'Apakah Kamu Berkulit Putih?' Kerusuhan Rasial Pecah di Inggris Setelah Insiden Penikaman
Ilustrasi Kerusuhan Massa (Pixabay)
14:08
6 Agustus 2024

'Apakah Kamu Berkulit Putih?' Kerusuhan Rasial Pecah di Inggris Setelah Insiden Penikaman

Para perusuh di Inggris terlihat mengonfrontasi pengemudi untuk mengetahui apakah mereka “berkulit putih dan Inggris” sebelum membiarkan mereka melewati protes setelah aksi penikaman di Inggris selatan yang menewaskan tiga gadis muda di kelas dansa.

"Apakah kamu orang inggris? Apakah kamu berkulit putih?” Seorang perusuh terdengar berteriak ke arah mobil ketika ratusan pengunjuk rasa berbaris bersama kelompok anti-imigrasi di kota Middlesbrough pada hari Minggu.

Saat rekaman yang meresahkan itu berlanjut, terdengar orang lain berteriak, "Ya, benar!"

Dua mobil kemudian terlihat nyaris saling menghindari tabrakan saat mereka melaju menjauh dari lokasi kekacauan, sehingga membuat salah satu perusuh merengek bahwa mereka “hampir tertabrak.”

Baca Juga: Elkan Baggott Bongkar Dua Sosok yang Membuatnya Yakin Gabung Blackpool

Kerusuhan di Inggris (Foto/Dok.Sky News)Kerusuhan di Inggris (Foto/Dok.Sky News)

Middlesbrough adalah pusat kekerasan pada hari Minggu, dengan setidaknya 43 orang ditangkap, menurut polisi Cleveland, yang mencakup kota tersebut.

Polisi mengatakan kekerasan tersebut berakhir pada Senin pagi namun petugas akan tetap bertugas “sepanjang malam hingga besok dan beberapa hari mendatang, untuk memberikan kepastian dan siap menanggapi setiap kekhawatiran masyarakat.”

Kekerasan telah merajalela di seluruh Inggris selama seminggu terakhir ketika para agitator sayap kanan memanfaatkan kekhawatiran mengenai imigrasi di Inggris dengan menyebarkan rumor palsu bahwa tersangka dalam serangan penikaman di kelas dansa adalah seorang pencari suaka.

Para penghasut yang kejam membakar perpustakaan, menyerang masjid-masjid dan melemparkan suar ke patung pemimpin masa perang Winston Churchhill. Setidaknya 10 polisi terluka dalam serangan di sebuah hotel di Rotherham pada hari Minggu, kata para pejabat.

Serangan tersebut, yang menewaskan tiga gadis muda di lokakarya tari dan yoga bertema Taylor Swift di Southport, dilakukan oleh Axel Rudakubana, 17 tahun, yang lahir di Wales dari orang tua asal Rwanda.

Baca Juga: Mengenal Blackpool, Klub Baru Elkan Baggott di League One Inggris

Meskipun tersangka yang berusia di bawah 18 tahun biasanya tidak disebutkan namanya di Inggris, Rudakubana diidentifikasi dengan harapan dapat menghentikan penyebaran informasi yang salah.

Dia telah didakwa dengan tiga tuduhan pembunuhan dan 10 tuduhan percobaan pembunuhan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #apakah #kamu #berkulit #putih #kerusuhan #rasial #pecah #inggris #setelah #insiden #penikaman

KOMENTAR