Dokter Magang Diperkosa dan Dibunuh, India Dilanda Unjuk Rasa Besar-besaran, Dokter Mogok Kerja
Ribuan tenaga media di India demo terkait pemerkosaan terhadap dokter magang 
08:30
14 Agustus 2024

Dokter Magang Diperkosa dan Dibunuh, India Dilanda Unjuk Rasa Besar-besaran, Dokter Mogok Kerja

India dilanda unjuk rasa besar-besaran.

Ribuan dokter di seluruh India memprotes pemerkosaan dan pembunuhan seorang petugas medis di Kolkata, India.

Dokter menghentikan pelayanan di seluruh negeri setelah seorang dokter magang berusia 31 tahun ditemukan tewas di sebuah rumah sakit.

Layanan rumah sakit telah terganggu di beberapa kota di India setelah protes dokter menyebar ke seluruh negeri menyusul pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter magang di kota Kolkata, kata pihak berwenang dan laporan media.

Ribuan dokter berunjuk rasa pada hari Senin (12/8/2024) di Kolkata, ibu kota negara bagian Benggala Barat.

Unjuk rasa juga terjadi di kota-kota lain di negara bagian tersebut untuk mengecam pembunuhan di sebuah rumah sakit milik pemerintah.

Mereka menuntut keadilan bagi korban dan tindakan keamanan yang lebih baik.

Relawan Polisi Pelakunya?

Jenazah dokter magang berusia 31 tahun itu ditemukan tewas di dalam RG Kar Medical College and Hospital di Kolkata pada hari Jumat.

Hasil otopsi menunjukkan bahwa dia diperkosa sebelum dibunuh.

Seorang relawan polisi kemudian ditangkap terkait dengan kejahatan tersebut.

Protes menyebar ke wilayah lain di India pada hari Selasa.

"Lebih dari 8.000 dokter pemerintah di negara bagian Maharashtra barat, rumah bagi ibu kota keuangan Mumbai, menghentikan pekerjaan di semua departemen rumah sakit kecuali layanan darurat," tulis laporan media lokal.

Federasi Asosiasi Dokter Residen telah menyerukan penghentian layanan elektif di rumah sakit secara nasional mulai hari Senin.

Hentikan Pelayanan

Layanan darurat tetap dihentikan pada hari Selasa di hampir semua rumah sakit perguruan tinggi kedokteran yang dikelola pemerintah di Kolkata, pejabat negara bagian NS Nigam mengatakan kepada kantor berita Reuters, seraya menambahkan bahwa pemerintah sedang menilai dampaknya pada layanan kesehatan.

Di ibu kota negara, New Delhi, sejumlah dokter muda mengenakan jas putih membentangkan poster bertuliskan, “Dokter bukan karung tinju,” saat mereka duduk dalam aksi protes di luar sebuah rumah sakit pemerintah yang besar.

Protes serupa di kota-kota seperti Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh yang paling padat penduduknya, dan di negara bagian resor wisata barat Goa menghantam beberapa layanan rumah sakit, kata laporan.

"Kondisi kerja yang tidak manusiawi, beban kerja yang tidak manusiawi, dan kekerasan di tempat kerja adalah kenyataan," ungkap Asosiasi Medis India (IMA), kelompok dokter terbesar di negara tersebut, kepada Menteri Kesehatan JP Nadda dalam sebuah surat yang dirilis sebelum mereka bertemu dengannya untuk berunding pada hari Selasa.

Sekretaris Jenderal IMA Anil Kumar J Nayak mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa kelompoknya telah mendesak Nadda untuk meningkatkan keamanan di fasilitas medis.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga tidak segera berkomentar.

"Kami merasa suasana yang bebas dan adil diperlukan bagi para dokter, atau jika tidak, tidak akan ada pekerjaan yang membutuhkan keterampilan. Kami juga menuntut pemasangan kamera CCTV di rumah sakit," kata seorang dokter di Rumah Sakit Gobind Ballabh Pant di kota Agartala di timur laut kepada surat kabar Indian Express.

Pengadilan tinggi di Kolkata memerintahkan agar penyelidikan kriminal atas insiden tersebut dipindahkan ke badan federal, Biro Investigasi Pusat.

Ini menunjukkan bahwa pihak berwenang memperlakukan kasus tersebut sebagai prioritas nasional.

Regulator pendidikan kedokteran India, Komisi Medis Nasional, mengeluarkan pemberitahuan kepada semua institusi medis yang menyerukan agar kamera CCTV dipasang di area sensitif dan agar staf keamanan yang memadai tersedia, surat kabar tersebut melaporkan pada hari Selasa.

Pemberitahuan itu juga menghimbau agar kampus termasuk semua koridor memiliki penerangan yang baik di malam hari agar staf dapat berjalan dengan aman dari satu tempat ke tempat lain.

Para dokter di rumah sakit pemerintah India yang padat dan seringkali kumuh telah lama mengeluh karena terlalu banyak bekerja dan dibayar rendah.

Mereka mengatakan bahwa tidak cukup upaya dilakukan untuk mengekang kekerasan yang ditujukan kepada mereka oleh orang-orang yang marah tentang perawatan medis yang ditawarkan.

Sumber: Al Jazeera/Reuters

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #dokter #magang #diperkosa #dibunuh #india #dilanda #unjuk #rasa #besar #besaran #dokter #mogok #kerja

KOMENTAR