Haniyeh Terbunuh, Pemimpin Tertinggi Iran Perintahkan untuk Serang Israel
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. [AFP]
13:40
1 Agustus 2024

Haniyeh Terbunuh, Pemimpin Tertinggi Iran Perintahkan untuk Serang Israel

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, telah memerintahkan Iran untuk menyerang Israel secara langsung, sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran. New York Times melaporkan, mengutip tiga pejabat Iran, yang diberi pengarahan tentang perintah tersebut, termasuk dua anggota Partai Revolusioner.

Khamenei memberikan perintah tersebut di momen pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran pada Rabu pagi, tak lama setelah Iran mengumumkan bahwa Haniyeh telah tewas terbunuh.

Iran dan Hamas menuduh Israel bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut. Israel, yang berperang dengan Hamas di Jalur Gaza, tidak mengakui atau menyangkal pembunuhan Haniyeh, yang berada di Teheran saat pelantikan presiden baru Iran.

Mendiang pemimpin politik dan agama Iran, Ayatollah Khomeini. (Foto: AFP)Mendiang pemimpin politik dan agama Iran, Ayatollah Khomeini. (Foto: AFP)

Khususnya, Israel memiliki sejarah panjang dalam membunuh musuh di luar negeri, termasuk ilmuwan nuklir dan komandan militer Iran, menurut NYT.

Baca Juga: Israel Diduga Dalangi Pembunuhan Pemimpin Hamas di Iran, Timur Tengah di Ambang Perang?

Melalui hampir 10 bulan perang di Gaza, Iran telah mencoba untuk mencapai keseimbangan, memberikan tekanan pada Israel dengan meningkatkan serangan secara tajam oleh sekutu dan kekuatan proksinya di wilayah tersebut, sambil menghindari perang habis-habisan antara kedua negara.

Dalam serangan terbesar dan paling terang-terangan terhadap Israel, Iran meluncurkan ratusan rudal dan drone pada bulan April sebagai pembalasan atas serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya yang menewaskan beberapa komandan militer Iran di ibu kota Suriah, Damaskus.

“Sekarang tidak jelas seberapa kuat Iran akan merespons, dan apakah Iran akan sekali lagi mengkalibrasi serangannya untuk menghindari eskalasi. Komandan militer Iran sedang mempertimbangkan serangan kombinasi drone dan rudal lainnya terhadap sasaran militer di sekitar Tel Aviv dan Haifa. tapi akan menghindari serangan terhadap sasaran sipil," kata para pejabat Iran.

Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah serangan terkoordinasi dari Iran dan negara-negara sekutu lainnya, termasuk Yaman, Suriah dan Irak, untuk mendapatkan efek maksimal, tambah mereka.

Khamenei, yang memegang keputusan terakhir dalam semua urusan negara dan juga panglima tertinggi angkatan bersenjata, menginstruksikan komandan militer dari Garda Revolusi dan tentara untuk mempersiapkan rencana serangan dan pertahanan jika perang meluas dan Israel atau AS menyerang Iran, kata para pejabat.

Baca Juga: Sperma Tentara Israel yang Tewas di Gaza Dibekukan, Orang Tua Keluhkan Proses yang Bertahun-tahun

Dalam pernyataan publiknya tentang kematian Haniyeh, Khamenei memberi isyarat bahwa Iran akan membalas secara langsung, dengan mengatakan, “kami menganggap membalas darahnya adalah tugas kami,” karena hal itu terjadi di wilayah Republik Islam. Dia mengatakan Israel telah bersiap untuk menerima “hukuman berat,” lapor New York Times.

Pejabat Iran lainnya, termasuk presiden baru terpilih, Masoud Pezeshkian, kementerian luar negeri, Garda Revolusi dan misi Iran di PBB, juga mengatakan secara terbuka bahwa Iran akan melakukan pembalasan terhadap Israel dan bahwa Iran mempunyai hak untuk membela diri terhadap pelanggaran terhadap kedaulatannya. .

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)

Iran dan kekuatan regional yang didukungnya, Hamas, Hizbullah di Lebanon, Houthi di Yaman, dan berbagai milisi di Irak, membentuk apa yang mereka sebut sebagai “poros perlawanan.”

Para pemimpin kelompok tersebut berada di Teheran untuk menghadiri pelantikan Pezeshkian pada hari Selasa.

Haniyeh dibunuh sekitar pukul 02.00 waktu setempat, setelah menghadiri upacara dan bertemu dengan Khamenei. Pembunuhan itu mengejutkan para pejabat Iran, yang menggambarkannya sebagai tindakan yang melanggar batas.

Menurut NYT, hal ini merupakan pelanggaran keamanan yang memalukan bagi Iran, yang ingin menunjukkan kekuatan namun tidak mampu mencegah Israel melakukan operasi rahasia di wilayahnya. Rasa malu ini diperparah oleh keunggulan Haniyeh, kehadiran sekutu lainnya, dan bahwa ia diserang di wisma Garda Revolusi yang sangat aman pada hari dimana keamanan ditingkatkan di ibu kota.

Lebih lanjut dilaporkan dengan mengutip para analis bahwa Teheran melihat pembalasan sebagai hal yang diperlukan untuk membalas pembunuhan Haniyeh tetapi juga sebagai pencegahan terhadap Israel yang membunuh musuh-musuh kuat lainnya, seperti pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, atau Jenderal Ismail Qaani, komandan Pasukan Quds yang mengawasi militan tersebut. kelompok di luar Iran.

“Iran kemungkinan besar percaya bahwa mereka tidak punya pilihan selain membalas untuk mencegah serangan Israel lebih lanjut, mempertahankan kedaulatannya, dan menjaga kredibilitasnya di mata mitra regionalnya,” kata Ali Vaez, direktur International Crisis Group Iran.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #haniyeh #terbunuh #pemimpin #tertinggi #iran #perintahkan #untuk #serang #israel

KOMENTAR