Pemerintah Yaman Tak Sanggup Hadapi Houthi, Minta Bantuan Barat Gelar Operasi Darat
Wakil Ketua Dewan Kepresidenan Yaman, Aidarus al-Zubaidi. 
13:20
19 Januari 2024

Pemerintah Yaman Tak Sanggup Hadapi Houthi, Minta Bantuan Barat Gelar Operasi Darat

– Pemerintah Yaman menyatakan tidak sanggup jika pemerintahnya mengatasi sendiri kelompok militan Yaman di negaranya yang kini bikin Barat pontang-panting karena serangannya ke sejumlah kapal-kapal barang yang terafiliasi dengan Israel di Laut Merah.

Isyarat itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Kepresidenan Yaman, Aidarus al-Zubaidi.

Kamis, 18 Januari 2024 kemarin dia mengatakan, bahwa pasukan militer negaranya memerlukan bantuan asing untuk melancarkan operasi darat.

Operasi darat tersebut diperlukan untuk mendukung serangan udara AS dan Inggris terhadap pemberontak Houthi.

Aidarus al-Zubaidi yang sehari-hari berbasis di kota selatan Aden kepada AFP mengatakan bahwa serangan udara saja tidak cukup untuk mencegah serangan Houthi terhadap kapal dagang di Laut Merah.

Wakil ketua dewan kepresidenan Yaman, Aidarus al-Zubaidi, menyoroti tindakan yang dilakukan negara-negara Barat dalam meredam serangan kelompok bersenjata Houthi.

Menurut Zubaidi, militer Yaman memerlukan bantuan asing untuk melancarkan operasi darat yang akan mendukung serangan udara Amerika Serikat dan Inggris terhadap Houthi.

Dia juga mengatakan serangan udara saja tidak cukup untuk mencegah serangan Houthi terhadap kapal dagang di Laut Merah.

“Aliansi internasional dan regional diperlukan untuk mengamankan navigasi internasional di Laut Merah,” kata Zubaidi dalam wawancara di Forum Ekonomi Dunia yang berlangsung di Davos, Swiss pada Kamis (18/1/2024).

Zubaidi menekankan bantuan militer asing harus berpusat pada pembagian intelijen, peningkatan kapasitas, pelatihan dan peralatan.

“Pendekatan ini memungkinkan kekuatan lokal yang kredibel dan efektif untuk bergabung dalam upaya serangan udara yang ditargetkan oleh Barat,” ujar Zubaidi.

“Ini adalah diskusi yang kami lakukan dengan Amerika Serikat dan Inggris. Kurangnya pendekatan gabungan hanya akan mengulangi kesalahan upaya-upaya di masa lalu,” sambungnya.

AS Tetapkan Houthi Sebagai Organisasi Teroris

Baru-baru ini, Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah memasukkan pemberontak Houthi ke daftar organisasi teroris karena telah berulang kali menyerang kapal-kapal komersial di Laut Merah.

Militer Amerika Serikat juga melancarkan serangan baru terhadap sasaran Houthi, dengan menembakkan 14 rudal yang siap diluncurkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak.

Houthi mengklaim serangan yang mereka lakukan terhadap kapal-kapal di Laut Merah adalah bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestin di Gaza yang saat ini dalam penindasan Israel sejak mereka menggelar invasi militer awal Oktober 2023.

Zubaidi mengatakan penunjukan itu “wajar” mengingat serangan Houthi terhadap kapal-kapal komersial.

“Mereka (Houthi) adalah organisasi teroris yang melakukan tindakan di luar norma PBB dan internasional,” ujarnya.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #pemerintah #yaman #sanggup #hadapi #houthi #minta #bantuan #barat #gelar #operasi #darat

KOMENTAR