'Premanisme Sayap Kanan', PM Inggris Kecam Penyerangan Hotel yang Tampung Pencari Suaka
Aksi demonstrasi usai insiden penusukan massal di Inggris (Foto/Dok:PA)
18:36
5 Agustus 2024

'Premanisme Sayap Kanan', PM Inggris Kecam Penyerangan Hotel yang Tampung Pencari Suaka

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengutuk keras serangan pada hari Minggu terhadap sebuah hotel yang menampung para pencari suaka yang menyebabkan sedikitnya 10 petugas polisi terluka, satu diantaranya terluka parah, dan menggambarkannya sebagai “premanisme sayap kanan.”

Dalam sebuah pernyataan dari 10 Downing Street pada Minggu sore, perdana menteri bersumpah bahwa pihak berwenang akan “melakukan apa pun untuk membawa para preman ini ke pengadilan” dan keadilan akan ditegakkan dengan cepat.

Pernyataan Starmer muncul ketika semakin banyak kekerasan terjadi di seluruh negeri setelah aksi penikaman di sebuah kelas dansa yang menyebabkan tiga gadis tewas dan banyak lainnya terluka.

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan King Charles III (Instagram/keirstarmer)Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan King Charles III (Instagram/keirstarmer)

“Saya jamin Anda akan menyesal ikut serta dalam kekacauan ini, baik secara langsung atau mereka yang melakukan aksi ini secara online dan kemudian melarikan diri,” katanya. “Ini bukan protes, ini adalah premanisme yang terorganisir dan penuh kekerasan dan tidak memiliki tempat di jalan-jalan atau online.”

Baca Juga: WNA Pencari Suaka Terancam Diusir? Heru Budi Bakal Satroni Tenda Imigran Korban Perang di Kuningan: Ganggu Estetika!

Starmer berbicara setelah hari lain kekerasan sayap kanan, yang terutama terjadi di kota Rotherham di utara Inggris, di mana polisi berjuang untuk menahan ratusan perusuh yang berusaha masuk ke hotel Holiday Inn Express yang digunakan sebagai akomodasi suaka. pencari.

Sebelum mengendalikan kerusuhan, petugas polisi yang mengenakan tameng telah menghadapi rentetan rudal, termasuk potongan kayu, kursi, dan alat pemadam kebakaran. Sebuah tempat sampah besar di dekat jendela hotel juga dibakar tetapi api kecilnya telah padam.

Polisi South Yorkshire, yang bertanggung jawab atas Rotherham, mengatakan sedikitnya 10 petugas terluka, termasuk satu orang yang tidak sadarkan diri.

“Perilaku yang kami saksikan sungguh menjijikkan. Meskipun hanya sedikit dari mereka yang hadir yang memilih untuk melakukan kekerasan dan perusakan, mereka yang hanya berdiri dan menonton tetap terlibat dalam hal ini,” kata Asisten Kepala Polisi Lindsey Butterfield. “Kami memiliki petugas yang bekerja keras, meninjau banyak gambar dan rekaman online dari mereka yang terlibat, dan mereka mengharapkan kami segera tiba di rumah mereka.”

Agitator sayap kanan berupaya mengambil keuntungan dari serangan penikaman minggu lalu dengan memanfaatkan kekhawatiran mengenai besarnya imigrasi di Inggris, khususnya puluhan ribu migran yang tiba dengan perahu kecil dari Perancis melintasi Selat Inggris.

Baca Juga: Teror di Kedubes Israel! Polisi Serbia Kena Panah Pria Tak Dikenal

Ketegangan juga meningkat pada hari Minggu di kota timur laut Middlesbrough, di mana beberapa pengunjuk rasa berhasil melepaskan diri dari penjagaan polisi. Satu kelompok berjalan melewati kawasan perumahan sambil memecahkan jendela-jendela rumah dan mobil. Ketika ditanya oleh seorang warga mengapa mereka memecahkan jendela, seorang pria menjawab, “Karena kami orang Inggris.” Ratusan orang lainnya menghadap polisi dengan perisai di tugu peringatan kota, melemparkan batu bata, kaleng, dan pot ke arah petugas.

Starmer mengatakan siapa pun yang menargetkan orang karena warna kulit atau keyakinannya adalah kelompok sayap kanan.

“Orang-orang di negara ini mempunyai hak untuk merasa aman, namun kita telah melihat komunitas Muslim menjadi sasaran, serangan terhadap masjid, komunitas minoritas lainnya, penghormatan ala Nazi di jalan, serangan terhadap polisi, kekerasan yang tidak senonoh dan retorika rasis, jadi tidak, saya tidak akan segan-segan menyebutnya apa adanya: premanisme sayap kanan,” katanya.

Kekerasan selama beberapa hari terakhir, yang meliputi pembakaran perpustakaan, penyerangan masjid, dan pelemparan suar ke patung pemimpin masa perang Winston Churchill, dimulai setelah rumor palsu menyebar secara online bahwa tersangka penikaman di kelas dansa adalah seorang pencari suaka, sehingga memicu kemarahan. kemarahan di kalangan pendukung sayap kanan.

Para korban penusukan massal di Inggris (Dok.Ist)Para korban penusukan massal di Inggris (Dok.Ist)

Tersangka yang berusia di bawah 18 tahun biasanya tidak disebutkan namanya di Inggris, namun hakim dalam kasus tersebut memerintahkan Axel Rudakubana, yang lahir di Wales dari orang tua Rwanda, untuk diidentifikasi, untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah. Rudakubana telah didakwa dengan tiga tuduhan pembunuhan, dan 10 tuduhan percobaan pembunuhan.

Ratusan orang telah ditangkap sehubungan dengan gangguan ini dan kemungkinan lebih banyak lagi yang ditangkap polisi saat memeriksa CCTV, media sosial, dan rekaman kamera yang dikenakan di tubuh. Namun, polisi juga telah memperingatkan bahwa dengan langkah-langkah keamanan yang luas dan ribuan petugas dikerahkan, kejahatan lain mungkin tidak dapat diselidiki sepenuhnya.

Dengan banyaknya penangkapan, pengadilan akan menghadapi tantangan dalam memproses semua dakwaan pada saat sistem peradilan pidana kewalahan, setelah bertahun-tahun melakukan penghematan dan pandemi COVID. Pada bulan Mei, Kantor Audit Nasional memperingatkan bahwa pengadilan menghadapi tumpukan lebih dari 60.000 kasus, sementara pemerintah bulan lalu mengatakan bahwa ribuan narapidana harus dibebaskan lebih awal untuk mengurangi kepadatan penjara.

Stephen Parkinson, direktur penuntut umum untuk Inggris dan Wales, mengatakan pengacara tambahan telah dikerahkan selama akhir pekan dan akan bekerja “sepanjang waktu” selama beberapa hari mendatang untuk memastikan keadilan ditegakkan. Dia mengatakan dia telah mengarahkan jaksa untuk segera membuat keputusan dakwaan jika ada bukti-bukti penting.

“Saya bertekad bahwa kami akan bertindak cepat dan tegas, memberikan pengadilan kemampuan maksimal untuk menjatuhkan hukuman yang mencerminkan apa yang telah terjadi,” katanya.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #premanisme #sayap #kanan #inggris #kecam #penyerangan #hotel #yang #tampung #pencari #suaka

KOMENTAR