Oposisi Klaim Menang Telak, Maduro Dituding Curang di Pilpres Venezuela
Presiden Nicolas Maduro memerintahkan duta besar Uni Eropa untuk meninggalkan Venezuela.[Anadolu Agency]
14:04
29 Juli 2024

Oposisi Klaim Menang Telak, Maduro Dituding Curang di Pilpres Venezuela

Oposisi Venezuela mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden hari Minggu, sehingga memicu pertikaian dengan pemerintah, yang sebelumnya menyatakan Presiden Nicolas Maduro sebagai pemenang.

“Rakyat Venezuela dan seluruh dunia mengetahui apa yang terjadi,” kata kandidat oposisi Edmundo González dalam pidato pertamanya.

Pemimpin oposisi Maria Corina Machado mengatakan margin kemenangan González “luar biasa” berdasarkan penghitungan suara yang diterima dari perwakilan kampanye dari sekitar 40% kotak suara di seluruh negeri.

Dewan Pemilihan Nasional, yang dikendalikan oleh loyalis Maduro, sebelumnya mengatakan Maduro memperoleh 51% suara dan 44% suara untuk González. Namun mereka tidak mengumumkan hasil penghitungan suara dari masing-masing 30.000 tempat pemungutan suara di seluruh negeri, dan berjanji hanya akan mengumumkannya dalam “jam-jam mendatang,” sehingga menghambat kemampuan untuk memverifikasi hasilnya.

Baca Juga: Nikmati Pekerjaan dan Jabatan tapi Lebih Cinta Negara, Ini Alasan Joe Biden Hengkang dari Bursa Pilpres 2024

Presiden Venezuela Nicolas Maduro. [shutterstock]Presiden Venezuela Nicolas Maduro. [shutterstock]

Para pemimpin asing menunda mengakui hasil tersebut.

“Rezim Maduro harus memahami bahwa hasil yang dipublikasikannya sulit dipercaya,” kata Gabriel Boric, pemimpin sayap kiri Chile. “Kami tidak akan mengakui hasil apa pun yang tidak dapat diverifikasi.”

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS memiliki “kekhawatiran serius bahwa hasil yang diumumkan tidak mencerminkan kemauan atau suara rakyat Venezuela,” saat berbicara di Tokyo.

Keterlambatan dalam mengumumkan hasil pemilu – enam jam setelah pemungutan suara seharusnya ditutup – menunjukkan adanya perdebatan mendalam di dalam pemerintahan tentang bagaimana melanjutkan pemilu setelah lawan-lawan Maduro keluar pada malam hari dan tidak mengklaim kemenangan.

Ketika Maduro akhirnya keluar untuk merayakan hasil pemilu, ia menuduh musuh asing yang tidak diketahui identitasnya mencoba meretas sistem pemungutan suara.

Baca Juga: Bukan Cuma Trump, Nasib Kamala Harris di Pilpres AS Juga Diramal The Simpsons?

Presiden Venezuela Nicolas Maduro [Telesurtv.net]Presiden Venezuela Nicolas Maduro [Telesurtv.net]

“Ini bukan pertama kalinya mereka mencoba melanggar perdamaian republik,” ujarnya kepada ratusan pendukungnya di istana presiden. Dia tidak memberikan bukti yang mendukung klaim tersebut namun menjanjikan “keadilan” bagi mereka yang mencoba memicu kekerasan di Venezuela.

Perwakilan oposisi mengatakan penghitungan yang mereka kumpulkan dari perwakilan kampanye di TPS menunjukkan González mengalahkan Maduro. Sementara itu, ketua dewan pemilihan mengatakan akan merilis tindakan resmi pemungutan suara dalam beberapa jam mendatang.

Maduro merayakan hasil tersebut dengan ratusan pendukungnya di istana presiden.

Maduro, dalam upaya untuk masa jabatan ketiga, menghadapi tantangan terberatnya dari lawan-lawan yang paling tidak terduga di González: seorang pensiunan diplomat yang tidak dikenal oleh para pemilih sebelum pada bulan April ditunjuk sebagai calon pengganti tokoh besar oposisi Maria Corina Machado.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #oposisi #klaim #menang #telak #maduro #dituding #curang #pilpres #venezuela

KOMENTAR