian di AS.

Menurut Unchained At Last, sebuah organisasi di Amerika Serikat yang berupaya mengakhiri pernikahan anak dan paksaan, pernikahan anak, atau pernikahan sebelum usia 18 tahun, adalah legal di seluruh 50 negara bagian AS pada tahun 2017.

Delaware dan New Jersey pada tahun 2018 menjadi yang pertama dua negara bagian yang akan mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia ini, diikuti oleh Samoa Amerika pada tahun 2018, Kepulauan Virgin AS, Pennsylvania dan Minnesota pada tahun 2020, Rhode Island dan New York pada tahun 2021, Massachusetts pada tahun 2022 Vermont, Connecticut dan Michigan pada tahun 2023, dan Washington, Virginia dan New Hampshire pada tahun 2024."

“Namun, pernikahan anak masih legal di 37 negara bagian dan terjadi di AS dengan tingkat yang mengkhawatirkan: penelitian inovatif Unchained mengungkapkan bahwa lebih dari 300.000 anak berusia 10 tahun menikah di AS sejak tahun 2000 – sebagian besar anak perempuan menikah dengan pria dewasa.”

Unchained At Last mengungkapkan dalam laporannya bahwa pernikahan anak, yang dilegalkan di banyak negara bagian AS, sering kali menutupi kenyataan buruk: pernikahan paksa.

Baca Juga: Survei Terbaru Pilpres AS: Kamala Harris Atau Donald Trump Yang Menang?

Laporan tersebut menyatakan bahwa usia mayoritas, ketika anak-anak menjadi dewasa secara hukum dan mendapatkan hak-hak dewasa, adalah 18 tahun atau lebih di setiap negara bagian AS. Anak-anak yang belum mencapai usia dewasa mempunyai hak-hak hukum yang terbatas sehingga dengan mudah dapat dipaksa menikah atau dipaksa untuk tetap menikah.”

“Mereka menghadapi hambatan hukum dan praktis yang sangat besar jika mereka mencoba meninggalkan rumah untuk menghindari pernikahan paksa, mendapatkan bantuan dari seorang advokat, memasuki tempat penampungan kekerasan dalam rumah tangga, atau menyewa pengacara.”

“Mungkin yang paling mengejutkan, anak-anak biasanya tidak diperbolehkan untuk memulai proses hukum, seperti meminta perintah perlindungan atau bahkan mengajukan perceraian, kecuali mereka bertindak melalui wali atau perwakilan lainnya. Pengaturan hukum yang keterlaluan ini menempatkan “penguncian” dalam “perkawinan”,".

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #dibalik #topeng #kemajuan #ternyata #krisis #pernikahan #anak #negeri #paman

KOMENTAR