Kamala Harris Desak Benjamin Netanyahu Terkait Situasi Kemanusiaan di Gaza: Saya Tidak Akan Diam!
Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)
13:48
27 Juli 2024

Kamala Harris Desak Benjamin Netanyahu Terkait Situasi Kemanusiaan di Gaza: Saya Tidak Akan Diam!

Calon Presiden Partai Demokrat, Kamala Harris, menekan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, terkait situasi kemanusiaan di Gaza. Hal itu disampaikannya dalam pembicaraan yang digambarkannya sebagai diskusi terbuka, dan menegaskan bahwa ia tak akan diam melihat kondisi yang terjadi.

"Apa yang telah terjadi di Gaza selama sembilan bulan terakhir sangat menghancurkan. Gambar-gambar anak-anak yang tewas dan orang-orang kelaparan yang putus asa melarikan diri mencari keselamatan, terkadang dipindahkan untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya." kata Harris.

Meski demikian, Harris mengakui bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri dan mengecam Hamas sebagai organisasi teroris brutal yang memicu perang dan telah melakukan tindakan kekerasan seksual yang mengerikan, tetapi dia menegaskan bahwa cara Israel mempertahankan diri juga penting.

“Kita tidak bisa berpaling dari tragedi-tragedi ini di Gaza. Kita tidak bisa membiarkan diri kita menjadi mati rasa terhadap penderitaan, dan saya tidak akan diam.” tegasnya.

Baca Juga: Waspada Aplikasi Al Quran Problematik, Diduga Buatan Israel: Banyak Penyelewengan Ayat, Panen Bintang Satu

Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)

Harris menyerukan pembentukan negara Palestina dan mendesak Netanyahu dan Hamas untuk menyepakati kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera. Hal itu guna mengakhiri perang yang telah menyebabkan kematian terlalu banyak warga sipil yang tidak bersalah.

"Seperti yang baru saja saya katakan kepada Perdana Menteri Netanyahu, inilah saatnya untuk menyelesaikan kesepakatan ini," ujarnya.

Beberapa jam sebelumnya, Perdana Menteri Israel tersebut menikmati sambutan hangat dari Biden di Ruang Oval.

"Dari seorang Yahudi Zionis yang bangga kepada seorang Irlandia-Amerika Zionis yang bangga, saya ingin berterima kasih atas 50 tahun pelayanan publik dan 50 tahun dukungan untuk negara Israel." kata Netanyahu.

Menurut pernyataan Gedung Putih tentang pertemuan mereka, kedua pemimpin tersebut membahas gencatan senjata dan negosiasi sandera secara rinci. Dalam pertemuan itu, Biden menyatakan perlunya menutup celah yang tersisa, menyelesaikan kesepakatan secepat mungkin, membawa para sandera pulang, dan mencapai akhir perang yang tahan lama di Gaza.

Baca Juga: Nikmati Pekerjaan dan Jabatan tapi Lebih Cinta Negara, Ini Alasan Joe Biden Hengkang dari Bursa Pilpres 2024

Pernyataan tegas Harris pada hari Kamis, mencerminkan potensi perbedaan pendekatan dari Biden dalam menghadapi Netanyahu. Beberapa pihak mencatat pentingnya Harris sebagai pihak yang memberikan pernyataan publik setelah dia dan Biden secara terpisah bertemu dengan perdana menteri.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. [AFP]Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. [AFP]

Dalam pertemuan tersebut, Harris membahas pemindahan berulang warga Palestina sejak dimulainya perang, yang dipicu oleh serangan Hamas ke selatan Israel pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 warga sipil dan mengambil 250 sandera.

Serangan balasan Israel terhadap Hamas telah menewaskan lebih dari 39.000 warga Palestina di Gaza, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas.

Harris juga mengenang saat menanam pohon untuk Israel ketika masih kecil dan mengatakan bahwa sebagai senator dari California dan sebagai wakil presiden, dia memiliki komitmen yang teguh terhadap keberadaan negara Israel dan rakyatnya. Dia mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri dan bagaimana mereka melakukannya adalah hal yang penting.

Para pendukung Harris mengatakan bahwa dia lebih mungkin untuk terlibat dalam kritik publik terhadap Netanyahu dibandingkan dengan Biden. Untuk memusatkan perhatian pada korban sipil di antara warga Palestina akibat perang di Gaza, meskipun dia akan mempertahankan bantuan militer dan dukungan lainnya untuk Israel yang telah menjadi pilar kebijakan luar negeri Biden.

Editor: Bella

Tag:  #kamala #harris #desak #benjamin #netanyahu #terkait #situasi #kemanusiaan #gaza #saya #tidak #akan #diam

KOMENTAR